[Guestpost] Temukan Keunikan Goa Terawang Blora


Sewaktu teman saya Muti, mengirimkan tulisan mengenai Goa Terawang di Blora, saya semakin ingin mengunjungi goa serupa tapi tak sama yaitu Goa Jomblang di Gunung Kidul.


Minggu lalu saya berkesempatan melakukan mommies day out ke Gunung Kidul, namun hanya berhasil ke Goa Pindul. Salah seorang teman yang belum mommies namun ikut acara tersebut, Leon, kemudian pamer foto-foto saat ia bekunjung ke Goa Jomblang. Dan tentu saja, Goa Jomblang masuk ke dalam bucketlist saya, untuk kunjungan berikutnya ke Gunung Kidul.


Foto belongs to Leon, when she visited Goa Jomblang in Gunung Kidul


Leon juga menceritakan betapa serunya saat ia ditarik turun dengan tali menuju Goa Jomblang di Gunung Kidul. Dan sayapun semakin iri..hehe..





Dan ternyata selain Goa Jomblang di Gunung Kidul, ada Goa Terawang yang tidak kalah indahnya...

Saya baru tau bahwa kota Blora memiliki goa yang indah dan unik bernama Goa Terawang. Karena itu, senang sekali sewaktu Muti mengirimkan tulisan untuk di-publish sebagai guestpost di tesyasblog. For sure, Goa Terawang is now on my bucketlist as well :)


Guestpost by Muti: Temukan Keunikan Goa Terawang Blora

Sudah punya tujuan wisata akhir pekan ini? Ehm, jangan ragu-ragu untuk menyisihkan waktu kamu buat jalan-jalan atau mendapati suasana baru ya. Ini penting! Apalagi jika hari-hari kamu biasa dengan segudang jadwal dan agenda kerja yang harus dilalui setiap hari.


Jika kamu berencana berwisata ke luar kota, pastilah banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapan sebelum keberangkatan wajib diperhatikan! Apalagi buat kamu yang super sibuk dan terbiasa dengan deadline. Walaupun ini bukan meeting atau target kerjaan, planning makes perfect!

Anyway, biar persiapan kamu makin matang, kamu harus memilih cara dan trik yang lebih smart, apalagi saat ini banyak cara yang bisa dilakukan melalui smartphone. Segala kebutuhan untuk persiapan kamu bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis. Salah satunya adalah pesan melalui OTA atau Online Travel Agency. Saat ini penyedia jasa OTA juga sudah banyak tersedia, tinggal pilih saja, beberapa diantaranya adalah Pegipegi, Traveloka, Agoda, dan masih banyak lainnya.

Pengalaman menarik juga pernah saya alami ketika memutuskan untuk berlibur ke daerah Blora, Jawa Tengah. Kebetulan ada saudara yang memang tinggal di daerah tersebut. Dengan penuh semangat saya berencana mengunjungi beberapa lokasi wisata, salah satunya adalah Goa Terawang yang ada di Blora.

Blora juga termasuk salah satu daerah yang cukup sibuk dengan aktivitas perdagangan dan bisnis, termasuk potensi wisata yang dimiliki. Oleh sebab itu fasilitas penunjang pariwisata telah cukup berkembang di daerah ini.

Nah, sebelum menuju ke lokasi wisata, tentu saja saya memastikan untuk mendapatkan tempat penginapan karena memang posisi saya yang berada di Jakarta. Awalnya saya berniat bermalam di tempat saudara yang kebetulan dekat dengan Goa Terawang,. Namun, sayangnya di tengah perjalanan, saudara saya memberi kabar mengejutkan, bahwa dia ada kepentingan mendadak dan baru sampai di rumah keesokan harinya. Padahal jam menunjukkan pukul 6 petang.

Akhirnya, saya harus putar haluan dan mengubah rencana awal. Saya memutuskan untuk mencari tempat penginapan secepatnya! Waw, padahal saya belum pernah ke Blora sebelumnya. Tapi bersyukur sekali karena saya masih terpikirkan cara lain yang ampuh, meskipun jaringan di jalur kereta tidak terlalu bagus, akhirnya dengan susah payah, saya berhasil juga booking hotel secara Online. Dan alhamdulillah, hari itu terselamatkan.

Next, hari selanjutnya adalah jadwal action wisata sesuai rencana sebelumnya. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Goa Terawang. Goa yang berasal dari endapan batu gamping ini cukup unik dengan luas mencapai sekitar 13 ha. Di dalam goa ini juga terdapat sekitar 6 goa lainnya dengan luas area yang bervariasi.

Keindahan Goa menjadi keasyikan tersendiri karena ada beberapa cahaya yang masuk dari langit-langit goa yang terbuka karena adanya lubang yang terbentuk secara alami . Goa ini juga memiliki stalaktit dan stalakmit yang bisa terlihat dari lubang tersebut. Kabar baiknya, kamu bisa mencoba pengalaman untuk menuruni tebing di dalam Goa ini.

Tidak terlalu sulit menemukan goa ini, wilayahnya ada di Kecamatan Todanan, Blora menjadi lokasi Goa Terawang. Lokasinya memang berada cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 30 km, tetapi keindahannya akan membuat kamu lupa perjalanan cukup jauh menuju lokasinya. Goa ini terletak di bawah area perkebunan jati.

Sebenarnya ada beberapa lokasi lainnya yang menyimpan keindahan alam di wilayah perbatasan anatra Jawa Tengah dan Jawa Timur ini. Next, kamu bisa melanjutkan perjalanan, mengunjungi destinasi wisata lainnya di hari berikutnya.

Perjalanan menuju ke beberapa lokasi di Blora akan semakin menyenangkan. Apalagi sebagian sisi jalan masih berupa hamparan luas perkebunan jati dan juga pepohonan rindang di beberapa titik jalan sehingga membuat jalanan terasa semakin sejuk. 

So, happy traveling everyone!

4 comments:

  1. happy traveling and keep writing!!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
  2. waaah aku jg srg baca ttg goa ini mbak.. tp sama blm prnh kesana..yg bikin aku pgn bgt sih krn turunnya yg pake tali itu ;D.. naikin adrenalin banget ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga pengen nyobain Fan, berani ga ya:D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...