Berapa Biaya Liburan ke Sydney?


Posting ini saya tulis untuk pembaca tesyasblog yang menempatkan Sydney sebagai lima besar dari travel bucketlist-nya. Sydney yang ketika mendengar namanya terkesan "mahal" (eh, bukan kesan aja sih, emang mahal!) dan mewah, ternyata bisa dinikmati dengan cara backpacking juga loh! 


It was a bright day at Darling Harbour:)


Tiket Pesawat Jakarta ke Sydney

Ini hal utama yang harus didapatkan jika merencanakan backpacking ke Sydney: tiket pesawat yang murah. Kami membeli tiket pada saat Air Asia X Sale bulan Oktober 2013, seharga Rp 8,7 juta untuk dua orang PP. Pas banget sih waktu kami lihat tanggal kalender, pada bulan Mei 2014 ada dua hari libur dalam satu minggu. Dan pada tanggal tersebut, ada Lights and Music Festival Vivid Sydney.

Desember 2012 ketika kami liburan ke Sydney untuk pertama kali, kami mendapatkan tiket Rp 6,5 juta pp per orang menggunakan Garuda Indonesia. Sekarang harga Garuda enggak pernah semurah itu lagi. Jadi walaupun harus lebih lama terbang dan transit di KL, kami rela deh:p


Penginapan Murah di Sydney

Harga kamar di dorm hostel, kurang lebih sama dengan dorm di Singapura. Apalagi kurs SGD dan AUD sekarang tidak terpaut jauh. Alokasi bujet untuk menginap di dorm sekitar Rp 500 ribu, per orang/ malam. Kami mencari private room di tengah kota Sydney dengan harga maksimal Rp 1 juta per malam. Setelah memilih cukup lama di booking.com, kami memilih City Hotel Sydney dan Big Hostel. 

Saya pikir, kereta menuju airport adalah dari Central station, karena itu pada malam terakhir saya mencari hostel di dekat Central station. Ternyata saya salah, naik kereta ke airport bisa langsung dari Central Business District, dimana City Hotel Sydney berada. Agak menyesal pindah dari City Hotel Sydney yang nyaman. Tapi at least, saya punya pengalaman menginap di hostel deh *menghibur diri


Big Hostel, lima menit dari Central Station

Simcard Untuk Internet di Sydney

Ini wajib buat kami, supaya bisa whatsapp dengan Oma dan Ma Iyang di Cibubur menanyakan tentang kiddos yang kali ini tidak kami ajak liburan. Kami membeli di airport dengan harga AUD 24.


Counter Vodafone di International Terminal


Biaya Makan dan Transportasi di Sydney


Untuk liburan kali ini, kami males banget masak di hostel. Kami mencoba beberapa restoran halal yang direkomendasikan teman kami @zaratulkhairi. Tapi tetep ya, kami hanya pesan satu porsi untuk berdua:D Selain supaya hemat, porsi makanan memang layak dibagi dua.

Biaya per hari untuk tiga kali makan berdua sekitar AUD 60. Kami budgetkan biaya per hari AUD 100 (dikali lima hari), sisanya adalah untuk membayar transportasi (tiket My Multi Weekly Zone 3), membeli souvenirs (termasuk tumbler Starbucks:D), dan  membeli kartu sim card.


Rekap Biaya Liburan 6 hari 5 Malam di Sydney

Kami pergi hari Selasa Malam, dan pulang Sabtu malam. Untuk menghemat bujet hotel, kami tidur dua malam di pesawat.

Berikut rekap bujet liburan kami di Sydney untuk dua orang :
Tiket pesawat: Rp 8,7 juta
Visa: Rp 3 juta
Airport Tax Soeta : Rp 300 ribu
Hotel (dan hostel) tiga malam: Rp 3 juta
Biaya harian di Sydney : AUD 500

Mahal? Hmm..bisa lebih hemat kalau mendapatkan tiket pesawat lebih murah, dan menekan biaya makan dan transportasi di Sydney. Biaya harian bisa aja hanya AUD 50 per hari untuk dua orang, dengan catatan masak sendiri di hostel dan banyak jalan kaki di Sydney.


Tips liburan hemat ke Sydney ala tesyasblog:

1. Sydney airport memiliki train menuju pusat kota. Namun tiketnya untuk kami sih mahal banget! Yaitu AUD 16,40 per orang, satu kali jalan. 
Mau tau transportasi paling murah dari Sydney International Airport ke city? Naiklah bus 400 terlebih dulu dari International Airport ke train station terdekat yaitu Mascot Station (AUD 3,60 per orang). Dari sana, baru lanjutkan naik kereta ke city (AUD 3,80 per orang). Baca cerita lengkapnya di link ini.

2. Jika berkunjung lebih dari lima hari, My Multi Weekly Zone 3 seharga AUD 63 is recommended. Mahal memang, tapi kartu ini merupakan magic card karena bisa dipergunakan secara unlimited untuk naik kereta sampai ke Blue Mountains, bus dan ferry. Sebetulnya saya dan Rene hanya punya 4 hari full di Sydney. Namun kami tidak mau ribet dengan sistem transportasi di Sydney yang belum secanggih Singapura. Kami harus memiliki My Multi Zone 1, 2 atau 3 yang digunakan untuk jarak berbeda. Jadi kami memutuskan membeli My Multi Zone 3 for our convenience.

3. Banyak yang dapat dinikmati secara gratis di Sydney. Kami masih ngiler naik Sydney Harbour Bridge atau Skywalk di Sydney Tower. Tapi coastal walk dari Coogee Beach ke Bondi Beach enggak kalah indah kok! Gratis lagi :)  


Semoga tulisan ini bisa memberikan gambaran bujet liburan yang harus disiapkan untuk mewujudkan mimpi berlibur ke Sydney. Travel begins with a dream.

***

Family Backpacking Australia

Tulisan tentang Sydney di tesyasblog dan tesyaskinderen, saya tulis secara rinci di buku Family Backpacking Australia. Even if you are not traveling with your family, buku ini tetap cocok untuk mempersiapkan liburan ke Sydney. Dapatkan di toko buku terdekat mulai Juli 2016 ya..







***
SYDNEY GIVE AWAY

Enggak kebagian postcards yang kami kirim dari Sydney?


Postcards untuk pembaca tesyasblog

Ada yang mau souvenirs lucu dari Sydney? Kami punya hadiah untuk lima pemenang. Syaratnya?
1. Tulis komen di bawah posting ini. Jawab pertanyaan ini, "Kalau kamu ke Sydney, kamu mau ngapain sih?" Sertakan nama twitter kamu ya. 
2. Follow twitter @tesyasblog
3. Like FB fanpage @tesyasblog

Periode kuis ini: 12 Juni sampai dengan 28 Juni 2014. Pengumuman pemenang hari Minggu tgl 29 Juni 2014. Yuk ikutan, satu dari souvenirs ini akan menjadi milik kamu :)



written on June 12, 2014 by @tesyasblog



Next Post:
Review of City Hotel Sydney


Related Post:
Liburan ke Melbourne
Liburan ke Sydney
Sydney With Kids
Liburan ke Tasmania
Liburan ke Perth

58 comments:

  1. Kalo saya ke Sydney, saya mau nonton fireworks pas new year's eve! Dari pagi mau nungguin di Mrs. Macquire's Chair biar dapet spot yang enak. Sekarang lagi cari-cari info dan baca blog orang biar lancar ngurus visanya dan sejauh ini blog Mbak Tesya bermanfaat banget karena udah cukup pengalaman ke Sydney!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ke sydney, sy jg mau kesana pas tahun baru, smua sdh oke, tgl berangkat aja, solo traveller ini :)

      Delete
    2. Wah asyik nya, selamat berlibur ya..nanti colek2 di twitter, siapa tau kita bisa ketemuan disana:)

      Delete
  2. Eeh ketinggalan twitternya :p Twitter saya yyykeyke, Mbak. Siapa tau menang dapet souvenir buat pancingan bisa nyusul ke Sydney, aamiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eky, wah mau liat fireworks di Sydney ya...trust me, beli aja deh tiketnya. Cape nunggu kaya aku di Botanical Garden hehehe *curcol. Iya amiiin semoga bisa segera mewujudkan impiannya ya.

      Delete
    2. budgetnya belum ada Mbak jadi sepertinya harus puas dengan yang gratisan hehehe. Biar puas emang harus gede juga pengorbanannya, terutama kalo nggak mau keluar uang lebih :p

      Delete
  3. wekssss 6 juta pp mahal juga yaaaa, kmrn temen ku terbang ke perth promo air asia cuman 1,5 jutaan PP trus lanjut ke keliling2 ngak sampai 5 jutaan untuk tiket nya. Tapi mmg beda kelas sech antara low budget ama premium hahaha.
    Aku pikir ke australia ngak begitu mahal tp ternyata mahal bingitsssss #mundurteratur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Cumi, kalo ke Perth iya murah, Bali-Perth Rp 1,4 juta PP buat Mei 2015 pas hari kejepit pula. Aku ke Sydney pake AA Kak, yg dulu itu pake Garuda karena telat belinya (buat periode akhir tahun, aku beli di Juni. Mustinya di Januari kalo mau murah). AA harganya udah sama aja waktu itu, jadilah pilih Garuda.

      Aku doakan Kak Cumi segera berangkatsss :)

      Delete
    2. saran aku sih coba ambil rute penerbangan dari Kuala Lumpur ke Sidney jauh lebih murah dibanding dari Bali atau Jakarta, Saya dapet tiket PP untuk rute KL-Sidney PP seharga 2,3juta. Kalo dari jakarta ke KL nya murah aj kan? bnyak promo, 300rb udah bisa PP ke KL

      Delete
    3. Hai Mba, thank you feedbacknya.
      Iya waktu liburan ke Sydney ini pun kami dari KL. Paling murah dapet tiket Rp 10,5 juta PP Sydney-KL untuk liburan akhir tahun Des 2014 yang lalu. Tapi ya namanya akhir tahun, Jakarta ke KL nya susah cari yang promo.

      Delete
  4. ohh...murah aja ternyata ya #Langsungpacking

    ReplyDelete
  5. aku tertarik ke Australia setelah nonton filmnya Raditya Dika, tapi setelah itu aku lupakan, karena gada budget :|
    beberapa tahun kemudian aku magang di universitas pertahanan Indonesia dan tau sedikit tentang IKAHAN (Ikatan Alumni Pertahanan Indonesia-Australia), tertarik dan inget lagi pengen kesana XD
    dan kalo aku ke sydney, aku pengen ke Paddy's market, belanja yg banyak ya kan siapa tau disini banyak peminat untuk dijual online, jadi mereka nggak perlu jauh-jauh ke Australia sana buat dapet merchandise atau souvenirnya karena Aku yang jual haahahhahahahaha :p
    sederhana banget ya Kak keinginannya?
    salam kenal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal ya...just visited your blog :)
      Wah ini businesswoman nih, kok kepikir ya jualan souvenirs Australia disini hahaha :D

      Delete
  6. kalo ke Sydney, aku mau ke darling harbour tapi pas deket2 christmas biar ada balon balon lucu kayak yang Kak Susan (pergidulu) post di instagram tahun lalu, trus mauu ke tarongga zoo aku kan fans nomor 1 nya Koala ahhahahaha

    @geretkoper

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh masa ada balon lucu kaya apa ya? Hmm nanti aku mau liat ah pas akhir tahun:D
      Daaan aku bermimpi bisa nonton Sydney Fireworks dari Taronga Zoo Mei, tapi mahal banget...

      Delete
  7. Waduh Mbak, kalau ditanya kalau ke Sydney mau ngapain saya terus terang bingung banget. Ngga pernah terbayang dalam benak pikiran selama ini, hehehehe... Yang pasti kalau saya bisa ke Sydney saya pasti akan berkeliling ke tempat2 yang indah dan menarik disana. Ya mungkin untuk saat ini saya berharap bisa dapat suvenir dari Sydneynya aja dulu. Insya Allah ada rejeki beneran bisa jalan ke Sydney, Aminnnn... Btw, salam kenal dari Blogger Borneo... :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dwi...salam kenal juga ya, dan thank you udah mampir. Iya amiin semoga segera bisa ke Sydney ya..

      Delete
  8. Mbak kami mau ke Sydney-Melbourne Agustus ini...bawa 2 anak 5 th dan 9 th mau minta itinerary mbak yang sama anak-anak email kemana ya?
    terima kasih

    Ade Butet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ade, email ke tesyas.blog@gmail.com ya. Thank you..

      Delete
  9. Lama nggak tenggok rumah kak Tesya, ternyata ada giveaway...asyik... ikutan ahh :-)
    Kalo ke Sydney, aku mau trekking naik ke atas Sydney Harbor trus makan seafood sepuasnya, ama nonton Sydney Vivid pastinya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Hal, asyik ada yg mau naik ke atas Sydney Harbour...duh aku masih belum kesampaian juga tuh..ga tahan mahalnya hehe..

      Delete
  10. citra junika23/6/14 12:26 AM

    kalau ke sidney, saya mau nonton ikan paus sambil ber-kayak dengan suami... secara duluuu, duluuuu bangeeett dia atlet arung jeram kampusnya..heuehheu.. bernostalgia ceritanya,, terus tdk lupa berfoto narsis di pantai bondi & sidney opera house.. #ahh asiknyaa menghayalll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih seru banget ikan paus sambil kayak:) Whale watching nya sayangnya enggak ada sepanjang tahun ya. Semoga tercapai impiannya Kak :)

      Delete
  11. Bu tesya.. I'm one of your blog fans..
    Ke Sidney salah satu must visit places di list saya..tapi belom kesampean..masih nunggu ticket superpromo..I wish someday bisa kesampean kesana..Amiin
    Klo ke Sidney, 3 highlight ittinerary saya klo kesana pastinya saya mau ngajak anak ke Wildlife sidney zoo biar bisa interaksi sama kanguru dan koala favoritnya.. poto-poto di sidney opera house dan shopping di paddys market
    Dan pastinya..nyoba public transport disana..selalu jadi favorit saya sambil berangan2 kapan ya jakarta bisa kayak gini..hihi..
    Mudah2an masih kebagian souvenirnya..
    Ditunggu cerita2 seru lainnya bu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bubu nya NamNam :) Salam kenal ya... aduh panggil aku Tesya aja kali hehehe...
      Wah ga mau ngajakin Nam nonton Sydney New Years Eve aja? Hehe... Thank you udah mampir ya :)

      Delete
    2. hihi iyaa..pasti seru yaa ngajak Nam new year eve di sana..cuma biasanya tahun baru pas peak season tuh..hehe..smoga someday bisa nyusul kesana ya

      Delete
  12. Pengen ke soundwave festivaaaaal, pengen ngerasain culture disana, bisa minta kontaknya mba buat nanya detail transport disana. Thanks ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooh apaan tuh? Silahkan email ke tesyas.blog@gmail.com ya

      Delete
  13. aihhh murah ternyata *sok banyak duit* haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mihihihi asyik banget, ayo Mas berangkat :)

      Delete
  14. Pengen solo traveller, tapi ga Ok bahasa inggris, di sana nanti mlongo doooonk,,, heemmmmzzzzzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp donk, kan bisa pake body language juga:)

      Delete
  15. Mba mau tanya, kalau pakai my multi zone 3 itu bisa ferry jg? Berarti bisa naik ferry gratis dari circular quay ke darling harbour ya?
    1 card my multi zone itu per satu orang atau bisa dipakai 2 orang sekaligus ya? Terimakasih banyak atas bantuan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, maaf aku baru balas. Unlimited ferry pake my multi zone 3 weekly yg aku beli itu. Setiap orang harus punya satu kartu, AUD63. Kalau mau beli kaya Ez-Link di Singapura ada namanya Opal Card. Tetep harus seorang satu kartu Opal.

      Delete
  16. Iya Mba, saya baru tau tentang opal card dari tulisan Mba juga. Senang banyak dapat referensi dari sini. terimakasih ya Mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, have fun planningnya ya.

      Delete
  17. Ternyata ada cara hemat juga yaa *berangkat ke sydney* :-D

    ReplyDelete
  18. Biaya liburan ke Australia memang bisa dihemat. Tapi untuk pengajuan visa menggunakan travel agent minimal tabungan harus 50jt, kalo sekeluarga harus menyiapkan tabungan ratusan juta. Ini dilema yang tinggal diluar Jakarta karena harus mengurus visa lewat travel agent :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh itu enggak benar banget kok Mbak. Yang penting bisa memperlihatkan kalau kita pasti akan kembali, visa pun di approve. Silahkan email saya kalau mau tanya ttg visa Oz ya Mbak.

      Delete
  19. mau jgak liburan,,,,kalau di totalkan habis brapa budjet nya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 juta seorang mungkin ya Mas, tergantung berapa hari di sana nya?

      Delete
  20. terima kasih sudah berbagi informasi..Tuhan memberkati

    ReplyDelete
  21. Selamat malam. Saya titi dari banjarmasin
    Mau tanya utk paket liburan ke aussie apa saya bisa tau dari mbaknya hehe. Krna saya baru pertama kali utk keluar negeri..
    Kalo ad info bsa hub no saya : 081349158889/ Line: titiasy_ mudah2an bisa membantu yaa!!❤️ Trimakasih :)

    ReplyDelete
  22. Email saya
    titi121196@gmail.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, ini yang kemarin email saya kan?

      Delete
  23. Halo Mbak saya mau nanya ttg pengurusan visa dong mbak..
    Sama yg lain-lainnya..
    Boleh minta emailnya?
    biar bisa banyak nanyanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Kak, ke tesyas.blog@gmail.com ya..

      Delete
  24. Aaaaaah! memang keren tau kalo berwisata ke Australia

    ReplyDelete
  25. Hi mba Tesya...kalau hanya transit sekitar 5 jaman di SYD, kira-kira tempat wisata apa yg bisa dikunjungi?
    Thanks :)

    ReplyDelete
  26. Mbak tesya, baca tulisan mbak, jd menguatkan niat ku u/ ke sidney bersama keluarga tercinta. Bisa minta tlg di email in ya mbak, ttg pembuatan visa Oz. Sama nanti aku ada mau tanya2 ttg hal lain jg. Makasih seblmnya ya mbak. eniyunus@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Eni, aku udah email ya.
      Jangan lupa dibeli juga buku kami Family Backpacking Australia, bisa membantu Mba planning liburan di Sydney.

      Delete
  27. Assalamu'alaikum..harga buku ny berapa mba..bisa online gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Mba, Rp 84 ribu harga bukunya sebelum diskon. Bisa dibeli di link ini ya =>

      http://www.gramedia.com/search/?q=tesya+sophianti+meriamhttp://www.gramedia.com/search/?q=tesya+sophianti+

      Delete
  28. Assalamualaikum mba saya dwi ..saya dpt liburan gratis ke sydney selama 3 minggu.sdah boking tiket pp nya juga.cuman gmna ngurus visa ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Dwi, lokasi dimana? Kalau di Jakarta bisa ke Kuningan City untuk apply. Kalau di luar Jakarta dan Bali, bisa dikirim via pos aplikasinya. Saya bahas caranya di buku Family Backpacking Australia ya Mas. Silahkan dibaca-baca.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...