Tiket Kereta Api KL – Spore


Via website perusahaan KA nya Malaysia yaitu KTMB , kita beli tiket KA untuk tujuan KL-Spore. Ada tiga pilihan KA; pagi, siang dan KA Senandung Malam. Kita pilih yang malem jadi kan mengurangi cost satu malam hotel, alias kita tidur di KA. Tempat tidur/ tenpat duduknya juga macem-macem tergantung budget kita. Ada tempat tidur yang mewah, tapi ada juga yang ga kebagian tempat tidur dan harus duduk . Kalo di Indonesia sih kaya KA eksekutif gitu kursinya. KA route ini cukup laku apalagi kalo pas lagi liburan. Banyak orang KL ke Spore and vice versa. Makanya KTMB melayani pemesanan 30 hari di muka.


Kita pilih yang kelas ANSD yaitu yang ada tempat tidurnya (they call it ’berth’). Nah jadi di setiap lokomotof kelas ANSD ini berjejer berth atas bawah (kaya ranjang susun tapi lebih sophisticated aja) tentunya beserta tirainya. Cukup bersih, lumayan deh pokoknya, dijamin bisa tidur nyenyak. Harganya untuk yang lower berth (maksudnya tempat tidur di bawah) RM 43, sedangkan kalo kita milih tidur di upper berth, kita kena bayar RM 38. Rene dan myself pilih tidur di atas, bukan kaena lebih murah sih, toh perbedaannya ga signifikan. Cuman kasian aja kalo my parents musti tidur di ranjang bertingkat dan di atasnya orang lain pula. Siap siap pasang seat belt deh, kalo ga jatoh pas lagi tidur...gedebum!! Kaya nangka jatoh dari puun hehe..

KA nya berangkat dari KL jam 10 p.m dan akan tiba di Spore jam 8 pagi.
From our previous experience, sesaat sebelum nyampe Spore, di daerah perbatasannya yaitu di Johor Bahru, kita musti turun untuk ngisi dokumen imigrasi. Yang keren; barang2 kita ditinggal aja di KA dan ga ada yang ilang (ga kebayang deh kalo di Indo). Tentunya kalo uang dan passport mah dibawa ya.

Terus nih, tar di Spore kita bakalan sampe di station kereta api Tanjong Pagar (Malayan Tanjong Pagar Railway Station), station ini miliknya Malaysia walaupun berada di Spore. Letak persisnya ada di Keppel Road. Jangan heran kalo kebersihannya di bawah rata-rata MRT station lain di Spore. Biaya maitenancenya beda banget mungkin, ngikutin Malaysia.
Dari depan station kita tinggal nunggu dan naik bus SBS 80 or SBS 145 dan hanya setelah beberapa bus stop kita akan sampe di Tanjong Pagar MRT station. Nah kalo udah dari situ kan tergantung kepentingan deh mau lanjut ke MRT station yang mana.

Untuk beli tiketnya via internet harus ati2 betul jangan sampe ada kesalahan. Soalnya kita kemaren ini coincidently did a stupid mistake, kita salah milih tanggal! Hal ini disebabkan sesaat sebelumnya kita nyari hotel (via internet) untuk check in di KL tgl 17 Agustus, terus nyari KA afterwards. Ga taunya salah tanggal deh malah KA nya tgl 17 juga padahal mustinya tgl 18. Untungnya kita langsung realise kalo ada yg salah. Kita email ke customer service nya, dan mereka bilang ga bisa tuker tanggal via internet! Gubrak. Mereka bilang paling kita exchange e-ticekts nya pas kita nyampe KL, dan itupun subject to availability. Akhinya kita kmaren udah merayu-rayu ke KTMB officer nya untuk bisa dituker, Alhamdulillah mereka mau bantu, jadi tar tgl 17 Agustus kita dateng aja ke counter KTMB di KL Sentral Station untuk tiker tiket. Kita sekarang udah mereka email ’supplement ticket’ to be exchanged kalo kita udah sampe KL.
Makanya catet: jangan sampe salah tanggal atau salah jumlah tiket yang dibeli kalo mau on line payment di KTMB ini


updated:
You may download our ebook travel on Singapore for FREE (written in Bahasa Indonesia) here

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...