5 Pilihan Penginapan Untuk Liburan Keluarga di Yogyakarta


Saat merencanakan liburan bersama keluarga, kegiatan yang paling saya suka adalah memilih penginapan. Apalagi untuk kota wisata seperti Yogyakarta, yang dalam hitungan bulan banyak sekali akomodasi baru yang muncul.

Jika sudah terlalu banyak pilihan, dua hal utama yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih penginapan adalah lokasi dan bujet liburan. Kota Yogyakarta seperti teman-teman ketahui memiliki berbagai atraksi wisata menarik, tempat ngopi asyik, dan beragam kuliner dengan harga terjangkau. Namun kendalanya adalah jarak dan kemacetan di Kota Yogyakarta, terutama saat musim liburan.

Untuk itu, saya akan merangkum dan menulis review singkat mengenai beberapa akomodasi pilihan kami, dari hotel di tengah kota hingga villa yang berada di luar Yogyakarta.


Omah Kemala, sebuah villa di Wonosari, Gunung Kidul


1. Hotel Tentrem Yogyakarta

Hotel Tentrem yang berlokasi di dekat Tugu Yogyakarta, merupakan hotel yang cocok untuk keluarga karena kamarnya luas dan jika memilih twin room, kita akan mendapatkan kamar dengan dua buah queen bed. Jangan lupa untuk memesan kamar dengan sarapan, karena sarapan yang disediakan menurut saya sangat istimewa. 

Hal lain yang saya suka adalah  playground yang berada di dekat kolam renang. Sejauh ini, merupakan playground terbaik yang pernah saya lihat di hotel bintang lima. 

Harga kamar per malam sekitar Rp 2 juta, dan menjadi lebih mahal saat musim liburan. Jika teman-teman berlibur ke Yogyakarta bukan pada musim liburan dan mendapatkan harga yang menarik di Hotel Tentrem, coba menginap di sana, and you will love it :)

Kolam renang di Hotel Tentrem



2. Villa Sunset Yogyakarta - Bantul

Pada awalnya, saya memilih menginap di Villa Sunset Yogyakarta karena tertarik setelah menonton film AADC2, yang mengambil lokasi shooting di Villa Sunset. Namun setelah menginap di sana, kami jatuh cinta dengan villa bergaya Mediterania ini. 

Terdapat tiga bangunan terpisah di villa ini; dua bangunan merupakan kamar, dan satu bangunan yang menjadi bagian favorit kami yaitu dapur dan ruang makan. Pada pagi hari, pemilik villa mengirimkan paket nasi goreng lezat yang kami nikmati bersama keluarga sebelum kami berenang.

Lokasinya memang agak di luar Yogyakarta, namun banyak makanan yang bisa dikirim ke Villa Sunset, nampaknya pemilik villa sudah bekerjasama dengan beberapa restoran di Yogyakarta. 

Harga menginap sekitar Rp 1,8 juta per malam untuk 4 orang. Jika teman-teman ingin mencoba, pastikan untuk memesan jauh hari, karena Villa Sunset Yogyakarta merupakan salah satu akomodasi favorit yang selalu fully booked, khususnya di akhir pekan dan musim liburan.

Menikmati sore di Villa Sunset Yogyakarta


3. Omah Kemala - Wonosari

Berencana melakukan cave tubing bersama keluarga ataupun teman di Goa Pindul? Salah satu pilihan penginapan yang dekat dengan Goa Pindul dan bisa menampung hingga 8 orang adalah Omah Kemala

Di Omah Kemala, kita dapat merasakan suasana menginap di rumah  tradisional yang disebut "limasan", dengan campuran design modern. Omah Kemala disewakan sekitar Rp 1 juta per malam saat musim liburan, untuk 8 orang. Sangat terjangkau ya, dan harga tersebut sudah termasuk makan pagi.  

Wisata Cave Tubing di Goa Pindul bisa sangat penuh saat musim liburan. Saran saya, datanglah pagi hari ke Goa Pindul. Dan salah satu keuntungan menginap dekat dengan Goa Pindul adalah kita menjadi orang pertama yang melakukan cave tubing, tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lain.

Selain itu, jika berencana meng-explore wilayah pantai di Gunung Kidul, seperti Pantai Baron, sangat ideal untuk menginap di daerah Wonosari, karena jarak tempuhnya hanya sekitar satu jam. 

Living room di Omah Kemala



4. Gallery Prawirotaman Yogyakarta

Ingin menginap di Jalan Prawirotaman yang dipenuhi cafe dan restoran yang sedang hits saat ini? Banyak penginapan yang ada di Jalan Prawirotaman dan pilihan saya jatuh pada Gallery Prawirotaman Hotel.

Dari hotel, kami jalan kaki membeli gelato yang sangat terkenal di Yogyakarta yaitu Tempo Gelato, juga membeli roti hangat yang baru keluar dari oven di Via Via Artisan Bakery. Untuk makan malam, kami jalan kaki ke restoran Italia terbaik di Yogyakarta yaitu Mediterrania di Jalan Tirtodipuran. 

Harga per malam sekitar Rp 800 ribu sudah termasuk sarapan untuk dua orang. Saat menginap di sini, kami memesan twin room, dengan kamar yang cukup luas untuk dua dewasa dan dua anak.

View dari kamar kami di Gallery Prawirotaman Hotel





5. Lokal Hotel & Restaurant

Salah satu pilihan hotel untuk keluarga di Yogyakarta dengan design loft room adalah Lokal Hotel & Restaurant. Ranjang tersedia di atas, sementara itu di lantai bawah merupakan living room yang terdiri dari sofa dan tv.

Lokal juga terkenal dengan restoran yang menyajikan makanan enak dan desain yang cantik. Jika menginap di Lokal Hotel, tamu bisa menikmati makan pagi di Lokal Restaurant.

Harga kamar Loft Room di Lokal Hotel sekitar Rp 1,2 juta per malam. Jangan lupa minta kamar yang berada di lantai dasar, agar kita bisa langsung menikmati kolam renang yang ada di sana.

Lantai satu merupakan ruang untuk berkumpul bersama keluarga
Di lantai 2 pun tersedia TV
 



Memesan Akomodasi Di Yogyakarta: Pergunakan Opsi "Pay at Hotel" 

Setelah melihat beberapa rekomendasi hotel di Yogyakarta dan sekitarnya, saatnya teman-teman memutuskan hotel mana yang paling sesuai dengan itinerary dan budget. Masih ragu dengan pilihan hotel yang ada?

Fitur "Pay at Hotel" mungkin bisa menjadi opsi saat melakukan pemesanan kamar hotel. Traveloka kini menyediakan opsi ini untuk membuat traveler lebih flexible dalam pemesanan hotel. Teman-teman bisa memesan hotel jauh-jauh hari, dan tetap memiliki waktu untuk menabung biaya penginapan, karena pembayaran dilakukan setelah menginap.

Sebagai family traveler, saya sangat sering menggunakan opsi "Pay at Hotel". Salah satu alasan utama saya adalah, dengan pilihan pembayaran setelah check-in, saya bisa membatalkan hotel jika anak sakit dan kami terpaksa harus membatalkan rencana perjalanan. Namun ada beberapa catatan penting yang ingin saya share mengenai "Pay at Hotel" ini:


- Cara Mengetahui Apakah Hotel Termasuk ke Dalam Daftar "Pay at Hotel"

Pada situs maupun aplikasi Traveloka di smartphone, setelah memilih kota tujuan dan tanggal menginap, jangan lupa untuk memilih "Pay at Hotel". Traveloka akan mengeluarkan daftar hotel yang bisa dipilih.

Soalnya, saat ini belum semua hotel menyediakan opsi ini. Sementara, hotel yang berpartisipasi akan memiliki catatan "Pay at Hotel available" di bawah bagian penilaian tamu.




- Siapkan Kartu Kredit Sebagai Jaminan Kamar

Untuk menggunakan fitur "Pay at Hotel", teman-teman harus memiliki kartu kredit yang akan digunakan sebagai jaminan pemesanan kamar hotel. Kartu kredit tidak akan di charge saat melakukan pemesanan, namun hanya akan dilakukan verifikasi oleh pihak hotel.

Pembayaran tetap dilakukan saat check-in. Metode pembayaran kamar hotel bergantung kepada kebijakan hotel, bisa menggunakan kartu kredit/debit ataupun tunai.


- Pilihlah Kondisi Pemesanan yang "Free Cancelation"

Jika ingin mendapatkan keuntungan dari fitur ini, kita harus teliti dalam memilih. Jangan sampai salah pilih ya, pilihlah hotel dengan kondisi pemesanan "Free Cancelation". Dengan begitu, jika kita terpaksa membatalkan pemesanan, tidak ada biaya pembatalan yang akan dikenakan.

Saat ini pembatalan hotel hanya bisa dilakukan melalui CS Traveloka, semoga segera bisa dilakukan melalui website ataupun aplikasinya.





- Perbedaan Harga Kamar Hotel Dengan Opsi "Pay at Hotel"

Awalnya saya pikir semua kamar hotel yang masuk ke dalam daftar "Pay at Hotel", pasti disewakan dengan harga yang lebih mahal. Namun ternyata, ada juga kamar hotel yang harganya sama. Bahkan dengan harga yang sama, poin Traveloka yang diberikan signifikan perbedaannya.

Wah untungnya triple donk ya. Bayarnya setelah menginap, harganya sama dengan kamar lain, dan point dari Traveloka pun lebih besar untuk tipe kamar "Pay at Hotel" ini :)





Namun karena masalah lokasi, saya ingin mencoba menginap di Hotel Horison Yogyakarta. Dan setelah saya lihat, perbedaan harganya pun tidak signifikan antara kamar yang dibayar saat pemesanan dan kamar yang dibayar nanti setelah menginap. Karena itu saya tetap memilih kamar dengan opsi "Pay at Hotel".








- Perhatikan Batas Akhir Pembatalan Pesanan Kamar

Hal ini sangat penting, jangan sampai lupa batas akhir pembatalan kamar yang tercantum dalam halaman pembayaran. Pada gambar di bawah ini, tanggal terakhir pembatalan pesanan adalah tanggal 27 Maret 2018.

Semoga beberapa catatan ini bisa membantu teman-teman yang ingin mencoba fitur "Pay at Hotel" di Traveloka ya.

Catat tanggal terakhir kita bisa membatalkan pesanan ya!


***

Selalu menyenangkan kembali ke Yogyakarta, beberapa bulan saja tidak kembali, rasanya sangat rindu. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman untuk memilih hotel yang cocok untuk liburan dengan keluarga tercinta di Yogyakarta.



Written on March 26, 2018
Follow our twitter & Instagram: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog

See our video on youtube: Tesya Sophianti

4 comments:

  1. Aku selama ke Joga belum pernah nginap di Prawirotaman itu mba Tesya.. Pingin juga deh nginap daerah sana yg banyak kafe2 lucunya, ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak Dita di Prawirotaman, karena banyak coffee shopnya, dan kemana-mana bisa jalan kaki :)

      Delete
  2. Hotel Tentrem sekarang makin famous ya setelah mr.Obama nginep disana.
    Aku sih belum pernah bermalam disana, cuma sempat makan siang di resto pinggir kolam renangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, makin famous ya.. Tapi memang asik nginep disana. Makan siangnya juga pasti asyik ya Mas :)

      Delete