Udang Galah Mang Engking Jogjakarta

“Kalo ke Yogya cobain makan di Mang Engking, enak banget pokoknya” itu pesen Pak Heri (HPU) sebelum kita berangkat liburan ke Yogya akhir Des 2005. Terus pas ditanya tempatnya dimana, Pak Heri bilang waktu itu diajakin orang cabang, jadi kita disuruh tanya Pak Indra (IWI) aja yang asli orang Yogya.
Kepergian kita ke Mang Engking ini emang niat banget. Soalnya sesama orang sunda (dari namanya Mang Engking udah ga mungkin aja orang padang kan?), jadi pengen liat kesuksesan orang sunda buka restoran di yogya..ciee..hidup sunda deh. Kita berangkat dari bandung jam 5 subuh, sampe Yogya jam 2 siang, langsung ke hotel dan terus tidur. Jam 5 an kita jalan dari hotel untuk makan siang sekaligus makan malem di Mang Engking. Kebayang kan udah laper banget tuh. Berbekal sms dari Pak Indra “Ketemu cabang Daihatsu, belok kiri lurus aja. Dari sana tanya aja tar juga orang pada tau”, kita beneran belok kiri dan tanya orang sana. Jawabannya “Wah..masih jauh banget dari sini” mulai deh hati kita cemas. Singkat cerita nih sesudah nanya ke lima kali, kita nyampe juga di Mang Engking jam 7 an malem! Dua jam cari Mang Engking kalo dihitung dari hotel.

Padahal kalo kita ambil jalan yang bener, ternyata gampang. Dari Yogya jalan (baca: naik mobil) ke arah Godean (liat peta aja please), sesampe di daerah Godean tanya aja udang Minggir- Godean, orang udah pada tau. Tempatnya sebetulnya adalah tambak udang, jalannya kecil, pas deh untuk dua mobil. Tapi jangan salah, penuuh banget. Restorannya juga sederhana, saung dari bilik aja. O ya di sekitarnya banyak juga tambak lain yang buka restoran kaya Mang Engking, bisa jadi pilihan kalo Mang Engking lagi penuh. Begitu masuk dan mendengar para pelayan nya ngomong basa sunda..wah jadi berasa di Bandung neeh.Now about the food… Emang ga salah deh, Mang Engking ini enak banget, terutama udang galah nya. Waktu itu kita minta udangnya dibakar, dan it was top abis. Selain itu kita pesen juga gurame goreng kesukaan rene. Mereka nyediain sambel yang rasanya sunda banget deh. Soal harga, terjangkau banget. Dengan menu yang kita pesen (as you may see in the picture) kita cuman bayar 70.ooo an. Dan perut udah bener-bener kenyang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...