Art and Curio


Updated: This place is closed permanently.

Kalo lagi pengen makan di restoran tempo doeloe yang ada di Jakarta, tempat ini bisa jadi pilihan. Namanya Art & Curio yang spesialisasinya makanan eropa. Konon dari dulu tempat ini udah jadi tempat hang out meneer en mevrouw.

Tempatnya dari luar keliatan seperti rumah biasa aja, dan dalemnya pun sampe sekarang masih sederhana, dindingnya dari bambu, suasananya remang-remang, kursi dan mejanya antik semua. Bahkan pelayan dan kasirnya juga semua udah berumur. Tapi jangan salah, biar suasananya tempo doeloe, banyak loh pasangan muda yang makan di sini, emang secara tempat berkesan very romantic.




Selain tempat, yang lain daripada tempat makan lainnya adalah penyajian makanannya. Kmaren makanan yang kita pesen Dutch Steak (Rp 39.ooo) dan Wiener Schnitzel (Rp 40.ooo), terus mereka serve nya pake piring yang terbuat dari alumunium, yah kaya piring kaleng di penjara gitu kalo liat di film-film. Tapi kita dikasih piring biasa juga, kan ga semua biasa makan dari piring alumunium.





Rasa steaknya sendiri enaaak deh. Dagingnya ga tebel, pokoknya porsinya pas. Coba deh Wiener Schintzelnya (foto kedua) dan bandingin dengan yang di Tamani misalnya, saosnya lain banget, kayanya emang kaya gini mustinya saos Wiener Schintzel. Walopun saosnya agak terlalu asin siih. Kalo mau yang rasanya lebih mantep, coba deh Dutch Steak (foto pertama). Top abis.


Pas bill nya mau kita bayar, they don’t charge us any tax. Hari gini masih ada ya restoran ga pake tax. Jam buka mereka juga unik. Buka pas lunch time, terus tutup lagi jam 3 an, baru buka lagi jam 6 sore.  


Posted on 24 February 2007

13 comments:

  1. mba Tesya, art n curio resto masih ada ga di cikini? alamatnya masih sama?
    no tlpnya sudah tidak bisa dihubungi..hikkss.. tku mba

    ReplyDelete
  2. Hai Sari, sayangnya terakhir kali saya kesana sudah tidak ada...sepertinya sudah tutup

    ReplyDelete
  3. jadi kalo mau makan art n curio dimana pindahnya jika ada yang tahu tolong info via sms ke 081398239444. Terima kasih sebelumnya - Dave

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dave, kayanya udah tutup untuk selamanya deh. Tapi berharap banget kalau mereka buka lagi di tempat lain. Adakah yg tau infonya?

      Delete
  4. Hello,
    Kebetulan saya dan keluarga pecinta Art & Curio, karena dl tinggal di menteng jd deket, anyway bener yg Mba Tesya bilang steaknya enak bgt!!!, Tp sayangnya udh tutup, tau ga kenapa? Karena ownernya udh sepuh bgt dan bisnisnya ga ada yg nerusin.. karyawannya pun yg pada loyal ga bs nerusin, sedih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello juga, waaah sayang banget ya. Padahal rasanya unik dan belum ketemu gantinya sampe sekarang (:

      Delete
  5. Buat sy tempat ini banyak sekali memorinya, dari sy masih duduk di bangku sd (umur sy skrg 40 thn)sampai dengan tutupnya tempat ini adalah tempat makan favorit keluarga saya. Sering sekali kita makan disini diajak oleh ortu atau opa oma sy. Saya masih ingat jelas suasanan interior nya dengan furniture2 antiknya, kolam ikan yg isinya ikan lele segede paha org dewasa. Piring kalengnya yg kata orang spt piring makanan di penjara sampai wajah2 pelayannya masih cukup melekat di ingatan. Sayang sekali skrg sdh tutup padahal pengen jg sharing pengalaman makan ditempat itu dengan anak2 sy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul banget Mas, ini tempat favorit kami juga. Sayang sekali ya harus tutup, dan belum nemu lagi restoran dengan piring kaleng kaya gini..

      Delete
    2. Iya pak sama, saya merasa sangat beruntung sudah pernah makan disana. emang ngga tergantikan pengalamannya. berapa pun mahalm betapapun enak steak di tempat lain, ngga bisa ada yg gantiin.
      Seandainya saya tau mereka ngga mo nerusin waktu itu, mungkin saya mau minta izin u/ belajar dan terusin buat mereka

      Delete
  6. Waduhh in tempat yg sangat cozy, suka ama steak wiener schnitzel nya , nasi goreng yg porsi jumbo Dan bitterballen nya. Terakhir makan disini wkt masih pendidikan S2 di rscm, suka abis selesai kerjaan di poli , pulangnya sama temen2 mampir kemari Sayang banget tempat in sdh tutup,pdhal interior nya jadul banget , kalo makan disitu jd serasa meneer onderneming . Mudah2an ada lagi resto yg spt ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. apa itu Meneer Onderneming? Iya betul, semoga akan ada tempat seperti ini lagi ya :)

      Delete
  7. Hari ini saya di jl. Kebun Binatang cari yg namanya Art & curio ternyata sdh tutup permanen. Steak terlezat yg yg pernah saya nikmati saat masa remaja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tulisan ini udah lama sekali. Sayang sekali udah tutup ya.

      Delete