Liburan ke Taipei: Satu Malam di Jiufen

Jiufen Old City adalah salah satu highlight jika kita mengunjungi Taipei. Lokasinya sekitar 1,5 jam dari Taipei, bisa ditempuh dengan menggunakan bus, ataupun perpaduan kereta+bus dari stasiun terdekatnya yaitu Ruifang.

Karena kami mengunjungi Houtong Cat Village sebelumnya, kami akhirnya naik taksi dari stasiun Ruifang menuju Jiufen. Kami tiba sekitar jam 4 sore, dan mendapati Jiufen sangat ramai.

Jalanan Jiufen yang ramai

Karena belajar dari kunjungan pertama kami tahun 2019 ke Jiufen, kami memutuskan menginap satu malam di Jiufen. Kayanya sih saya salah milih lokasi, karena hotelnya di atas Old City, sehingga kami harus naik dan turun ke jalanan penuh jajanan (dan orang) di Jiufen.

Nama hotel kami: H & Jiufen Longmen Hotel dan karena berada di atas, dari tempat makan view-nya sih cakep banget.

Enjoying our afternoon snack & tea

Hotelnya kecil, hanya ada beberapa kamar. Dari kamar sendiri tidak ada view-nya, yang dijual memang area resto dengan pemandangan indah. Mungkin teman-teman bisa memilih hotel yang lain, jika keberatan dengan lokasi hotel ini yang kalau jalan kaki cukup berat.

Ini dia hotelnya di "atas"

Lobi hotel

Tempat kami makan pagi

View dari tempat makan

Pagi hari berikutnya:
jalan kaki nanjak ke hotel

Setelah istirahat sebentar, kami pun cari kopi dulu di Juifen Old City. Waktu 2019 kami menemukan Chliv Coffeeshop, jadi kami ingin ke tempat yang sama. Sayang owner-nya yang ganteng saat itu tidak ada di tempat:D

Cakep kan coffeeshop-nya

Enak banget hot latte nya

View dari depan Chliv

Lalu kami pun jajan di Jiufen, dari mulai stinky tofu hingga berbagai seafood. Enak semua deh walaupun harus berdesakan di sepanjang jalan.

Yuk kita mulai mencari jajanan

Stinky tofu

Besok paginya kami jalan-jalan lagi, beda banget Jiufen Old Street-nya kalau pagi sepi enak deh hehe... Masih belum banyak toko yang buka, namun beberapa toko souvenirs udah buka. Jadi enak belanjanya masih sepi.

Enak sepi :)

Jadi kalau saya boleh kasih rekomendasi untuk yang ingin ke Jiufen, coba deh menginap semalam. Supaya bisa menikmati old street dalam keadaan sepi. Bandingkan dengan foto di bawah, saat sore:

Isinya manusia semua, sampai susah mau jalan

Selain jalanan penuh jajanan seperti foto di atas, Jiufen terkenal dengan suasana mistis seperti di film Ghibli, apalagi saat hujan. Di Jiufen juga ada teahouse yang terkenal yaitu Amei Tea House.

Perjalanan 1,5 jam dari Taipei ke Jiufen menurut saya sangat worth it. Jadi jangan lewatkan Jiufen ya, kalau teman-teman ke Taipei.

written on March 31, 2024

Follow our instagram @tesyasblog for updates on our travel journey. And also see our IGS highlight named Taipei, Jiufen & Houtong.