Batagor Riri


Batagor atau yang merupakan singkatan dari “baso tahu goreng” ini salah satu oleh-oleh yang wajib di bawa kalo lagi jalan-jalan ke bandung. Cerita sedikit mengenai namanya niih, disebut “baso tahu” karena kalo di bandung jajanan yang di jakarta di sebut “somay” itu ya namanya “baso tahu”. Sementara siomay kalo di bandung merupakan bagian dari baso tahu itu sendiri, di samping telr, kol, kentang, dll. Makanya kalo ketemu di jakarta yang nulis “somay bandung” ini udah salah kaprah, karena seharusnya baso tahu.


Kembali ke cerita Batagor, di Bandung ada berbagai produsen batagor, tapi kalo untuk saya batagor itu ya hanya Batagor Riri. Gilee ya konsumen loyal banget nih ceritanya:p Tempatnya ada di Jalan Burangrang, dulu cuman jualan di garasi rumah gitu aja, sekarang tokonya udah megah banget. Kalo ke sini jangan ketipu ya, ada juga “Saboga” tepat di sebelahnya Batagor Riri, jualannya juga hampir mirip: baso tahu, baso tahu kuah, dan batagor. Walopun ada variasi menu lainnya. Rasanya ga seenak batagor riri, walopun harganya sedikit lebih murah di Saboga.



Harga per satu potongnya lumayan mahal sih, satunya Rp 4.000 baik itu somay maupun untuk tahu nya (tapi kalo untuk ukuran jakarta sih masih dibilang murah kali ya). Ukurannya lumayan gede, kalo saya sih makan sekali cuman cukup dua potong aja, lebih dari itu kenyang banget deh. Kalo mesen untuk makan di tempat, tar masing-masing orang dikasing mangkok yang isinya khusus sambel sementara batagornya di simpen di tempat terpisah, sambelnya ini pedes banget. Jadi kalo yang kaya saya ga kuat pedes, musti ditambahin kecap banyak-banyak deh.




Untuk yang mau mesen di bawa pulang, tar boleh milih mau mateng atau setengah mateng. Kalo mateng ya tar tinggal di makan aja. Kalo mau ditaro di kulkas dulu, pesen aja yang setengah mateng, tar tinggal di goreng lagi bentar aja.

For your info, batagor riri tutup tiap hari senin, ga tau kenapa dari dulu juga begini. Jadi kalo udah ngeces pengen makan batagor (kaya saya sekarang, di saat nulis tentang batagor ini) jangan ke sana hari senin ya. Dan juga kalo mau bungkus nih, pesen aja dulu by phone, kalo pas ke sana udah agak sore, kadang udah abis apalagi kalo di bandung lagi long weekend.

written on April 08, 2007

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...