Mencari Connecting Flight dari Melbourne

Jadi anda sudah membaca posting kami tentang mencari ticket pesawat ke Australia kan? Nah ayo kita teruskan cerita mencari ticket dari Melbourne.

Jetstar dari Melbourne ke Tasmania

Ticket Melbourne ke Sydney

Karena tujuan kami ke Australia memang untuk menikmati pesta kembang api Sydney pada New Years Eve 2012, segera setelah membeli ticket Jakarta-Melbourne, kami mencari ticket lanjutan Melbourne-Sydney (hunting kami lakukan bulan Juni 2012). Dan kala itu kami langsung riang gembira karena ticket Jetstar sedang promo. Ticket pada tgl yang kami inginkan yaitu 28 Desember 2012 harganya AUD 39 one way! Tapi anda harus menambahkan budget untuk Sita Bus dari Melbourne ke Avalon airport dengan harga AUD 20 one way per person. Mahalnya!  

Oya kami juga sempat konsultasi dengan teman kami Okky dan Martin mengenai hari yang harus kami atur antara Melbourne dan Sydney. Dari Okky, kami disarankan untuk spend more days di Sydney karena kotanya lebih banyak memiliki atraksi untuk turis. Sementara dari Martin kami disarankan untuk sekalian liburan ke Tasmania. Baiklah, mungkin kami sudah salah tanya orang:p


Ticket Melbourne ke Tasmania

Rene pun mengajak saya untuk mengunjungi Tasmania, dan terus terang saya tidak pernah tau selama ini ada pulau bernama Tasmania (saya pikir Taz itu cuman teman nya Tweety aja loh!). Mulailah saya googling mengenai Tasmania, dan jatuh hati ketika melihat jajaran perahu di Hobart, apalagi ketika melihat Coles Bay di Freycinet National Park. Silahkan melihat link yang saya berikan untuk racun liburan anda berikutnya hehe..

Untuk mengunjungi Tasmania dari Melbourne, kita bisa naik Ferry yang berangkat malam hari bernama Spirit of Tasmania, ataupun dengan naik pesawat. Namun setelah kami lihat harga ferry ke Tasmania, lamanya perjalanan (satu malam), juga review dari Tripadvisor yang negative tentang perjalanan ferry dari Melbourne ke Tasmania, kami lebih memilih menggunakan pesawat yang hanya 45 menit.

Setelah melakukan riset apa saja yang akan dilakukan disana, kami memutuskan untuk pergi dari Melbourne ke Hobart, sewa mobil untuk mengeliling Tasmania, dan kembali dari Launceston ke Melbourne. Ada dua national park yang menurut kami wajib dikunjungi, yaitu Freycinet National Park dan Cradle Mountain

Waktu yang ideal adalah 5 hari untuk menikmati keduanya. Sedangkan karena kami sudah terlebih dulu membeli ticket ke Sydney pada tgl 28 Des, artinya kami hanya punya 6 hari untuk Melbourne dan Tasmania. Dengan nekad kami putuskan hanya spend 3 hari di Tasmania, karena bagaimanapun kami juga ingin menikmati Melbourne (not too mention tgl 26 Des kami sudah harus kembali ke Melbourne untuk boxing day:p).

Sayangnya tidak ada ticket promo dari Melbourne ke Tasmania untuk ahir tahun, kami pun harus rela dengan harga AUD 89 per orang sekali jalan. Belum lagi pembelian ticket ini jauh sebelum visa kami di approve, jadi ini memang gambling tingkat tinggi:p

Kesalahan terbesar kami dalam planning liburan kali ini adalah pembelian ticket Melbourne-Sydney. Setelah apa yang kami lalui, dapat kami sarankan rute terbaik seharusnya : Melbourne-Tasmania-Sydney (tidak seperti kami yang akhirnya bolak-balik). Ahh tapi ya sudahlah, memang sebelumnya kami tidak pernah planning ke Tasmania, jadi ini konsekuensinya. Pembelajaran untuk kami better travel begings with better planning hehe..

written on December 2, 2012 by @tesyasblog

Download ebook travel gratis tesyasblog "Pieces of Melbourne" di link ini ya.


Next Post:
Itinerary 12 Hari di Australia

Previous Post:
Tiket Pesawat ke Australia

8 comments:

  1. Kayaknya Tasmania emang suka dijadiin destinasi stlh Melbourne ya. Dulu ktemu ama temen sekamar yang rutenya Syd - Mel - Tas. Ga kepikiran dulu mau ke Tasmania sgala, soalnya mau enjoy Syd and Mel duluan haha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah kedua kota Melb dan Syd, saya sih prefer Tasmania ya, pemandangannya lebih impressive:)

      Delete
  2. Mbak Tesya , di Tasmania kalau sewa mobil nya di Hobart bisa dibalikin di Launceston ya ? lagi corat coret bikin Iten ( padahal Visa nya blm ada kabar he he he ) Thanks - Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nurul bisa banget kaya gitu. Oya, coba sewa campervan aja, lebih asyik kayanya karena disini kan belum ada. Coba deh baca pengalaman the emak ini, dijamin ngiler hehehe: http://www.thetravelingprecils.com/2012/10/keliling-australia-dengan-campervan.html

      Aku sayangnya pergi pas peak season, jadi ga bisa sewa karena ada min nya 10 hari (: huhuhu ...

      Delete
  3. Mbak Tesya , setelah Visa ku granted ( Alhamdulilah yaaaa ) aku bolak balik baca blog mbak khususnya Tasmania he he he racun mbak betul2 mujarab bikin aku tambah ngiler ....... Saya ada waktu 5 hari di sana lagi pikir2 efektif nggak kalau selama itu sewa mobil ? karena maunya 2 hari stay di Cradle Mountain sedangkan klu hiking-trekking mobil nggak kepakai kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nurul, hahaha itu bukan racun, tapi Tasmania emang keren kok :)

      Nah memang nanti mobil ga kepakai kalau trecking, tapi perlu dipikirin dari airport ke Cradle Mountain nya pake apa? Dan pulang dari Cradle Mountain naik apa? Paling opsinya kalau mau ikut tour kalo ga mau sewa mobil, sama aja mahalnya.

      Kalo menurut aku sih relain aja itu mobil nganggur, demi ga susah pergi dan pulangnya. Disana tuh sepi..kalo ga ada mobil nanti bingung.

      Delete
  4. Thank you mbak buat pencerahannya , makin semangat 45 deh ! , rencana sih amblil flight Melbourne-Launceston trus stay 1 mlm , Launceston-Cradle M.stay 2 mlm terakhir Cradle-Hobart stay 1 malam sblm balik Hobart-Sydney di hari berikutnya . Gimana mbak nggak bolak balik kan ? trus sewa mobil ribet nggak ? maksudku di tanya macem2 nggak ? selain SIM + terjemahan apa diminta copy paspor juga ? Maaf ya mbak nanya-nya segerobak ha ha ha ........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nurul..

      Di Launceston wajib ke Cataract George Reserve ya, it's so beautiful and peaceful. Sama nongkrong di tepi sungai nya itu indah banget...

      Udah ok sih rutenya. Cuman masa kamu ga ngunjungin Wineglass Bay? Sebetulnya bisa loh kalau mau di Cradle Mountain semalam aja. Hehe..racuuun..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...