Itinerary 12 hari di Australia

Sesungguhnya salah satu hal yang saya suka dari planning suatu liburan adalah membuat itinerary, karena kegiatan ini banyak menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang tempat yang akan kami tuju. Saya juga senang membantu teman membuat itinerary, karena dengan begitu saya selalu update dengan tujuan wisata. 

Membuat itinerary 12 hari ke Australia sungguh tidak mudah, apalagi bagi saya yang belum pernah menginjakan kaki ke sana. Ditambah lagi rene yang pasrah menyerahkan itinerary kepada saya, bagian dia adalah menyediakan gadget lengkap dengan aplikasi Tripadvisor Sydney dan Melbourne untuk memudahkan saya melakukan riset:p 


Bersepeda melintasi jembatan ini was not included in our itinerary:p

Day 1: Perjalanan Jakarta - Melbourne

Day 2: Tiba di Melbourne Tullamarine Airport
Nah di Tripadvisor saya menemukan cara murah dari Melbourne Tullamarine airport ke city. Namun butuh effort dan juga waktu yang lebih. Jika menggunakan skybus, one way ticket mencapai AUD 17 per orang. Jika menggunakan bis umum kemudian kereta, biayanya adalah AUD 6 per orang. Bus stop nya terletak dekat T4, di seberang Toll Dnata Building. Dari sana naik bus 901 ke Boardmeadows Station, kemudian naik train ke Flinders St. Laporan selengkapnya silahkan baca disini ya.. Semoga membantu.

Hari pertama di Melbourne agenda kami adalah: Queens Victoria Market, Shrine of Remembrance, Royal Botanical Garden, kemudian kami akan menghabiskan malam di Docklands.

Day 3: Hobart, Tasmania
Pagi hari kami akan berangkat ke Hobart menggunakan Jetstar. Hari pertama di Hobart kami tidak sewa mobil, jadi kami akan sewa sepeda untuk keliling kota (www.hobartbikehire.com.au) Pergi ke Battery Point, lunch fish and chips di Flippers, makan ice cream di Vahala ice cream (wajib!). Dan jika teman kami berhasil pinjam mobil, kami akan pergi ke Mt.Wellington lookout for the stunning view.

Day 4: Freycinet National Park, Tasmania
Kami sudah sewa mobil untuk day 4 melalui www.thrifty.com. Kami sewa pada bulan Juni 2012, harganya sekitar AUD 35 belum termasuk GPS. Tapi kami salah karena tidak sewa dari airport Hobart, jadilah hari pertama kami tidak ada kendaraan. Ketika kami coba cari kendaraan di bulan Nov 2012, harganya menjadi AUD 100 per hari! Oh tidaaak..! Sangat disarankan untuk reserve jauh hari, terutama untuk liburan high season seperti kami.

Jarak temput dari Hobart ke Freycinet itu 2,5 jam, jadi kami akan tiba sekitar jam 1. Dan melakukan (sedikit) hiking untuk sampai ke Wineglass Bay lookout, bahkan rencananya sih kami ingin mencapai pantainya. Kami berencana meninggalkan Freycinet jam 6 sore dan melanjutkan perjalanan 2,5 jam ke Launceston. Karena semakin malam, kami akan share jalanan dengan wildlife (hiii serem). Kami juga sudah contact dengan hostel kami di Launceston, karena itu adalah malam natal, kami pastikan apakah bisa check-in di malam natal.

Day 5: Cradle Mountain
Pada hari natal, kami akan explore Cradle Mountain National Park. Nah masalahnya hingga hari ini kami belum dapat jawaban atas email kami yang menanyakan apakah park nya buka di hari natal. Haduh.

Day 6: Boxing Day di Melbourne
Karena rene menyerahkan sepenuhnya itinerary kepada saya, maka saya memastikan pada tgl 26 Des 2012 yaitu boxing day (dimana toko banyak discount:p) kami harus sudah kembali ke Melbourne hehe.. Kami akan berangkat dari Launceston Airport pagi hari, mengembalikan mobil di Launceston Airport, dan menggunakan Jetstar ke Melbourne.

Selain melakukan window shopping di area Collins Street, hari ke 6 rencana kami akan keliling Melbourne menggunakan sepeda. Kami menemukan website www.melbournebikeshare.com.au dimana dengan AUD 2,6 kami bisa menggunakan sepeda selama 30 menit free. Untuk memperpanjang kami membutuhkan jeda 5 menit, dan kembali naik sepeda for the next 30 minutes. Silahkan langsung cek web mereka ya. Kami berencana mengunjungi Parliament House, Fitzroy Garden, Treasury Building, dan saat sunset kami ingin mengunjungi St.Kilda.

Day 7: Great Ocean Road Tour Sunset Tour
Ini satu-satunya tour yang kami beli selama 12 hari di Australia. Entah niat atau kepepet, kami cari tour yang paling murah, akhirnya mendapatkan tour via www.oznettravel.com Great Ocean Road Sunset Tour yang normalnya berharga AUD 95, kami dapatkan seharga AUD 77,5 per orang. Yippii.. Oya kami memilih Oatway Discover Australia (Bunyip tours) untuk tour provider kami. Salah satu alasannya karena harganya yg miring, jika dibandingkan sunset tour lain, harganya AUD 120.

Day 8: Sydney
Tiba di Sydney, kami akan naik bis 400 menuju rumah teman kami yang akan menjadi tempat kami menginap. Kemudian kami akan pergi ke Paddy's Market,  makan siang di Sydney Fish Market, dan naik ferry ke Manly. Kemudian sore hari akan kami habiskan di sekitar Darling Harbour dan The Rocks. Jika memungkinkan kami juga ingin ke Sydney Botanical Garden

Day 9: Sydney
Pagi hari kami ingin menikmati sunrise di Bondi Beach, dan jalan kaki ke Cogee. Rute jalan ini sangat direkomendasikan di Tripadvisor. Jika sempat, kami ingin ke Paddington Market yang hanya buka di hari Sabtu, window shopping di QVB, dan sore hari kami kembali ingin ke Darling Harbour. Oya kabarnya setiap malam minggu ada fireworks di Daling Harbour. Yah anggap saja sebagai pemansan sebelum New Years Eve.

Day 10: Blue Mountain
Kami akan menggunakan fasilitas Family Fun Sunday karena kami akan travel dengan keluarga teman kami yang membawa anaknya. Sore hari jika sempat, kami ingin kembali ke Darling Harbour:p atau menikmati sunset di La Perouse.

Day 11: New Years Eve
Nah ini kami masih menimbang-nimbang apakah akan menunggu dari pagi hingga midnight untuk mendapatkan spot terbaik dan gratis atau membeli ticket agar tidak perlu menunggu seharian. Tapi harga ticket yang aduhai itu sampai sekarang belum rela kami beli. Hiks!

Day 12: Kembali ke Jakarta
Pagi hari kami akan menggunakan Garuda dengan rute Sydney-Denpasar, transit di Denpasar kemudian lanjut Air Asia ke Bandung.

Semua ini adalah rencana kami, kami berdoa semoga Alloh berkenan atas rencana kami ini dengan memberikan rezeki kepada kami berupa umur dan kesehatan.. amiiiin.

Semoga itinerary kami dapat membantu anda melakukan planning liburan ke Australia (yang lebih baik dari kami tentunya).


written on December 3, 2012 by @tesyasblog


Download ebook travel gratis tesyasblog "Pieces of Melbourne" di link ini ya.


Next Post:
SIM Indonesia di Australia

Previous Post:
Mencari Connecting Flights dari Melbourne

Related Post:
Berapa Biaya Liburan ke Sydney?

28 comments:

  1. mba di melbourne nginepnya dimana? bole info?:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Julia, salam kenal ya..

      Saya dan suami inep di Greenhouse Backpacker Melbourne. Mba bisa intip review nya di tesyasblog, klik aja Label Melbourne ya.

      Happy planning:)

      Delete
  2. Hi Mba Tesya...
    mohon email dong itinerarynya ke qnoy_miring@yahoo.com
    terimakasih yah

    ReplyDelete
  3. halo mba tesya, mohon kirimin itinerary nya dong ke email saya, celinedonaceti@rocketmail.com. terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okei Celine, sudah aku email ya.

      Delete
  4. mba...apa kabar ? moga2 masih inget saya ya mba :) suami ngasih ijin buat berlibur ke australia, cuman bingung mau nyusun itin_nya... secara kami memang belum pernah kesana.. suami pengennya liburan yang anak2 bisa ngerasain ritme hidup orang sana (judulnya gak cuman masuk/keluar tempat wisata ajah)..kali aja mba ada referensi camp buat anak2 yang ok :).. _muftia_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...asyik mau ke Oz.
      Kalau waktunya panjang, bisa keliling aja Melb-Syd pake campervan. Terus nginepnya di Holiday Park. Wah itu sih liburan impian suamiku hehe.

      Aku lagi nyusun itinerary buat Des 2014 sama kiddos ke Sydney. Kami nginepnyadi rumah orang, deket pantai Coogee biar bisa lbh merasakan jadi orang lokal hehe.

      Terus kami rencananya roadtrip ke Newcastle, Port Stephens. Yg sekitar 2-3 jam dari Sydney.

      Kapan rencana berangkatnya?

      Delete
    2. Wahhh asyiknya jadi orang lokal, dulu saya pernah ngerasain jadi orang lokal di UK (summer school) rasanya tak terlupakan..makanya pengen gitu juga tapi bareng kiddos.

      Pengennya sih juli 2015, biar bisa liat salju juga.. Nanti share itinerynya ya mba...

      seruu deh baca cerita-ceritanya mba tesya :)

      Delete
    3. Wohoo udah ke UK ya, duh aku pengen, apalagi udah baca Kedai 1002 Mimpi #eh. Iya asyik Juli ke Snowy Mountain ya..

      Sip nanti aku share itin nya ya.. :)

      Delete
  5. Hi Mba Tesya...
    mohon email dong itinerarynya ke zachrull@yahoo.com
    terimakasih yah

    ReplyDelete
  6. hallo mbak..tolong kirim itinerarynya ke saya dong ke lljoannep@yahoo.com..ini mau siap2in dokumen untuk urus visa ke aussie nih..doain supaya visa di approve ya mba

    thanks banget buat sharingnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai udah aku email ya Kak itin nya..

      Delete
  7. Hi Mba Tesya... sy ada rencana ke melb-syd nih next year. bole emailkan itinerarynya ke tompel_dell@yahoo.co.id
    matur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mas, saya kirim ya itin nya..

      Delete
  8. Hello Mba Tesya, saya boleh minta tolong email itinerarynya ke jentine31@gmail.com, thanks bgt ya mba, Gbu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mba, okai udah aku sent ya..

      Delete
  9. Mau minta itin ny blh g y ke ryu1806@gmail.com mau nanya family fun sydney-bluemountain with kiddos...tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Mas, sila di cek emailnya ya

      Delete
  10. Hii mba tasya bisa minta contoh itinerary untuk melb ya kirim ke email mariaaleena82@yahoo.com,makasi sblmnya,aku ada rencana ke melb sydney di may or june

    ReplyDelete
  11. Hi mb tesya...aku ada plan mo ke sydney-melb akhir juli nanti, bisa minta tolong kirim email ke liapasha@gmail.com , thanks a lot mba

    ReplyDelete
  12. Hallo mbk tesya.. maaf ni sy mo sedikit curhat sekalian mo minta tolong,, saya barusan dpt kabar visa saya di tolak..:( uda 2 x loh mbk.. 2x2,5 jt.. uda 5 jt melayang tanpa hasil.. hiiks.. kolo boleh sy minta itinararynya dong mbk,, sama klo bisa apa aja data penunjang apa aja yang harus saya siapkan agar visa saya bisa di terima.. hhehe.. moga2 taon depan saya apply lg.. tolong ya mbk,, eeh iya email ke gabrielyohanes7@gmail.com.
    Makasih banyak loh mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku email ya itinerary-nya.
      Wah jangan patah semangat ya Mba, ayo coba lagi. Di buku kami, ditulis mengenai tips mengajukan visa Australia, selama ini kalau ditolak alasannya apa saja. Mba bisa meluncur ke Gramedia, nama bukunya Family Backpacking Australia ya.

      Delete
  13. hi mbk tesya bs tolong email itinerary ny ke helthiwee@gmail.com bingung nih nyari local tour disana.krn bgg cara byrnya via creditcard atau disana lgsg. n klo bs pick up dihotel ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah email ya, silahkan dicek..

      Delete
  14. hai mbak tesya, bisakah aku minta tolong itinerary yg ini dikirim ke email saya beserta dengan rincian biaya? maaf kalau merepotkan, saya membutuhkan rincian biayanya buat perbandingan aja sih mbak
    ini email saya : annisadewisp@gmail.com
    terimakasih ya mbak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...