Dua hari di Singapore

16-08-06
Hari pertama sampe sebetulnya kita udah ada jadwal ketemu dokter obgyn di Thomson Medical Center jam 2 siang. Tapi karena belum sepenuhnya yakin mau berobat di sana, jadinya we postponed our plan (jadi lain kali ke spore lagi masih punya one good reason yaitu untuk berobat hehe).

Dari Harbourfront with our luggage, we had lunch di Seiyu food court Bugis Junction, sesaat sebelum nyampe hotel. Soalnya udah jam 1 siang dan my parents udah laper. Kita makan mee siram, enak banget deh! Ga terlalu banyak pilihan untuk kita di Bugis food court ini, mereka cuman punya 1 counter Malay food.

Setelah itu check in di hotel NSS, dan istirahat bentar sekedar meluruskan badan. Udah solat Ashar, kita pake MRT ke Orchard, as my father has a meeting there. Udah dropping him off di Swensens nya Crown Prince hotel, kita bertiga jalan ke Takashimaya, Paragon, dan makan gorengan ala Spore, Old Chang Kee. Ini jajanan yang paling aman, karena ada sertifikasi halal dari Muis (MUI nya Spore). Our fave is the ”fish ball” harganya S$ 1.10 (Untuk yang suka Old Chang Kee, sekarang udah masuk Jkt juga, yang kita temuin di E-x building thamrin. Harga dan rasanya sama dengan di Spore! Tapi kalo beli di Jakarta berasa mahal, satu tusuknya Rp 6.500).

Malemnya we planned untuk pergi ke Lau Pa Sat, tempat makan segala ada with reasonable price di Robertson Road (kalo di Bandung mirip food court San Fransisco yang di jalan burangrang itu). Sebenernya ada bus yang direct dari Orchard ke Lau Pa Sat, kita udah tunggu di bus stop nya. Udah sekitar 15 menit, baru baca kalo last bus nya udah kelewat... ya..gagal deh. Diputuskan untuk cari makan di daerah Bugis aja. Sekalian liat-liat Bugis Village, tempat belanja murah meriah yang buka mulai sore ampe sekitar jam 10 malem. Di sana jual semuanya deh; sepatu, tas, kaos, souvenirs, jam tangan, dan all the street food nya Spore. Kalo mau beli oleh-oleh murah meriah, Bugis Village ini tempatnya. Letaknya deket banget dari Bugis MRT station, cukup ambil exit ke Victoria Street, nyebrang sekali aja, dan kita akan langsung sampe di Bugis Village.

17-08-06
Bangun pagi, bikin roti keju untuk sarapan, jam 7 pagi langsung pergi ke Lavender MRT station. Hari ini jadwalnya kita mau naik bis ke KL...

19-08-06
Kereta Api Senandung Malam yang membawa kita dari KL nyampe jam 8 pagi di Spore. Kita langsung antri taxi, dan minta dianterin kembali ke NSS hotel di Rochor Road. Cuman sekitar 8 menit kita udah kembali ke hotel, tapi sayangnya kamar kita belum siap (iya kali, official check in time kan jam 2 p.m). Tapi mereka bolehin kita istirahat di lobby lantai 3 yang ada kitchen nya, jadi bisa sekalian sarapan dulu. Dan bener aja kita sempetin mandi dan sarapan dulu. Udah istirahat bentar, kita langsung pergi lagi, kali ini kita mau ke Little India.

Berhubung kaki udah pegel banget, kita cuman berhasil jalan dari hotel ke bus stop di Bugis Village. Di bus stop kita liat ga ada bus yang pergi ke Serangoon Road tempatnya Little India itu. Akhirnya kita pake taxi aja ke sana. Kayanya udah breaking my rule deh jalan-jalan pake taxi. Gpp deh, kan kali ini with my parents, kasian kalo mereka cape (alesan mulu ya..). Taxi nya murah, cuman S$4, dan kita dianterin sampe depannya Serangoon Plaza.

Di Serangoon Road ini berjejer toko-toko yang jual barang-barang India, dari mulai kalung, gelang, Hena, baju, makanan, sampe bunga-bunga khas India deh. Ada 2 mall besar yang selalu jadi incaran untuk shopping namely Serangoon Plaza dan Mustafa Center. Kita milih pergi ke Serangoon Plaza aja, karena tempatnya lebih nyaman, ga terlalu berdesakan. Kalo di Mustafa Center, terlalu banyak orang, jadi ga enak mau belanjanya. Kedua shopping mall ini buka 24 jam, belum pernah sih belanja malem-malem jadi ga tau kaya apa suasananya.

My mom sibuk di lantai 3 tempatnya toiletries. My paps belanja perlengkapan olahraga. Ga kerasa udah 2 jam di sana, dan udah masuk waktu makan siang. Kita keluar Serangoon plaza dulu untuk makan. My parents dan rene milih makan nasi briyani, sementara kita nyoba doosai. Rasanya kaya crepes gitu, ga kenyang deh pokoknya. Hehe.. Tapi karena maksud hati mau makan roti prata, jadilah nyobain doosai.

Berhubung belum kenyang, pas my parents kembali ke Serangoon Plaza untuk meneruskan belanja, kita keukeuh aja nyari roti prata (yang belum pernah makan prata, bentuknya sama dengan roti canai yang banyak dijumpai di restoran khas aceh atau medan mungkin ya. Dimakan ama bumbu kari dengan rempah khas India..mmm..jadi pengen!) Ternyata prata baru ada lagi nanti jam 4 sore, ga tau kenapa. Ya udah, untuk pelipur lara, kita makan chapati plus indian fried chicken. Trust me it’s even better than KFC loo....wuuiih enak banget ayamnya!

Puas belanja, kita kembali pake taksi untuk pulang ke hotel. Kali ini our rooms udah ready, jadi kita kembali ke kamar untuk istirahat sejenak.

Sore-sore udara cerah tapi ga panas, kita pergi foto-foto ke area Parliament House dan Boat Quay, diterusin jalan kea rah Fullerton hotel, dan tentunya nyebrang ke Merlion. Foto-foto dengan 2 maskot spore yang paling beken saat ini; esplanade (gedung durian) dan merlion.

Yang paling membahagiakan, ada yang jualan sate di River Bay nya, letaknya di bawah jembatan menuju Merlion. Pas new year’s eve ’04 emang kita pernah liat ada yang jualan makanan di sini, tapi pas taun lalu ke sana ga ada. Makanya seneng banget ngeliat yang jualan satay ayam, dan berhubung udah cita-cita pengen makan satay, langsung deh makan dulu. Kalo mau makan satay, enaknya memang ke Lau Pa Sat, di sana banyak sekali tukang sate nya. Rasa satay nya lain dengan di indo. Ga tau knapa rasanya lebih enak di spore, walopun harganya cukup mahal 10 tusuk S$6!

Selesai acara makan sore dan foto-foto, kita melanjutkan acara jalan jalan ke Suntec City. Dari bus stop depan Fullerton, kita naik bis SBS 10, dan hanya 2 bus stops away, kita udah allight lagi karena udah nyampe tepat di depan Suntec. Tinggal naik jembatan penyebrangan, kita udah langsung masuk mall. Di Suntec ini yang paling terkenal magical laser show di fountain of wealth (free of charge of course), kita nyempetin liat laser show nya juga kmaren. Laser show nya ada tiap jam, sekali show durasinya cuman 5-10 menit.
Terus kalo toko-toko di dalemnya sendiri cukup lengkap, Carrefour juga ada di sini, terus Charles & Keith juga ada, lagi sale pula jadi harganya very tempting! Ga kerasa udah jam 9, dan toko-toko udah mulai tutup. Kita naik bis lagi SBS 170 yang masuk ke dalam Suntec mall nya, dan hanya 1 bus stop kita udah sampe di taman depan hotel lagi. Kalo malem-malem di spore kita ga mau pake taxi, karena ada extra charge S$5 tiap kali jalan. Jadi nanti taxi fare nya ditambah S$5 walopun ongkos kita misalnya cuman S$3, rugi kan.
Balik lagi ke hotel, dinner di KFC Bugis dulu karena restoran muslimnya udah tutup, dan akhirnya istirahat deh.. Well, it’s our last night in singapore kali ini.

20-08-06
Hari ini kita musti pulang lagi, ngejer pesawat jam 13.25 dari Batam. Bye-bye spore....

updated:
You may download our ebook travel on Singapore for FREE (written in Bahasa Indonesia) here