Liburan Keluarga Ke Hong Kong: Why Hong Kong, Persiapan, Itinerary dan Budget


Saya selalu suka Hong Kong, bahkan pernah terucap request ke mr.husband, "Kita ke Hong Kong yuk tiap tahun :)" Yah namanya juga request boleh aja kan..:D

Karena itu, ebook kedua yang kami tulis adalah mengenai Hong Kong: A Place For Everyone. Eh belum download ebook kami? Gratis loh di link ini. Dari ebook, akhirnya saya diberi kesempatan oleh Elexmedia menulis buku Family Backpacking Hong Kong.

Saya memberanikan menulis ebook dan published book setelah menikmati liburan keluarga yang berkesan ke Hong Kong. Itulah sebabnya saya menulis "Hong Kong is a Place For Everyone", karena saya, mr.husband dan kedua Kiddos sangat menikmati liburan keluarga kami ke Hong Kong.

Melalui tulisan ini, saya rangkum hal-hal yang perlu diketahui untuk mempersiapkan liburan keluarga ke Hong Kong. Mau liburan agak jauh tanpa repot mengajukan visa? Hong Kong lah salah satu alternatifnya.

The apartments in Hong Kong


WHY HONG KONG

Untuk keluarga yang sudah berhasil liburan ke Singapura dan Malaysia secara independen, biasanya Hong Kong merupakan the next destination. Hong Kong memiliki Disneyland dengan fireworks show yang super keren. Selain itu, Disneyland Hong Kong juga memiliki Toy Story Land.


Our Kiddos met "the real" Jessie


Hong Kong memiliki transportasi yang terintegrasi, mudah membawa anak-anak untuk naik turun transportasi umum di Hong Kong. Bukan hanya MTR (kereta), bus ataupun feri, tapi Hong Kong juga masih memiliki tram yang unik. Perlu dicatat bahwa tram hanya ada di Hong Kong Island.

The famous "Ding-Ding Tram"



Tempat belanja? Aduh jangan khawatir, komplit di Hong Kong, dari mulai pasar hingga shopping malls barang branded. Daerah favorit saya untuk window shopping adalah di Central.

LV Shop in Central



Seru banget di Central ini, di antara gedung-gedung tinggi yang dipenuhi barang branded, ada satu pasar di tengah-tengah gang yang menjual barang murah meriah. Jadi kalau akhirnya menyerah (karena barang yang diincar terlalu mahal:D), ya udah tinggal melipir ke pasar untuk membeli souvenirs.

A market in between branded shops


PERSIAPAN

Tidak Diperlukan Visa Untuk Liburan Ke Hong Kong

Hal yang membuat berat dari liburan keluarga selain masalah bujet adalah persiapan, termasuk mengajukan visa. Kebayang kan harus isi formulir pengajuan visa, copy dokumen dan sebagainya, dikalikan jumlah anggota keluarga.

Asyiknya, liburan ke Hong Kong tidak perlu visa. Hanya perlu paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dan tentunya tiket pesawat.


Berburu Tiket Pesawat Ke Hong Kong

Sebisa mungkin sebaiknya memilih penerbangan langsung dari Jakarta ke Hong Kong. Garuda Indonesia dan Cathay Pacific, bisa dijadikan alternatif.

Namun jika teman-teman ingin memilih budget airline, tidak masalah.. silahkan memilih Air Asia dengan transit di KLIA2 atau Jetstar dan Tiger yang transit di Changi. Harga termurah tiket Tiger yang bisa saya dapatkan PP adalah Rp 1.750.000 per orang.

Sebagai gambaran, harga tiket pesawat promo Garuda Indonesia, bisa didapatkan sekitar Rp 3 juta saat promo (pulang pergi). Cathay Pacific juga sering mengadakan promo. Bahkan saya dan teman-teman pernah PP ke Hong Kong gara-gara tiket promo dari Cathay. Baca di link ini ya.


Mencari Makanan Halal di Hong Kong

Bagian ini menurut saya masih "PR" banget deh. Kami menginap di daerah Wanchai agar dekat dengan Halal Dimsum di Islamic Center. Setiap kali ke Hong Kong, tempat ini tidak pernah kami lewatkan. Baca dan lihat foto-foto dimsum nya disini ya.

Untuk teman-teman yang harus makan nasi, tidak perlu khawatir. Beli saja nasi di kantin Islamic Center, lalu saat jam makan tiba, santap nasi dengan bekal yang dibawa dari Indonesia. 

Tungkoe Minang menawarkan rendang dan dendeng dalam kemasan praktis. Tungkoe sering menemani perjalanan kami ke berbagai negara. Produknya juga mudah didapat, salah satunya melalui tokopedia

Tungkoe kami bawa hingga ke Hong Kong :)




Berapa Hari Paling Ideal Untuk Liburan Keluarga Ke Hong Kong?

Menurut saya sih dari Rabu hingga Minggu, termasuk waktu di perjalanan (5D4N). 2 hari sudah akan dihabiskan di Disneyland dan Ocean Park, sisanya untuk jalan-jalan dan merasakan uniknya Hong Kong.



One of the market I found in Central, it was all red approaching the Chinese New Year


Bulan terbaik ke Hong Kong menurut saya adalah bulan Februari, udaranya sejuk namun tidak terlalu dingin. Antre wahana di Hong Kong Disneyland ataupun di Ocean Park pun tidak kepanasan!



Mencari Penginapan Murah Di Hong Kong

Untuk liburan bersama keluarga, menginaplah di Hong Kong Island, agar dekat dengan berbagai destinasi wisata seperti Ocean Park, dan dekat dengan area belanja Causewaybay yang terdapat toko Toys R Us. Hong Kong Island juga tidak sepadat Kowloon, jadi very recommended.

Sewaktu pergi berdua dengan mr.husband, saya pernah menginap di Causeway Bay Inn yang berlokasi di dekat Times Square Shopping Mall. Hostel ini memiliki kamar untuk dua, tiga dan empat orang. Jika teman-teman mencari penginapan murah dengan lokasi premium boleh banget melirik Causeway Bay Inn.


Room for two, very compact yet at premium location




Teman-teman mencari yang mid-range? Boleh mengintip JJ Hotel di daerah Wanchai. Sewaktu menginap di JJ Hotel, kami memilih Premier Room karena kamarnya cukup besar untuk 2 dewasa dan 2 anak. 

Lokasinya pun strategis, dekat dengan Islamic Center di Wanchai yang memiliki restoran halal di lantai 5, yang salah satu menu utamanya adalah halal dim sum. Untuk saya sih ya, jangan pernah ke Hong Kong tanpa makan halal dim sum ini! Hehehe segitunya..


Our Kiddos in front of JJ Hotel
The premier room




ITINERARY

Untuk liburan keluarga ke Hong Kong selama 5 hari 4 malam, saya merekomendasikan itinerary sebagai berikut:

- Day 1: Tiba di Hong Kong, jalan-jalan di sekitar hotel saja. 
(Menginap di daerah Wanchai/ Causewaybay)
- Day 2: Ocean Park seharian
- Day 3: The Peak, Madame Tussaud, Central, menyeberang dengan ferry ke Tsim Sha Tsui.
- Day 4: Disneyland, pindah hotel menginap semalam di Novotel Citygate.
- Day 5: Jalan-jalan di sekitar Citygate FO, kembali ke Indonesia.



BUDGET

Secara besaran, budget yang dibutuhkan untuk liburan keluarga ke Hong Kong yang terdiri dari 2 dewasa dan 2 anak adalah:

1. Tiket pesawat, asumsi Rp 3 juta PP dikali 4 orang=> Rp 12 juta
2. Biaya penginapan, asumsi Rp 1,5 juta per malam dikali 4 malam=> Rp 6 juta
3. Biaya masuk ke Disneyland dan Ocean Park=> Rp 8 juta
4. Budget makan+jajan harian: Rp 1 juta per hari dikali 5 hari = Rp 5 juta.
    
Total: Rp 31 juta

P.S Tentu saja budget liburan akan mengikuti style liburan masing-masing.


***

Sudah siap untuk mengajak keluarga berlibur ke Hong Kong? Semoga tulisan ini bisa membantu ya, terutama bagi teman-teman yang pertama kali berencana mengajak keluarga liburan ke Hong Kong.

Tips liburan keluarga hemat ke Hong Kong, list hotel yang saya rekomendasikan, ulasan tempat wisata gratis dan berbayar, tips membawa anak ke masing-masing tempat wisata, saya bahas detail di buku Family Backpacking Hong Kong ya. Buku ini bisa dibeli online di gramedia.com.





Written on March 14, 2017
Follow our IG & Twitter account: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti


Related Posts:
Travelawan: Menjelajah Hong Kong Seperti Warga Lokal
Tesyaskinderen: Liburan Bersama Keluarga ke Hong Kong

122 comments:

  1. ini salah satu tujuan yg ntah kenapa aku masih antara pengen ato ga mau datangin mbak ;p.. ga pengennya krn ini masih bagian dari negara tiongkok kan yaa.. sementara aku tuh targetnya tiap thn 1 negara baru yg blm pernah aku datangin ;p.. sementara kalo Tiongkok aku udah, tp belum ke HK nya ;p..

    tapi kepengin juga kesana krn barang2 di sana aku dgr murah dan ada wahana baru di disney :D hihihih.. aku pgn rasain itu sbenenrnyaa..

    ntr deh, kalo HSBC ngadain promo lg ama cathay, mungkin kali itu aku bkl fix datang k HK ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat Fanny roller coaster yang menantang adrenalin ada di Ocean Park Fan, yuk ke Hong Kong :)

      Delete
    2. Akhirnya aku impulsif beli tiket jg ke HK mbaa wkwkwkwkw... :p.. Utk january 2018 sih, ama temen dan suami.. 5 malam doang.. Tp yg pasti disney udh masuk list krn si kecil mnta ksana.. Ocean park lbh keren wahananya yaaaa.. Duuuh jd galau.. Tdnya aku pikir ga ush kesana krn udh disney

      Delete
    3. Wah aku mau ikut donk Fan :)
      Aku pengin deh kesana gara-gara %Arabica coffee buka di Hong Kong :)

      Delete
    4. arie saputra13/11/17 9:56 AM

      Makasih banget info nya,hong kong akan jadi destinasi ke 2 saya bersama anak anak.

      Delete
    5. Wah asyik, have fun Mas Arie :)

      Delete
  2. Mbak Tesya, salam kenal. Saya banyak mengambil acuan berlibur saya sekeluarga dari blog mbak. Anda benar, setelah kami alhamdulillaah sudah ke Malaysia dan Singapore, next destination which comes to mind is HK. Mohon maaf bila pertanyaan saya berikut ini kurang appropriate.
    Boleh saya minta bantuan anda mengenai tempat makan halal dan tempat sholat (or whatever to sort this thing out, i.e : jamak / qashar, etc.) untuk itin 5D4N yg anda tulis di atas ? Terus terang, di S'pore pun kami agak keteteran untuk sholat dengan rapi. Beda dgn di Malaysia dan Jakarta. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Adri, salam kenal juga..

      Jadi begini, waktu liburan kemarin itu, saya selalu usahakan pulang sore, sebelum waktu Ashar habis ke hotel. Agar bisa jamak Dzuhur dan Ashar.
      Di Hong Kong sendiri ada masjid yang terletak di pusat keramaian, misalnya masjid Kowloon di Tsim Sha Tsui. Mas bisa atur juga waktu jalan2 ke Tsim Sha Tsui di sore hari agar bisa Ashar dan Dzuhur di sana.
      Yang sulit sewaktu di Disneyland, karena itu bisa diakali dengan datang setelah Dzuhur. Kami kan pindah hotel dulu ke Novotel Citygate yang dekat dengan Disneyland. Bisa solat dulu di hotel, lalu ke Disneyland.
      Atau bisa juga pakai cara saya, karena darurat, sewaktu di Gardens By The Bay Singapura, saya solat di tempat menyusui Ibu dan Anak.
      Mengenai makanan halal, saya sangat mengandalkan kantin halal di Islamic Center Wanchai. Karena itu saya menginap di JJ hotel yang lokasinya di dekat Islamic Center.
      Jadi pagi hari saya makan disana, dan bawa bekal untuk makan seharian. Malamnya saya makan di sana lagi. Enggak bosan? Enggak, karena enak hehehe :)

      Delete
    2. Mbak Tesya, terima kasih atas bantuan dan replynya. Berarti (maaf kalo saya salah paham), ke Ocean Park, juga ngga sehari full dong ya ? Maaf ya, kalo saya jadi bulak-balik nanya mulu :D. Makanan boleh dibawa masuk ke Ocean Park / Disneyland ? Terima kasih

      Delete
    3. Di Ocean Park kami waktu itu dari pagi sebelum buka sd jam 4 sore.. Makanan tidak boleh dibawa ke dalam OP/ Disneyland. Ada pemeriksaan di sana.

      Delete
  3. huwaa bener kak, aku juga suka Hong Kong, masih banyak yg mau dieksplor di sana deh, duhh semoga nemu tiket promo tahun iniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mei, ajak aku donk:D

      Delete
    2. kak , biasanya nyari tiket promonya dimana ?

      Delete
    3. Coba traveloka sama ticket dot com deh.

      Delete
  4. selama kurleb lima tahun kerja di Hong Kong, belum banyak yang bisa dieksplore. Dahulu kalau mau jalan, ya jalan aja gitu ke tempat wisata yang murmer hehehe.
    Kalau window shopping biasanya saya ke Mongkok buat oleh2 saudara pas cuti kerja.
    Saya pun kepengen bisa mengajak keluarga travelling ke Hong Kong. Negara yang memberi saya banyak pelajaran ttg hidup. secara ke sana saya baru lulus sma. Bahkan adik dan ibu saya masih bekerja di sana sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat Mbak bisa lama kerja di Hong Kong. Semoga bisa segera ajak keluarga jalan-jalan ke Hong Kong ya.

      Delete
  5. Mo share ya mbak, sept 2016 aku ke HK nginep di Ozo Wesley Hotel di Hennesy Road,cuma 1,5jt, waktu itu JJ hotel udah 2jt aja. Aku pilih Sleep King room,pas utk 2dewasa& 2anak, ada kasur tambahan di dkt jendela. Dpn&samping hotel ada halte ding-ding tram. Makanan halal tinggal jalan 100m, ada ebenezeer kebab&pizza. Kalo ke dimsum halal tinggal naik tram dr samping hotel. Sebelah hotel pas ada yoshinoya, tp gak mampir krn gak yakin kehalalannya. Dr bandara paling gampang naik bis A11 turun di dpn Empire Hotel trus nyebrang deh ke Ozo. Ke the Peak&admiralty sta jg tinggal naik tram.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah mba Tesya udah beberapa kali ke Hong Kong ya. Aku pengen juga ke sana tapi belum terwujud :). Wah keren tuh ada bukunya sudah terbit. Smoga berkesempatan baca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mbak, semoga bisa segera ke Hong Kong ya..

      Delete
  7. wah, salah satu bucket list saya dan keluarga + 1 baby ni.mudah2an tahun depan bisa kesana. ijin curi ilmu dari bognya mba.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga segera bisa ajak keluarga ke sana ya Mas..

      Delete
  8. Hongkong memang cocok buat wisata anak. Banyak wisata "edukasi" yg bisa dinikmati anak.

    ReplyDelete
  9. mba tesya bln depan first time mau bawa baby 8 bln nie ke hkg,terbantu bgt sama postingan mba tesya.ak 5 hari nginep di citadines ashley karna cari yg ada kitchen nya.tp 2 hari lg masih bingung jd pengen nginep di hkg island spt mba tesya recomend.oh ya hotel daerah tuncung yg agak budjet cuma novotel aja yah mba?terima kasih sebelumnya n salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba salam kenal.. Iya sebetulnya Novotel juga enggak budget ya, tapi pilihannya terbatas. Either hotel di Disneyland, Novotel atau sekalian di airport ada Regal Airport HK.

      Delete
    2. Hai mba.. Salam kenal, sy rencana mau ke hk februari ini, cuma masih bingung penginapan nya
      Ada rncana juga mau nginap di citadines ashley hk soalnya bawa baby 10bln, boleh bagiin pengalaman nya gak yaa.. Makasih

      Delete
  10. Hai mommy tesya.. iya nih suka banget baca blog ini.. kebetulan bulan ini saya mau ke HK saya baru pesen hotel 1 hari di silka kowloon bingung nih mau nginep d mana ya abis d kowloon pengennya nginep d deket t4 wisata.. ada rekomendasi hotel kah? Kalo hongkong island tu deket nya sama apa ya?trus kalo jj hotel deket sama apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau di Kowloon, nginep daerah Tsim Sha Tsui aja. Coba liat deh Panda Hotel.
      HK Island itu ada tempat belanja Central dan Causewaybay, terus The Peak dan Ocean Park juga adanya di HK island. JJ Hotel dekat dengan Islamic Center Wanchai yang ada dimsum halal. Jadi untuk traveler muslim aku suka recommend untuk stay daerah Wanchai biar gampang cari makan.

      Delete
  11. mbak, boleh tau gak liat tiket promo dimana yah ? T_T
    belum pernah dapat tiket promo, pengen bawa orang tua jalan" juga hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Cathay Airways coba Mba, lagi promo Rp 2,4 juta tapi untuk perginya masih jauh sih. Atau beli pas Garuda Travel Fair, nanti bulan Okt 2017.

      Delete
  12. Mba tesya. Ini sy diah yg kmrn nny sm mb tesya dan pembaca setia travel blog mb tesya heheh. Akirnya beli buku yg sidney australia family backpacking. Yang honh kong udh ga ad d gramed. Aku sdh download juga.boleh kh di email itirinary dan rincian transport dr jj? Mnuju peak tram lower station dan nomor2 bis. Mau nyontek. Hehe soalnya sama anak dan suami. Pertama kali backpacking dan ga pake tour.huhu

    email saya ddcello12@gmail.com. mohon diemail ya mba rincian iterinanry bus perjalanan dan spotnya. Hiks soalnya ga dpt bukunya.cm dpt yg ke aussie saja. Makasih banuak mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Diah, ok Mbak aku email yah..

      Delete
    2. Mb tesya..saya juga mau..boleh ga..insyaAllah bln depan ke hk nginepnya di burlington..email saya rika_moedji@yahoo.com
      Mksh mb tesya..

      Delete
    3. Mba, aku udah email ya.

      Delete
    4. Malam mba,
      Aku jg mau mba 😄 Boleh kah?
      Rencana bln dpn mau ke hk sekeluarga 😍
      Emailku : tarorehangel82@gmail.com
      Trima kasih bnyk yah mba 🙏🤗

      Delete
    5. Udah aku email ya Mba..

      Delete
    6. mba tesya sy juga mau dong mba diemail itinerarynya. sy rencana ke hk tgl 30 april ini mba. email sy henny.setiana@yahoo.com. tks ya mba

      Delete
    7. mba saya juga mau dong di forward, rencana saya mau ke hongkong 2 minggu lagi nih ,, tks

      Delete
  13. Kak mau nanya ni, saya sebelumnya baca di blog lain, katanya ada tempat isi air mineral gratis di pusat keramaian. Apakah betul ? Dan kalo boleh tau tempat spesifiknya dimana ya ? Apakah di stasion MTR / lainnya ? Thanks buat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kevin, wah aku malah belum pernah isi kalau di HK. Karena harga air minum lumayan murah kalau dibanding dengan di Singapura. Jadi maaf aku enggak notice letaknya ada dimana...

      Delete
    2. Ok makasi infonya mbak, kira2 harga air minumnya brp ya utk ukuran 1,5 liter ?

      Delete
    3. Hai Kevin, maaf banget aku udah lupa...coba mungkin Kevin googling ya..

      Delete
  14. Hallo, salam kenal Mba Tesya,

    aku mau tanya kalo mau sekalian ke macau ada itinerarynya nda yaa..
    dulu pernah ke HK tapi hanya ikut kompetisi jadi nda begitu explore,, nah sekarang mau eksplor deh ampe ke macau..

    kalo bisa kirim itinnya ke emailhaydi@gmail.com yaa
    thank you Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, aku udah ga simpen (: Tapi rangkaian ceritanya Mba bisa baca di link ini=> http://www.tesyasblog.com/search/label/Macau

      Delete
  15. Hi Mba Tesya,
    Ak udh bbrp kali baca blog ke HK krn Nov ini rencana ksna & langsung jg tuh beli bukunya hihi..plus udh booking di CBI karena tertarik bgt krn ulasan Mba Tesya plus di TST booking di GoldenCrown, nah yg mau ak tnyin ttg tmpt wisata nih buat anak2, ak msh bingung kebetulan anak q usia 3th antara pilih ke Snoppy World yg gratis atau ke Noah's Ark cm waktunya hanya 6D5N dan kepengen jalan jg ke Macau, kira2 sempet g ya klo hbs dari Macau lanjut ke Noah's Ark atau sebaiknya gmn nih susun itin ny krn klo Snoppy World sprtny g butuh wkt lama kebalikan dg Noah's Ark yg ckp butuh waktu ya

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, saranku kalau sudah ke Macau PP, pasti cape (karena ada proses naik ferry, proses antre imigrasi), jadi baiknya full day itinerary hanya untuk Macau aja Mbak.

      Delete
  16. Hi Mba Tesya salam kenal
    wah saya inssallah baru bulan oktober ini brngkat dan mba menginpiratif banget mba saya akan pergi ketempat2 yang mba list kan oia mba klo nama dimsum yang halal nama resto nya apa yah soalnya anak saya suka banget sama dimsum

    ReplyDelete
  17. Hi Mba Tesya,
    wah mba seru banget baca inssallah saya akan ke hongkong oktober ini dan saya akan ikutin list2 dari mba oia mba apakah mendapatkan peta perjalanan hongkong susah di dapet ga yah??? apa download di hp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, wah asyik mau ke HK:) Dimsum yang halal di Islam Canteen, Islamic Center Wanchai. Bukanya jam 9 pagi, kalau enggak mau kehabisan datang pagi-pagi ya. Peta perjalanan bisa download, atau nanti saat di HK nyalakan internet aja, biar apa-apa bisa dicari di google map.

      Delete
  18. vuzio fernanda8/9/17 11:03 PM

    assalamualaikum mba tesya, aku mau tanya nih, insya Allah aku mau berangkat sm istri ke HK bulan oktober nanti sekitar 5D, nah kalo ke HK-Macau-Shenzen keburu ga yah dalam waktu 5D? ada saran gk utk kemana ajanya dgn waktu 5 hari? thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Mas, 5 days ya..coba gimana kalau gini:
      Day 1: sampe, yg sekitar hotel lah ya.
      Day 2: HK Disney or Ocean Park
      Day 3: Around HK (TST, The Peak, etc)
      Day 4: Macau
      Day 5: Perjalanan kembali ke Indonesia

      Kayanya jadi ga cukup ke Shenzhen nya nih Mas kalau sesuai itinerary di atas ya.. Kecuali kalau HK Disney-nya dihapus sih.

      Have fun ya di HK :)

      Delete
    2. Mlm mba Tasya,
      Minta saran yah mba, aku mau ke hk tgl 8-16 feb'18, stay di noah's ark resort.
      Baiknya jadwal sprt apa yah mba..
      Aku bwa orgtua (69th), 3 kiddos (4,3,1)
      Mohon bantuannya yah mba 😇🙏
      Trima kasih

      Delete
    3. Wah Mba lama banget di HK nya. Serius 9 hari? Hehehe...Mba bisa bagi aja lamanya menginap di HK, lalu bisa menginap di Macau. Dan satu hari tidak perlu ke beberapa tempat kan karena Mba punya waktu yang panjang di HK. Saran saya 5 hari 4 malam di HK dan 3 hari 2 malam di Macau Mba.

      Delete
  19. Hai semua? Aku mau ke hk akhir tahun ini buat pertama kli gugup bget,,mau nyari temen siapa tau ada yg mau pergi jg bisa bareng heheh(yang mau pergi bareng yuk bisa WA 083181480506

    ReplyDelete
  20. hi Mbak,
    mau tanya sewaktu di HK, browsing googlenya pake provider apa? provider indonesia? ganti simcard HK atau ngandelin wifi aja? terus misal nginep di Causeway Bay/Tsim Sha Tsui, dan 1 hari full explore 2 daerah itu cukup gak? Berapa lama perjalanan PP Causeway Bay-TST ?? Thanks mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang sih aku ngandelin kartu hallo-nya telkomsel aja Mba, aktifin international roaming, kemudian beli pake yang Asia.

      Cukup enggaknya tergantung ya apa aja yang mau dilihat, jadi sulit jawabnya nih.

      Perjalanann sekitar 45 menit dengan transit jalan kaki yang lumayan jauh di Central MRT Station.

      Delete
  21. assalamualaikum mbak tesya...saya susan..
    terbantu banget ni blognya mbak..mohon nanya ni..
    1.saya ada rencana mau ke hngkg bln desember dgn suami dan anak anak..kiria kira bln des itu kekurangan nya apa ya mbak...?
    2.kalo memilih bagusnya milih mana ocean park atau disney land ya...budget soalnya hahha..saya ber 5 sekeluarga...makasih ya mbak.happy nice

    ReplyDelete
  22. Selamat ya Mba Tesya untuk ebook terbarunya. Aku juga mau share pengalaman mengebrang ke Macau (dari Hong Kong)

    https://ceritanggita.blogspot.co.id/2017/11/hong-kong-macau-dengan-cotai-water-jet.html

    semoga bisa sering-sering ke Hong Kong sekeluarga kaya Mba Tesya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Mba Gita untuk sharingnya :)

      Delete
  23. hi mba tesya,
    aku rencana mau liburan ke HK juga nih tahun depan. Baru pertama x ke HK. Mau tny mba transportasi di HK gampang atau engga yah mba ? Kaya SG atau engga mba ? Masih ragu takut ssh di HK nya, tapi penasaran pengen ke sna. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, gampang kok kaya di SG. Cuman setiap kali keluar MTR Station, banyak exitnya. Jadi harus hafal exitnya yang mana Mba.

      Delete
  24. Desember 2016 Kami sekeluarga dgn 2 anak pergi ke Hong Kong. Kami menginap di Metro Winner Hotel daerah Yu Ma Tei. Menurut Kami hotel ini sangat strategis, di depan hotel ada 3 stop bus, bahkan dari Bandara pun bisa turun depan hotel, mau keliling Hong Kong cukup naik bis depan Hotel saja. Selain itu ke Stasiun MTR Yu Ma Tei hanya berjarak ngga lebih dari 100M saja ya jalan kaki cuman 5 menit.

    Hotel nya sendiri cukup bagus, harga kisaran 1.2 - 1.4jt yg asiknya adalah luas kamar nya itu diatas rata2 kamar Hotel di Hong Kong. Kami dgn 2 anak dan barang segambreng aja masih leluasa di kamar.

    Urusan shoping juga asik banget. Ke Mongkok cukup jalan kaki 10 menit, ke ladies market ke snaker street sekejapan mata aja sampe, ke temple market tinggal nyebrang jalan, pokonya yg mau ke Hong Kong Metro Winner Hotel ini sangat Sy rekomendasikan.

    Bener kata Mbak Tesya, Hong Kong itu ngangenin he he Insya Allah Januari 2018 ini Kami sekeluarga akan kembali ke Hong Kong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih banyak untuk rekomendasinya. Sayangnya jauh dari Wancahi ya. Kalau aku soalnya penting banget untuk berada di dekat halal dimsum heheh :)

      Delete
    2. Mau tanya, kalo bawa 2 koper besar & 1 koper kecil, apakah bisa naik bus dr bandara ke hotel metro winner?

      Delete
    3. Bisa banget Mba, kan ada tempat koper khususnya.

      Delete
  25. Sebenernya problem Kita sama Mbak, susah mencari makanan halal. Tapi Kami mengakali ini dgn memasak sendiri. Dari Jakarta Kami bawa rice cooker kecil, beras, teh, gula, kopi, mie,instan, abon, rendang, gudeg kaleng dll pokonya ada 1 tas yg isinya bahan logistik he he

    Alhamdullilah, bisa hemat juga, pagi2, masak nasi buat sarapan dan bekal makan siang. Jadi habis sarapan langsung jalan, nanti makan siang bisa ditaman saja kaya waktu itu di macau ha ha

    Tapi skr di Disney dan di Ocean Park dah banyak resto halal jadi ngga susah lagi. Ah jadi ngga sabar januari ke HL lagi he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang seharusnya bawa bekal ya, supaya hemat dan enggak susah cari makan. Thank you sharingnya ya. Dan have fun di Hong Kong :)

      Delete
  26. Kak mau nanya, saya baca di web HKIA katanya bus 'N21' utk ke HKIA pas tengah malam tu dari Tsim Tsa Shui (Star Ferry), apakah bener station Star Ferry tu yang dekat jalan Salisbury Rd ya ? Thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kevin, iya betul Star Ferry di situ. Tapi kita bisa juga naik dari bus stop yang dilewati bus N21. Jadi enggak perlu ke terminal bus yang ada di Star Ferry.

      Delete
  27. Hallo..Salam kenal Mb Tesya. Lebaran ini saya mau ke HKG, Shenzhen, Macao, HKG 12hari mba. Bisa bantu saya untuk Intinerarynya. Bingung banget nih, Bawa anak 2. Kami ber4 tdk bs bahasa Mandarin juga. Krn di Shz juga gk fasih Inggrisnya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, salam kenal ya. Wah aku belum pernah ke Shenzhen, ke Macau pun aku hanya PP. Mungkin itinerary besaran aja dulu ya:
      1. Hong Kong 5 days 4 night => menurutku udah cukup
      2. Shenzhen 2 days 1 night.
      3. Macau 2 days 1 night.

      Sesungguhnya IMHO 12 hari lama banget hehe. Atau Mas dari HK nyeberang ke Jeju Island aja udah dekat. I would prefer Jeju than Shenzhen kayanya ya, karena memang aku suka alam sih.

      Tapi tiketnya udah dibeli yah?

      Delete
  28. Hallo mbak tasya terimakasih untuk sharingnya, setelah mengikuti cerita mbak tentang jalan2 ke Singapore plus legoland diawal 2017, Insha Alloh di akhir januari 2018 saya mencoba ke HKG bersama anak2, terimakasih lg atas sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, wah asyiknya mau ke HK:) Have fun ya Mba, semoga lancar liburannya.

      Delete
  29. Siang mbak tasya.
    Mbak, mau tanya dong kemarin pas ke HK perginya di bulan apa yha?
    Aku ada rencana mau pergi tengah Feb, kira2 cuacanya bagaimana yha? Yang aku tau masi winter, apakah perlu pakai winter coat/shoes? karena dr vlog org2 yg pergi kesana sekitar def, ada yg pakai winter coat/shoes, ada yg cuma pakai jacket biasa aja. thnx mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Jessica, aku pernah pergi tengah Feb dan cuacanya enak banget, adem:) Waktu Feb aku pake light jacket aja cukup kok. Mungkin kalau vlog yang kamu lihat lagi peaknya musim dingin memang kalau bulan Des. Have fun ya in HK.

      Delete
  30. Malam mba Tasya,

    Trima kasih utk info2nya yah mba, skalian mau beli jg bukunya, biar lbh lengket di memori 😁
    Oiya mba, di buku mba itu ada tujuan dr bandara ke noah's ark resort kah mba? Itu naik apa yah dr bandara? Rencana menginap disitu krn lumayan dkt dr disneyland. Tp klo mau ke pusat kota, naik apa yah mba? Trima kasih banyak sharingnya mba 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Angel, bukunya sekarang bisa dibeli dalam bentuk ebook, agak sulit mendapatkan yang cetakan. Coba cek disini ya: https://ebooks.gramedia.com/books/family-backpacking-hong-kong

      Di dalam buku hanya dibahas mengenai Noah Ark nya Mba, namun resort disana tidak dibahas secara detail. Iya memang kalau tinggal disana sulit juga ya jauh dari mana-mana Mba. Tapi tentunya Mba bisa pake MTR atau bus.

      Delete
  31. Siang mba Tesya, apakah saya boleh diemail juga, email saya leny_kartansa@yahoo.com
    Terima kasih utk sharing nya. 🙏🏻🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas, ok..saya email ya :)

      Delete
  32. Seronoknya pergi Disneyland.. Berapa bajet ke sana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, tergantung dapet tiket pesawat promo? Kalau dapat, untuk 5 hari 4 malam, satu orang bisa sekitar IDR 7-8 juta.

      Delete
  33. Selamat siang mba Tesya. Mksih infonya ya.
    Saya mau ke HK dgn 1 anak 4 thn, awal maret tgl 2 smpe 7. Cuaca dsna gmn ya? Klo bwa anak tmpat yg MUST dikunjungi apa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Atha, kalau awal Maret udah mulai anget, tapi anginnya mungkin masih dingin. Kalau bawa anak ke Disneyland dan Ocean Park Mba. Aku banyak tulisan HK sama anak-anak di tesyaskinderen, coba googling => tesyaskinderen hong kong ya.

      Delete
  34. Halo mba tesya ada recomended guest house untuk 2 dewasa dan 2 anak kecil di daerah tsim sha tsui or mongkok.

    Thanks sebelumnya untk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Rudy, coba cek Golden Crown Guesthouse deh..

      Delete
  35. Mba Tesya, salam kenal ya saya atha. Kmrn tgl 8 bru aja balik dr HK. Sya sllu baca blog mba sbg acuan sblm terbang ke HK. Mba saya mau tnya. Sya kekurangan beli suvenir(khususnya snow globe dan pajangan2 HK utk koleksi pribadi saya(kbykn mikirin org lain. Hehe) mba ada referensi dmn sya bs beli atau titip ga ya? Atau mgkn mba tesya kelebihan suvenir dlu blh sya beli. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Atha, email saya aja tesyas.blog@gmail.com I might be able to help you :)

      Delete
    2. Mba aku udb email mba Tesya ya. Terima Kasih mba. Can't wait direspon lgi sm mba Tesya. ��

      Delete
  36. hello mba tesya.. salam kenal..
    rencana akhir thn di bln nov ada rencana akan ke hkg kalo semua di lancarkan.. saya mau tanya di sana pas bln itu musim dingin ya mba? paling dingin brp derajat ya? dan kebetulan saya dan suami ga fasih dlm bhasa inggris, apakah akan menghambat kami di sana? trs kalo bole tau ada pertanyaan2 tidak saat di imigrasinya? trma kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bulan Nov dingin, enak. Mungkin sekitar 15-20 derajat, cuman angin nya kenceng. Nanti sebelum berangkat cek aja di Accuweather ya.

      Kemarin di imigrasi saya ditanya berapa lama di HK, apakah baru pertama ke HK? Sama siapa ke HK? Itu aja pertanyaannya.

      Mengenai Bahasa Inggris, semua di HK menggunakan Bahasa Inggris sih ya. Kalau memang bingung, nyalain aja Google Translate di smartphone. Kita bisa bicara dalam bahasa Indonesia, dan nanti google akan bicara dalam bahasa Inggris. Nah berikan aja handphone ke lawan bicara kita, kalau terpaksa, untuk mendengar bahasa Inggrisnya apa. Hehe ini hanya sekedar ide loh ya. Yang pasti internet harus selalu on.

      Have fun di HK ya :)

      Delete
  37. Hi mb Tesya, saya sudah beli bukumu yg HK ini di gramed kapanan tp blm tuntas saya baca :-) bagus dan jelas sekali infonya thank you..
    Mau tanya yg mb maksud di Central tadi byk jualan souvenir terselip diantara gedung2 tinggi tuh tepatnya kira2 di daerah mana ya mb..deket apa atau di jalan apa gitu. Thanks a lot :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Meta, maafkan aku baru jawab. Thank you udah baca buku kami :)
      Iya itu pas di area Central nya kok Mba. Kalau lewatin pake ding ding tram juga pas kelewat kok.

      Coba baca link ini Mba:
      http://www.discoverhongkong.com/eng/shop/where-to-shop/street-markets-and-shopping-streets/li-yuen-street-east-and-west.jsp

      Delete
  38. halo mba maaf au tanya lagi kalo cuaca 15 - 20 derajat itu harus pakai coat atau mantel untuk winter atau baju seperti biasa kaya di indo mba? saya takut saltum di sana hehhehe.. makasih mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, masalahnya angin aja sih yang kencang. Jadi pakai jacket yang tebal aja, tapi ga usah juga sampai jacket untuk winter sih hehe. Khususnya pakai jacket yang windbreaker ya.

      Delete
  39. mba kalau boleh share dong pengalaman ke taman bermain gt tp masih bawa baby under 2th.. dan g bawa baby sitter.. wahana nya yg bs d coba pasti terbatas dong ya.. ad tips nya g mba...tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Suci, under 2 tahun kalau dibawa ke themepark sayang juga ya Mba. Coba deh Mba baca link ini, keren-keren rekomendasinya:

      https://www.sassymamahk.com/best-outdoor-playgrounds-and-parks-in-hong-kong/

      Delete
  40. salam kenal mba,mba mo tanya saya dulu prnh ke Hong Kong tp bekerja, dan skg pengen ke Hong Kong untuk jln2 ke Hong Kong, kalau aq ingin di Hong Kong selama 2 minggu kira2 bisa ga mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, saya lupa visa on arrivalnya itu berapa hari ya, kalua enggak salah sih 14 hari. Tapi coba dicek dulu ya untuk memastikan. Ada maksimal stay nya.

      Delete
  41. Halo mba, mau tanya klo utk bawa ricecooker mini apakah ada ketentuan voltasenya? Krn d indo kan umumnya 220v. Apakah sprt d jpang yg hrus 110v? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mohon maaf, saya enggak pernah bawa rice cooker soalnya jadi enggak tau masalah ini. Tapi coba googling ya..

      Delete
  42. salam mbak.. mau nanya, berarti kalau bawa bekal semacam rendang, atau sambal kering tempe teri, abon, dendeng dll gitu diperbolehkan masuk kan mbak? aku takudnya sampe bandara nya kena karantina gituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, boleh kok, asal jumlahnya wajar aja kan ya memamng buat dimakan selama disana?

      Delete
  43. Mba terimakasih atas tulisannya, btw menurut mba minimal mulai anak umur berapa tahun ya udah bisa menikmati themepark seperti Disneyland? dan apakah wisata di Hongkong baby friendly mba? saya mau ke HK tp maju mundur terus karena anak masih di bawah 2thn. mohon sarannya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, menurut saya sih kalau ke Disneyland umur 6 tahun baru enjoy, tapi tentunya tergantung anaknya ya Mba. Wisata di HK baby friendly Mba, seperti misalnya ke Ocean Park, itu menyenangkan untuk anak-anak.

      Delete
  44. Hai mba, artikel mba byk membantu saya lho, jd berani traveling bawa keluarga tanpa tour agent. Mba, aku mau nanya, aku mau ke HK 5 jan nanti, rncn mau bawa rendang dll kyk mba, hehehe, biar irit, trus bawa insulin juga krn suamiku diabetik, itu perlu di declare ngga ya mba? Aku bingung, sdh byk baca2, tp msh bingung juga. Mohon pencerahannya. Tq mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh maapkan aku baru balas. Pasti skrg udah keburu pulang ya (:
      Boleh kok bawa, selama dalam jumlah yang wajar aja.

      Delete
  45. Kalo mau liburan. Selalu intip blog mba tesya. Hihihi..amat sangat membantu. Apalg krn jalan jalannya kids friendly. Secara aku ada 4 krucil. Sirkus deh. Hahahaha. Keep traveling, keep writing yah mba

    ReplyDelete
  46. Halo mb salam kenal.. Punten nanya niih. Klo aturan hotel soal maksimal jumlah anak itu strict ga sih? Saya rencana sama suami nginep di Holiday inn express Causeway bay tapi bawa 2 anak. Boleh berbagi pengalaman nya mbak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Widi, kalau saya email ke hotel menanyakan hal ini. Karena enggak mau gambling aja. Kalau hotel bilang enggak boleh, saya cari hotel lain.

      Delete
  47. halo mba tesya, rencana saya mau ke hk bulan depan bawa anak 3th. tempat yang mau saya kunjungi : disneyland, oceanpark, the peak & madame tussaud, avenue of star & simphony of light, causewaybay selama 5D 4N dan nginap di ibis sheng wan..bisa share mba transportasi dr hotel ke tempat2 tsb? no bus, stasiun MtR, dll.
    terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, dari Ibis Sheng Wan enak, kemana mana bisa naik Ding Ding Tram ataupun MTR. Saranku, Mba aktifkan internet, lalu sebelum pergi kemanapun, cek di google map. Klik di "direction" masukan, dari mana ke mana. Google akan kasih tau harus naik apa, bus no berapa dsb, sesuai dengan jam Mba cek google.

      Pastikan koneksi internet selalu on ya Mba. Semoga lancar ya liburannya :)

      Delete
  48. mba klo ke hongkong pake visa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak pake visa kok.

      Delete
    2. Ga pake visa berati kita tinggal pergi ke bandara bawa paspor
      Tanpa ngurus apa2 ya mbak

      Delete
    3. Iya kira-kira begitu, ke bandara aja bawa paspor.

      Delete
  49. hallo mba udah sering baca blognya mba Tesya, saya sudah pesen tiket buat ke HKG di pertengahan Sep, kira2 bagaimana itu yaa cuacanya udah kebeli.
    karena sep itu anniv jadi ambil sesuai tangggal ga perhatian, memangnya kurang di sarankan yaa klo di bulan2 sep?? tks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda, karena sekarang cuaca juga enggak menentu, enggak apa-apa kok. Kalau normalnya banyak typhoon di bulan itu. Jadi nanti be aware aja kalua memang ada pemberitahuan typhoon berarti harus cari alternatif wisata yang indoor.

      Wah asyik mau rayain anniversary di Hong Kong, so sweet :)

      Delete
  50. Kak kalau ke hongkong gk usah ngurus visa kah?

    ReplyDelete
  51. Hongkong, asia world city. Negara yg ga petnah bosen untuk d kunjungi, Bagi kebanyakan org2 indonesia disini apa2 mahal. Iyah.. termasuk penginapan. Paling murah 600 HKD itupun jarang2. Nah kebetulan temen2 mama saya banyak yg nyewain kamar juga per mlm malah cuma di bandrol 300HKD, khusus buat org2 indonesia. Letaknya juga d distric wan chai samping fire station... dan kebetulan mama saya juga nyewain kamar 100 HKD per mlm , tp buat temen2 yg nggu visa saja sih. Bukan visitor.... saran buat yg mau ke HKG dan nginep di wan chai . Sebaiknaya browsing penginapan khusus indonesia. Harganya lbh2 murahh...

    ReplyDelete