Perjalanan Ferry Batam Spore PP

Ferry Batam - Spore

Karena dibilangin Rona tiket ferrynya lebih murah kalo beli di Bandara Hang Nadim, waktu kita sampe di sana langsung cari tiket. Ada tiket Penguin ferry PP Rp 80 ribu PP (dikali aja ama kurs spore dolar saat tulisan ini di upload yaitu Rp 5.750).

Urusan tiket selesai, kita langsung pake taxi ke pelabuhan Batam Center dengan harga fixed Rp 70.ooo

Sampe sana tiket yg tadi udah dibeli di airport kita tukerin dengan boarding pass di counter 'advanced booking', dengan ngasih liat ticket beserta passport. Selain itu kita juga musti bayar tax S$ 3 per person.
Ternyata kalo beli tiket di Batam Center harganya PP S$ 15. Jadi emang lebih murah beli di hang nadim (beda per ticket SGD 1,5).

Tepat jam 10 kita masuk penguin ferry, perjalanan mulus sampe kita ada di depan sentosa. Terus ferry kita di stop ama Polis singapura, mereka masuk sambil bawa senjata, geledah seluruh isi kapal.. ya ampun, seumur-umur baru deh ngerasain di geledah kayak di film-film. Cukup lama juga kita di stop, dan yg ga enak gelombangnya makin kerasa aja. Alhamdulillah they didn't find what they're looking for, jadi disuruh jalan lg.

Sesampenya di Harbourfront (nama pelabuhan di Spore), kita lewatin imigrasi dengan ngantri di line “All Passports” (di sini kita ngantri 20 menit, pemeriksaan spore kali ini ketat banget. Btw waktu nyampe di Spore dr KL, kita naik taxi.. sopirnya ngomel karena jalan di sekitar Tanjong Pagar banyak yang ditutup karena pengamanan untuk World Bank meeting. Sampai di hotel baca koran Street Times katanya ada warning dari Aussie kalo Batam juga target terorist just like jakarta...nah mungkin ini penjelasan kenapa keamanan di Spore kali ini ketat buanget!)

Selesai lolos dari antrian imigrasi, kita langsung ke MRT Harbourfront, beli e-zy link card yang baru untuk my parents (harganya S$ 15), dan top up our used e-zy link each S$ 10. Terus kita pake MRT deh menuju our hotel di Bugis area.

Ferry Spore-Batam

Pagi-pagi jam 9, dari hotel kita pake taxi ke Harbourfront (abis bawaannya banyak dan berat banget). Taxi nya ga mahal cuman SGD 8, dan 15 menit kita udah sampe di Harbourfront

Toko2 nya masih belum buka padahal ada Esprit juga, yaah ga bisa belanja deh hehe. Kita langsung check in di Penguin Ferry Ltd. Setelah ngasih tiket dan passport, disuruh bayar terminal tax SGD 5, dan fuelcharge SGD 5. Terus kita masukin barang ke bagasi (free of charge, per person up to 20 kg), nanti barang kita diangkut ke ferry ama mereka.
Sesampenya di Batam, terserah kita mau bawa sendiri barang kita di ferry, atau kalo mau diangkatin porter, nanti tinggal bayar porter dan ambil barangnya after immigration.

Setelah beres dengan urusan imigrasi kita langsung pake taxi ke Hang Nadim airport, dengan fixed rate Rp 60.ooo (aneh ya lebih murah Rp 10.ooo daripada rute Batam Center to Airport).

No comments:

Post a Comment