Warung Nasi Ampera

Siapapun yang merasa orang Sunda khususnya orang Bandung, pasti tau deh warung nasi Ampera dengan sambal khasnya yang puedes banget. Di Bandung aja cabangnya ada kali 10, yang paling kita sering datengin adalah Ampera di Jl. Pelajar Pejuang, yup satu jalan dengan hotel Horisson Bandung, di daerah sekitar Buahbatu. Selain tempatnya yang deket dari rumah dan cukup representative (bangunannya bagus, meja kursinya juga bagus), kita sering ke Ampera yang di Pelajar Pejuang karena kebetulan punya temennya Papap (pan lumayan pas ada ownernya suka ga boleh bayar hehe).
Now about the food, kalo dateng ke Ampera jangan langsung duduk, kita harus pilih makanan di satu meja panjang, terus baru deh duduk nunggu makanan yang kita pilih tadi digoreng. Jenis makananya ada gepuk (basa sunda untuk empal), ayam, cumi, ikan, tempe, tahu, jeroan, berbagai macam pepes, perkedel udang, wah pokoknya banyak banget deh ragamnya. Terus nanti pelayannya nganterin nasi timbel, piring, minuman, lalab dan sambel ke tamu yang baru aja duduk. Dan kalo makanannya udah selesai digoreng, dianterin deh ke meja para tamu berdasarkan nomor. Yang paling menonjol seperti yang udah dibilang tadi adalah sambelnya. Dijamin rasanya membakar lidah!
Kelebihan Ampera di banding restoran serupa adalah harganya yang murah. Ada juga restoran namanya Bumbu Desa di daerah jalan Laswi Bdg (terusan Jl. Riau), yang mengusung konsep sama dengan Ampera. Tapi harganya jadi dua kali lipat lebih mahal. Emang sih restorannya lebih bagus, cuman karena kita orang Bdg yang price sensitive:p kayanya kita ga recommend temans untuk ke Bumbu Desa. Rasanya pun ga lebih enak dari Ampera (yah relatif pan soal rasa mah ya?). Pokoknya mah kalo ke Bdg beneran deh musti makan di Ampera.
Kalo ga sempet ke Bdg tapi pengen nyobain, Ampera sekarang udah buka cabang juga di Jkt, Bogor, Cibubur, dan mungkin di kota lainnya yang kita belum tau. Khusus untuk yang di Cibubur, kita udah nyobain. Pengen bandingin aja rasanya di Bandung ama di Cibubur. Ternyata jauh enak yang di Bdg. Sambelnya sama sekali ga pedes, jadinya ga khas Ampera lagi. Tapi ya lumayan sih kalo kangen the real sundanese food ga jauh lagi dari rumah.

2 comments:

  1. ampera2 di bandung emg paling top,,termasuk yg d gatsu tuh!!g bner2 imanjain bgt ma mknan khas sundanya yang ajiip abeezz...nuansa restorannya jadul tp berseni gt deh,,gw pzti sering2 deh k tmpt tu lg!!!

    ReplyDelete
  2. Hai..iya gw juga setuju banget. Murah, bersih, enak..cobain juga deh yang di BSM. Mantap..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...