Wisata Kuliner Jogjakarta: Mangut Lele Mbah Marto


Wisata kuliner di Jogjakarta memang enggak ada habisnya. Kali ini, saya ingin menulis mengenai satu tempat makan yang sangat unik di daerah bantul, dimana tamu mengambil makanan langsung dari dapur Mangut Lele Mba Marto.

Eeeh, serius dari dapur? Iyaaa!

Siang itu, sebetulnya kami baru saja makan di Sate Klathak Pak Pong yang super endess itu. Dua tusuk sate kambing dan satu piring tongseng yang kami bagi bertiga, rupanya masih menyisakan kesanggupan mencoba kuliner lain di Bantul.

Awalnya, kami ingin menikmati wisata kuliner Jogjakarta yang lain...

"Aku tuh penasaran sama Sambel Welut Pak Sabar!" teman saya Lala, memulai pembicaraan ketika kami meninggalkan Bandara Adi Sucipto dan berdiskusi mengenai makan siang. Kami akhirnya sepakat, hanya makan sedikit di Sate Klathak (ehm, akhirnya enggak sedikit juga sih:D) dan lanjut mencoba Sambal Welut Pak Sabar.

Sayang sekali setelah mencari lokasi Sambal Welut Pak Sabar sekitar 45 menit dan tidak kunjung berhasil, akhirnya kami menyerah dan ganti haluan ke Mangut Lele Mbah Marto.

Terletak di dalam sebuah gang kecil, tapi banyak banget yang makan disini loh



Saya mulai heran ketika mobil masuk ke jalanan kecil, dan blusukan ke gang-gang yang super sempit. Makin heran ketika tiba di suatu gang kecil yang dipenuhi mobil parkir. Wow, wisata kuliner yang membuat penasaran memang dicari orang ya.

Setelah Pak Supir mendapatkan parkir, kami pun berjalan kaki ke Mangut Lele Mbah Marto.


Ketika mobil udah enggak bisa masuk..

Akhirnya samai di Mangut Lele Mbah Marto


Kami langsung dipersilahkan masuk menuju dapur Mangut Lele Mbah Marto. Rumah yang sederhana itu memiliki dapur tradisional yang bersih dan sangat harum dengan aroma makanan.

Begitu melihat makanan yang tersaji di dapur, saya pun mengerti mengapa banyak orang yang mencari Mangut Lele Mbah Marto hingga blusukan ke gang.

Pawon atau dapur Mangut Lele Mbah Marto
Selain lele, ada gudeg juga
Ho ho ho... pantesan aja sambalnya pedes betul... Ini bahan bakunya!



Saya dan Dina hanya mencoba garang asam dengan kuah yang seger. Sementara Lala dan teman-teman dari Bentang Pustaka yang menemani kami makan siang, menikmati Mangut Lele Mbah Marto yang super pedas itu.

Kalau suka pedas, wajib deh kesini
Ayam garang asamnya enak banget:)


Untuk saya, kunjungan ke Mangut Lele Mbah Marto adalah betul-betul kuliner sambil berwisata. Udah lama banget rasanya enggak melihat langsung dapur yang dilengkapi dengan kompor tradisional. Kalau belum pernah, cobain deh mampir.


It was not only about the food, but also to enjoy the experience right from the kitchen of Mangut Lele Mbah Marto.







written on July 3, 2016 by @tesyasblog



Related Post:

14 comments:

  1. Wow seru sekali Mbak Tesya, bisa melihat langsung proses membuat manggut nya di dapur. Bisa bertanya tentang resepnya sekalian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kenapa aku ga kepikir ya Mba Evi untuk nanya resep hahaha..

      Delete
  2. kira-kira pas lebaran ke-2 buka nggak ya mba? penasaran nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku enggak tau Mba..coba aja sambil jalan jalan hehe..

      Delete
  3. Puasa2 baca artikel ini bikin ngiler euy..klo deket udah kami samperin..ok catet dulu ah buat klo k jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...kebayang enggak aku nulisnya juga ngiler ama garang asam:D

      Delete
  4. Ya ampuuun mbak, aku nelan ludah baca ini :(.. Nasib ga bisa mudik thn ini.. jd ga bisamampir k jogja.. udh srg dgr sih ttg mangut mbah marto ini.. smua review yg aku baca g ada 1 pun yg bilang g enak. :D. berarti memang wajib hrs coba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp enggak mudik juga Fan, nanti aja kapan2 weekend ke Jogja, mampir sini ya..

      Delete
  5. wah kalo main ke Jogja mesti coba nih..

    salam kenal dr blogger ala2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Budy, salam kenal juga ya.
      Yuk mampir ke warung murmer ini, tapi dijamin musti cari gang nya dulu:D

      Delete
  6. Ini juara, sambel nya endesss

    ReplyDelete
  7. Aaaah, aku orang Jogja, tapi belum pernah mampir kesini ._. kayaknya Mbah Marto ini ngehits juga ya, aku sering denger namanya beliau :D

    Harus icip-icip kesini nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain, wah enak banget jadi orang Jogja, bisa makan Tempo Gelato setiap hari #eh Hahahaha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...