Wisata Kuliner di Cirebon Dalam Satu Hari


Setelah Puncak dan Bandung, destinasi pilihan weekend getaway dari Jakarta adalah Cirebon. Dibukanya tol Cipali dan waktu tempuh kereta yang hanya tiga jam, membuat banyak warga Jakarta rela pulang pergi hanya untuk menikmati wisata kuliner khas Cirebon.

"Saya sih satu setengah jam aja Bu dari rumah ke Cirebon. Makan Nasi Jamblang, terus pulang deh" begitu cerita teman kantor saya yang rumahnya di daerah Cikarang. Saya langsung ngiler dan ingin segera kembali untuk wisata kuliner satu hari di Cirebon.

Makanan khas Cirebon itu ada banyak banget, tapi favorit kami adalah Nasi Jamblang dan Empal Gentong. In between, makan seafood di Cirebon juga enak loh!

Untuk wisata kuliner satu hari di Cirebon, tiga tempat ini adalah rekomendasi kami.


1. Makan Murah Meriah di Nasi Jamblang Ibu Nur

Setibanya di Cirebon, kami langsung menyalakan aplikasi waze dan memasukan "Nasi Jamblang Ibu Nur" sebagai destinasi pertama. Pagi itu restoran masih sepi, kami bisa duduk dengan nyaman. "Bun, kok ini isinya bangku semua enggak ada meja?" tanya Kiddos#1. 

Bangku panjang yang terdapat di dalam restoran memang terlihat serupa, namun sebetulnya bangku panjang yang berfungsi sebagai meja, ukurannya lebih lebar.  

It was our Kiddos' first time trying Nasi Jamblang


Is it your first time visiting Nasi Jamblang Ibu Nur? Jangan bingung dan kaget melihat banyaknya orang di restoran mungil ini. Langsung aja menuju ke area antrean. Untungnya saat kami ke sana pagi hari, antrean sangat bersahabat :)

Which one to choose? They all look yummy!


Ohya, kalau lagi lapar, nasi jamblang-nya minta dua ya! Soalnya nasinya imut-imut banget:D Saya mengambil cumi hitam yang katanya menu favorit di sini. Tapi saya sih kurang suka ya, karena cumi itu enaknya kalau digoreng renyah seperti Calamari. Hehehe. Yang saya suka di Nasi Jamblang Ibu Nur ini juga adalah tersedianya berbagai jenis pepes. Duuuh susah banget milihnya! Kali ini, saya pilih pepes jamur. Yummy!

My breakfast at Nasi Jamblang Ibu Nur


Harga makan pagi kami hari itu (termasuk minum) berempat Rp 50.000 aja,... Perut kenyang, hati pun senang!


Nasi Jamblang Ibu Nur
Jalan Cangkring II no 34, Cirebon
twitter:@nasjamIbuNur



2. Kepiting Saos Padang di Seafood H.Moel

Untuk makan siang, kita coba menu yang lain yuk! Cirebon juga punya restoran seafood yang enak, salah satu yang paling terkenal adalah Seafood H.Moel. Kami makan di cabangnya yang berlokasi di seberang Cirebon Square Mall. Pas masuk sih, kok tempatnya biasa ya? Malah seperti rumah yang dilengkapi beberapa meja makan. 

H.Moel Seafood, the best in town!


Tapi tunggu dulu, setelah makanan datang sih restoran ini enggak biasa lagi di mata saya. Kepiting Saos Padang yang kami pesan tidak terlalu pedas, dan rasanya mantap! Saran saya, sempatkan mampir di seafood H.Moel di jadwal wisata kuliner satu hari kamu di Cirebon ya!


It's simply delicious!

Seafood H.Moel
Jalan Dr.Cipto Mangunkusumo no.71, Cirebon



3. Makan Malam di Empal Gentong H.Apud

Empal Gentong and mutto sattay at H.Apud


Dua alasan menempatkan H.Apud untuk acara makan malam: letaknya memang satu jalan dengan pintu masuk tol, jadi setelah makan tinggal pulang. Dan yang kedua, bukankah makan sate dan soto lebih enak malam hari? Dingin-dingin makan yang anget gitu.

Entah ada berapa banyak restoran yang menjual Empal Gentong di jalan yang sama dengan lokasi restoran H.Apud ini, jadi jangan salah pilih ya.

Sesuai namanya, yang paling favorit tentu saja Empal Gentong. Tapi bagi mereka yang menghindari kuah santan, bisa memilih Empal Asem. Rasanya? Hmm, saya bisa nambah dua porsi, kalau enggak ingat diet. 

Empal Asem on the left vs Empal Gentong on the right. I choose the right one,
because woman is always right:D


Saya sih memilih untuk tidak memesan nasi supaya masih "ada ruang" untuk menampung sate kambing. Jadi nih, sewaktu jalan dari mobil ke dalam restoran, kamu akan melewati tukang sate yang harumnya sangat menggoda. Wajib hukumnya pesan sate disini, dagingnya empuk dan rasanya pas! Enggak percaya? Ke Cirebon yuk weekend ini:D

Ooh look at those fat!:p


Empal Gentong H.Apud
Jalan Raya Ir.H.Djuanda
Website: www.empalgentonghajiapud.blogspot.co.id
twitter:@empalhajiapud


Kembali ke Jakarta, Jangan Nyupir Sambil Ngantuk!

Ini dia tantangan terberat, saatnya kembali ke Jakarta setelah wisata kuliner satu hari di Cirebon. Pasti deh ngantuk teramat sangat!

Kami memilih menginap semalam, dan baru pulang esok harinya. Cirebon memiliki berbagai jenis hotel, dari budget hotel hingga bintang 4. Rekomendasi kami adalah Swis-Belhotel karena memiliki kolam renang yang besar, dan lokasinya di samping mall CSB. Yaelah, udah jauh-jauh yang dicari mall:D

Our Kiddos at Swis Belhotel


Ingin melihat berbagai pilihan hotel di Cirebon? Kunjungi website Wego yang menawarkan online booking untuk hotel di Cirebon. Setelah memasukan tanggal, Wego akan memberitahu hotel apa saja yang kamarnya tersedia besarta informasi harganya. Praktis dan menghemat waktu untuk mencari hotel di Cirebon.



written on December 18, 2015 by @tesyasblog


Related Posts:

23 comments:

  1. duhhhh nasi jamblang bu nur itu juara kaaaak, apalagi pepes telur asinnya enaaak dan unik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Dita, enak banget!
      Oh iya aku juga pernah cobain pepes telur asin. Duh, jadi pengen ke Cirebooon!

      Delete
  2. coba ah ntr bujukin suami utk ke cirebon cm buat kulineran ;p.. blm prnh singgah lama di cirebon nih mba.. penasaran pdhl ama nasi jamblang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius Fan, belum nyobain?
      Ayo cusss via tol Cipali hahaha..

      Delete
    2. faaaan...yuk ke cirebon naek kereta aja yukkk...hahahaha gw pengen kesana lagi borong batik sebenernya...caela borong,macam horang kayah aja, pdhl mw jualan :p

      Delete
  3. Aku kurang cocok ama empal gentong coz terlalu manis, tapi nasi jambal ibu nur mmg favorit, perna diajak temen 2x kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang suka empal gentong ya Om Cumi. Nah aku tuh heran, Kiddos sekali nyoba langsung suka banget Empal Gentong loh!

      Delete
  4. Aku waktu hamil Arka ngidam empal gentong mba, tapi kudunya yg asli di Cirebon *nyusahin amat*
    No wonder anaknya skrg doyan bingit ma empal gentong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohya, segitunya Mba Fluory? Duh aku jadi kangen pengen ke Cirebon!

      Delete
  5. hallo Mba tesya, tolongin saya ya , saya mau ajak keluarga libur ke Bandung, di Bln mei tuh kan ada libur nempel, rencananya tgl.4 - 8 Mei 16,tolong sarannya ya krn pake buged ekonomis. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Herry,
      Kalau ke Bandung, saran saya spend 1 hari di Lembang dan inep di Lembang, biar suasananya lain. Di Bandung banyak banget guesthouse Mas, nginep di guesthouse deket jalan Riau aja, biar bisa kemana-mana jalan kaki.

      Delete
  6. Saya termasuk cukup sering berkunjung ke Cirebon karena urusan pekerjaan. Dari list yang diberikan Alhamdulillah sudah semua saya cobain hahaha semua itu emang enak. Btw, ga ada Nasi Lengko nih? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah beruntung banget sering ke Cirebon karena kerjaan, sering makan Nasi Jamblang donk yah hehe?

      Nasi Lengko saya enggak gitu suka... udah pernah sih nyobain.

      Next time deh saya nyoba sekali lagi, siapa tau waktu pertama kali nyoba saya lagi kenyang jadi enggak terlalu suka hehehe...

      Delete
  7. Selain kuliner kan ada batik tuh, bisa ksh rekomendasikan plus toko oleh2?. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mas,
      Kalau mau ke Keraton Kasepuhan sama Gua Sunyaragi.
      Belanja di kampung batik Trusmi.
      Kalau beli oleh-oleh bisa di toko Daud atau di toko Shinta.
      Have fun Mas di Cirebon :)

      Delete
  8. Kepiting saos padangnya maknyus banget.. aku ada rencana mau ke cirebon .. kalau satu hari cukup gak ya dari jakarta? Terus kira2 kemana ajah referensi wisatanya ?? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, cukup kok kalau cuma mau di kota Cirebon: wiskul, belanja batik, dan ke Keraton Kasepuhan. Paling cukup untuk itu aja Mba.

      Delete
    2. Iyah maunya sih cuma itu ajah kak jd gak perlu bermalam di sana.. Makasih banyak ya infonya sangat bermanfaat

      Delete
    3. Sip Mba Indah, have fun ya di Cirebon:)

      Delete
  9. Hello salam kenal semuanya ayo pada mampir ke Cirebon lagi ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...