SIM Indonesia di Australia

Karena kami berencana melakukan self drive di Tasmania, maka kami pun mencari informasi apakah SIM Indonesia dapat diakui di Australia. Sebetulnya jika ada cukup waktu (dan tentunya cukup cuti), kami bisa saja mengurus SIM Internasional di Korlantas Polri. Namun karena letak kantor kami yang dipinggir Jakarta, maka kami mencoba cara lain.

Karena rene yang akan mengemudikan kendaraan yang kami sewa selama kami di Tasmania, maka untuk urusan SIM ini saya serahkan ke rene. Rene mendapatkan info bahwa SIM Indonesia bisa dipakai dengan dilengkapi terjemahan dari Kedubes Indonesia di Australia. Tapi karena 12 hari itinerary di Australia kami yang super padat, rasanya tidak mungkin kami meluangkan waktu ke Kedubes hanya untuk minta terjemahan.

Rene akhirnya menemukan web overseas drivers dimana web ini memberikan informasi bahwa self drive di Australia dapat menggunakan:
- SIM Internasional dengan tetap membawa SIM Indonesia;
- menggunakan SIM Indonesia disertai dengan terjemahan yang sudah dilegalisir kedutaan atau pihak yang memiliki serifikasi NAATI atau AUSIT.


Our rented car in Tasmania

Proses googling dilanjutkan dengan mencari penerjemah certified NAATI Indonesia-Inggris. Dan akhirnya rene menemukan seorang warga Australia (tinggal di Australia), yang setelah berkomunikasi via email disepakati harganya AUD 35 termasuk ongkos kirim hardcopy terjemahan SIM ke alamat kami di Indonesia.

Kelebihan SIM Indonesia disertai terjemahan ini adalah masa berlakunya mengikuti SIM Indonesia, jadi jika anda berencana kembali ke Australia pada masa berlakunya SIM Indonesia anda, tidak perlu melakukan terjemahan ulang. Sedangkan SIM Internasional yang anda buat di Indonesia, hanya berlaku satu tahun, dan diperlakukan perpanjangan jika memang dibutuhkan.

Nah, tidak perlu bimbang dan ragu untuk melakukan self drive di Australia ya. Semoga posting ini bisa memberikan refensi untuk anda.


written on December 9, 2012 by @tesyasblog


Free dowload travel ebook by tesyasblog "Pieces of Melbourne" written in Bahasa Indonesia, could be download in this link.


18 comments:

  1. Walah gitu ya, kirain pakai SIM Indonesia aja bisa, dulu di NZ bisa sieh :(. Jadi mendingan pake terjemahan drpd SIM International ya?

    Boleh minta data penerjemah yang org Australia itu kah? Bulan Agustus mau ada road trip di Perth dan sktrnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di DM ya emailnya, abis ga tau dia mau di share di blog ini ga emailnya..

      Delete
  2. Hi Tesya boleh minta info nya juga penterjemah tersebut? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas or mba, boleh donk, boleh email aku ke tesyas.blog@gmail.com? Soalnya seperti aku bilang di atas, aku ga tau dia mau atau ga di share emailnya. Thanks ya..

      Delete
  3. Mbak Tesya , ada info ndak SIM kalau dilegalisir-kan di Kedutaan Indonesia di Canberra : waktu atau biaya-nya ? , Thanks - Nurul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nurul, ada thread di kaskus, silahkan baca: http://archive.kaskus.co.id/thread/2949407/0/ask--translation-sim-indonesia-in-english-buat-nyetir-di-sydney

      Tapi kenapa ga bikin SIM International aja? Skrg berlaku 3 tahun loh, jadi lebih untung:)

      Delete
  4. Bs diemail ke aku tika_ep@yahoo.com
    Alamat penerjemah yg utk sim

    Tx

    ReplyDelete
  5. Kalo untuk sim ccard d sana gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli Vodafone aja yg paket internet sekitar AUD 24 gitu. Waktu di Sydney, aku langsung beli pas di airport, counternya deket McD.

      Delete
  6. mba tesya bias share orang yg bisa translate tersebut, kalau berkenan share saya mau ke australia dan rencana nyetir sendiri
    email saya ( ahmadsujanasttm@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. halo mbak tesya, boleh minta info sworn translater untuk sim nya?? soalnya ni tgl 28 liburan ke ausie. liat2 blog kayaknya seru klo berkendaran sendiri. krn destinasi kmi Melbourne, Snowy Mountain, Sydney dan last di Gold Coast.
    terus bagusnya gmn ya? apakah rental mobil via online atau langsung di tempat?
    mohon bantuan infonya mbak.
    terimakasih banyak
    email ke saya info sworn translaternya ya
    abdillah.syukri@gmail.com

    ReplyDelete
  8. halo. Mau tanya dulu sewa mobil di company apa ya? Ada ketentuan untuk driving license dri company ga? Kbtulan aku mau road trip ke Aussie. Bikin sim international sih ga masalah. Masalahnya itu smua company yg aku liat, minta Driver dgn SIM lebih dri 1 thn. Suami aku sih pny SIM uda 7thn. Tapi kmrin dompetnya hilang. Jadi klo bikin SIM mau ga mau ga sampai 1 thn tulisannya. Pernah ada pengalaman gitu ga? Kira2 bisa ga ya? Aku email ke company nya n mereka suruh aku telp lgs ke office buat nanyain soal itu. Tapi kayanya ga mungkin bgt deh telp ke aussie dri sini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Stella, waktu suamiku 2012 Des itu mengurus terjemahan SIM, enggak pernah ada ketentuan min 1 tahun. Terakhir ke Perth Mei 2015 pun mereka enggak nanya apakah SIM di atas 1 tahun.

      Delete
  9. Mba stela boleh donk minta email untuk sworn tranlatornya saya ada rencana mau ke melb bulan augustus
    Yoki.hardian@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, mau minta alamat email ke saya atau ke Mba Stella? Kalau mau minta ke saya tlg email ke tesyas.blog@gmail.com ya.

      Delete
  10. Good day Mba Tesya ^^ boleh minta tolong website dan email orang lokal Australianya yang bisa membantu dibuatkan certified NAATI untuk SIM Indonesia Saya karena Saya dan keluarga berencana self driving tour keliling Tasmania, Melbourne, Sydney, dan Brisbane selama 2 minggu (terjemahan tersebut bisa dipakai di kota" tersebut kan?) hehehe Terima kasih sebelumnya, email Saya lita.melati@mail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. G'Day Mba Lita...
      Iya terjemahan bisa dipakai di kota-kota tsb, bahkan sampai dengan New Zealand kok.
      Aku udah email ya Mba Lita..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...