Transtar Bus Spore-KL


Jadwal bis kita jam 8 a.m., which means 30 menit sebelumnya kita udah musti check in di kantornya Transtar yang ada di Lavender MRT station.

Pas check in kita kasih e-tickets ke mereka dan mereka kasih kuitansi fuelcharge juga dikasih tau nomor bis nya. Ternyata kita naik bis 2 kali: bis pertama bis kecil utk transfer kita dari Lavender MRT Station ke terminal bis sebelah Kallang Stadion.
O ya tempat nunggu bis nya di taman, depannya toilet MRT station (baru tau di station MRT ternyata ada toilet). Dari kantor Transtar kita naik elevator, terus ketemu taman deh. Sempet bingung kok terminal bis kaya begini? Ternyata cuman terminal bis 'bayangan' aja.

Udah lumayan banyak yang nunggu. Ada 2 bule backpackers, ada keluarga India, dan banyak juga yg orang Spore nya. Tepat jam 8, datang bis pertama yg kecilan, dan nganterin kita ke terminal bis.

Baru deh kita pindah ke bis yg tempat duduknya 1-2 in each row, dan nyaman banget. Kursinya besar dan ada sandaran kaki kaya di business class nya pesawat (kebayang yg premium class kaya apa, kita aja milih bis yang paling murah udah dapet bagus banget).




Kita juga udah dapet tempat duduk yg kita tentuin waktu beli ticket di internet. Jadi ga perlu rebutan tempat duduk. Selain itu, semua penumpang dapet biskuit dan 1 botol air mineral.

Semua bis Transtar ga ada yg punya fasilitas toilet. Tapi mereka berhenti untuk toilet break sekali. Jadi sekedar tips, tiap kali di titik imigrasi sebaiknya kita ke toilet dulu aja.

Bis kita berhenti 3 kali, pertama di Woodland tempat imigrasi Spore; di sini kita ga diminta nurunin barang cuman disuruh liatin passport. Terus yang kedua di Johor Bahru tempat imigrasi Malaysia, di sini semua barang musti turun. Semua musti nunjukin passport dan immigration card punya Malaysia. Nah waktu itu kita ga ngeh kalo kita belum dibagiin immigration card. Pas ngeliat sekeliling, semua pada megang immigration card, kok kita gs dapet? Akhirnya udah lama ngantri, kita harus keluar dulu dari antrian, ngisi form dan kembali ngantri. Katanya sih immigration card mustinya dibagiin ama supirnya, tapi kita ga dapet. Yah namanya juga pengalaman pertama.

Pemberhentian ketiga sekitar jam 11.0 a.m., kita berhenti di "Pusat Makanan dan Perniagaan Meng Ang", selama 30 minutes. Di sana banyak yg jual makanan dan banyak yg halal food..mmm..yummy deh, jadi kita makan dulu aja karena tar pas makan siang kita ga berhenti.

Selesai istirahat bis melaju kembali di jalan tol menuju KL. Sejauh mata memandang, di pinggir kiri dan kanan jalan tol isinya kebun sawit semua. Kalo jalan tol nya hampir mirip ama Cipularang. Yang beda di sini motor boleh masuk tol, asal ada di bahu kiri jalan.

2.30 p.m Alhamdulillah kita sampe si "Terminal Bas Pasar Rakyat". Terminal ini relatif baru dengan tujuan mengalihkan sebagian dari Puduraya Bas Station yg crowded banget. Terminal bas nya sepi, kita langsung aja cari taxi, dan minta dianterin ke hotel Bintang Warisan. Supirnya minta RM 15, kita nawar jadi RM 10, dianya ga mau. Ya udah daripada ribet lagi, akhirnya kita sepakat bayar RM 12. Sekitar 15 menit kita udah sampe di depan hotel.



updated:
You may download our ebook travel on Singapore for FREE (written in Bahasa Indonesia) here

No comments:

Post a Comment