Bitter Ballen

Makanan cemilan yang paling saya suka di antaranya Bitter Ballen, kudapan yang pas untuk minum teh sore dan kalo ga salah sih asalnya dari Belanda (kalo diliat dari bahasa sih ‘bitter’ itu pait, dan ballen itu ‘bola’ tapi kayanya ga mungkin ya, masa bola pait? Mungkin karena makannya pake mustard yg rada pait ya? Tar deh cari lagi di kamusnya).
Nah, cuman untuk beli bitter ballen, selain harga dan ukurannya ga sesuai (kecil tapi mahal), juga susah di dapet. Last weekend kita nyoba deh bikin sendiri di rumah, ini juga berhubung rene pernah nyoba makan yang buatan my aunty dan dia doyan banget.

Searching resep di keluarga nugraha , dapet nih resep bitter ballen, dan kita langsung belanja bahan-bahan. Kita lumayan banyak belanjanya karena terus terang aja nih, di rumah mana ada tepung terigu, tepung panir, pala, mustard, wah ga mungkin banget deh. Kita juga ga punya parutan keju, jadi sekalian beli. Emang nih modal untuk bikinnya lumayan juga. Tapi gpp demi pengalaman, kita berkorban.

Mulai deh kita masak, pertama tumis bawang putih ama bawang bombay, terus dimasukin bahan-bahan lain, rene bantuin ngaduk, sampai adonan jadi, terus kita bentuk bulat-bulat kecil seperti ballen. Dapetnya banyak banget! Lebih kali dari 50 bola (tapi emang tergantung ukurannya sih ya). Ga masalah, tinggal simpen aja di kulkas, dan suatu saat pengen, tinggal kasih tepung panir lagi dan digoreng deh.

Wah akhirnya ada makanan home made juga nih yang masuk ke tesyas blog. Sebenernya secara hobby sih kita suka banget masak. Kayanya amazing aja dari bahan mentah bisa jadi makanan enak gitu. Masak sehari-hari di rumah mah yg gampang aja, dan itu juga biasanya pas weekend (untungnya suamiku ga protes walau menu dari minggu ke minggu seringkali berulang:p)Tapi kalo bikin kue-kue gini mah terus terang aja jarang (baca: hampir ga pernah). Kalo kue nya kita ga suka-suka banget, pasti males deh bikinnya. Tapi ternyata resep ini gampang banget, ayo cobain…dan rasain enaknya makan bitter balen dicolek mustard!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...