Mengajukan Visa Australia

Updated: Mengajukan Visa Australia Bulan Mei tahun 2014

Here we go again, saya dan suami, Rene, mengajukan visa sekali lagi ke kedutaan Australia. We took everything for granted: kami pikir syarat paspor berlaku minimal masih 6 bulan, dan kami pikir kantor AVAC masih di Plaza Asia Jalan Sudirman.

Ternyata oh ternyata....

Tulisan ini wajib dibaca oleh Anda yang hendak mengajukan visa Australia. Dan please don't make the same mistake like what we did:p

Apa saja yang berubah dari posting kami 2 tahun sebelumnya?


Syarat Minimal Paspor Berlaku 1 Tahun Untuk Mengajukan Visa Australia 

Kami berencana berangkat ke Sydney di minggu "cuti kejepit" akhir Mei 2014, untuk menikmati Festival Vivid Sydney. Nah, pas banget cuti kejepit dua hari itu bersamaan dengan periode Vivid Sydney yang sudah ada di bucketlist kami. Kebetulan juga kami mendapatkan tiket promo Air Asia Jakarta Sydney via Kuala Lumpur seharga Rp 4,3 juta nett pp (belum termasuk makan dan pilih kursi). 

Kami dengan PD akan apply visa di awal Mei, cukuplah kami pikir...selama-lamanya juga kan 14 hari kerja? 

Akhir bulan April, Rene iseng cek lagi syarat dokumen untuk mengajukan visa Australia. Ia kaget, dan segera mengajak saya untuk ikutan kaget. Maksudnya, Rene langsung whatsapp saya, "Tes, minimal paspor valid 1 tahun loh sekarang!" Dan paspor kami berdua hanya berlaku untuk 8 bulan ke depan!.

Panic attack!

Tgl 2 Mei kami perpanjang paspor secara online di Kanim Jakarta Pusat (saya akan cerita terpisah mengenai hal ini ya), paspor kami selesai tanggal 7 Mei. Kami sudah pasrah..kalau menghitung 14 hari kerja, visa baru akan keluar setelah tanggal yang tertera di tiket kami!

PS. Setelah diskusi via twitter mengenai hal ini dengan Susan@PergiDulu, ada perbedaan link yang kami baca. Dimana link VFS menyebutkan syarat minimal paspor berlaku 1 tahun. Kami cek juga website Kedubes Australia menyatakan hal yang sama, cek disini. Namun anehnya, website Kedubes Australia in English, tidak menyebutkan secara spesifik masa berlaku berlaku harus 1 tahun, cek link ini. Bagaimana dengan persayaratan yang tertera di form 1419? Masih tertulis "it is strongly recommended that the passport be valid for at least 6 months". Kesimpulannya, play safe aja, ikuti persyaratan VFS, daripada visa ditolak karena tidak comply persyaratan tersebut.


Kantor AVAC Sudah Pindah Ke Kuningan City

"Tes, AVAC itu yang di Kuningan City bukan sih? Kemarin gw ngajuin visa UK di sana, gw liat AVAC gede banget" teman saya @dinavirgianti bertanya kepada saya melalui whatsapp group emak-emak traveler. Saya dengan PD dan tanpa melakukan cross check informasi menjawab, "Enggak Din, di Plaza Asia Sudirman". Obrolan via whatsapp pun saya anggap angin lalu, saya tidak inform Rene mengenai informasi yang saya dapatkan dari Dina.

Tgl 7 Mei, setelah mengambil paspor, Rene langsung menyerahkan dokumen ke kantor AVAC. Dengan polos, ia parkir di Plaza Asia donk. Sewaktu menyerahkan KTP di meja pak satpam, ia kaget ketika pak satpam mengatakan, "Bapak mau urus visa Australia? Sudah pindah Pak, ke Kuningan City lantai 2". Jeng Jeng!!

Saya yang sedang duduk manis di kantor, mendapatkan whatsapp dari Rene "Sial.." Waduh, saya penasaran, ada apa nih? Saya coba balas tidak bisa, saya coba tlp tidak bisa juga...ah, ya sudahlah.

Hari itu juga (karena mengejar waktu) Rene meneruskan perjalanan ke Kuningan City. Ia menyerahkan dokumen di sana. Semua proses masih sama, hanya saja sekarang petugas meminta copy paspor di validasi. Petugas counter bertanya, "Ini sudah di validasi oleh petugas di depan?" Rene jawab belum. Namun akhirnya petugas counter melakukan validasi sendiri.

Dokumen copy-an diserahkan kepada petugas AVAC, sementara dokumen asli termasuk paspor dibawa pulang oleh applicant.

Pengajuan visa untuk tiga negara: UK, Australia dan NZ berada dalam satu ruangan besar, namun sudah dipisahkan antrian-nya dengan jelas.

Oke, akhirnya Rene menjelaskan kenapa dia whatsapp satu kata "Sial" yang membuat saya penasaran berat. Hehe.. Ia kesal karena tidak membaca footer email dari AVAC ketika kami bertanya masalah form dan masa berlaku paspor. Padahal jelas tertera di footer email alamat baru AVAC. Haduh!

Sorenya, saya mengirimkan email ke Kedutaan Australia memohon pengajuan visa kami dipercepat (dengan menyertakan nomor referensi pengajuan paspor). Namanya juga usaha:p Saya intinya minta, kalaupun ditolak juga mohon diberitahu segera agar kami bisa cancel booking hotel, dan at least airport tax bisa kami redeem ke Air Asia.

Email kami hanya dibalas autoreply email yang membuat lemas. Ada link yang diberikan, dan ketika kami buka isinya adalah "untuk pengajuan visa periode April-Juni, proses visa minimal 15 hari kerja" Duweeeeng... (:

Persetujuan/ Penolakan Visa Dikirim By Email

13 Mei 2014 kami menerima email dari Kedutaan Besar Australia bahwa visa kami di approve! Dalam 4 hari kerja kami sudah mendapatkan balasan email. Alhamdulillah.

Saya pun sujud syukur, terimakasih Ya Alloh....

posted on May 14, 2014

***

Pengalaman Pertama Mengajukan Visa Australia - November 2012

Posting ini sengaja kami tulis dalam Bahasa Indonesia, karena memang khusus bertujuan untuk sharing pengalaman mengajukan Visa Australia bagi WNI. Kami tidak akan cerita cara step by step nya ya, anda bisa lihat di situs Kedubes Australia untuk hal tersebut. Kami hanya akan ceritakan proses apa saja yang kami lalui.


biar semangat, bayangin deh mau liat Sydney Harbour Bridge pada saat mengajukan visa:)
Kami membeli ticket ke Australia sekitar bulan Juni 2012, pada saat membeli ticket, kami sempat berkonsultasi dengan teman kami Rizky Darmaputera yang pernah tinggal di Australia, dia menyarankan kami beli dulu saja ticketnya. Selama kami pekerja tetap di Indonesia, rasanya visa akan mudah kami dapatkan, begitu tutur Oky. Akhirnya kami nekad membeli ticket yang tidak murah itu... Silahkan membaca cerita kami hunting ticket ke Australia disini ya.. 

Rencana awalnya, kami akan mengajukan visa di bulan Oktober, yang berarti 3 bulan sebelum rencana keberangkatan kami di penghujung tahun 2012. Namun akhirnya kami baru bisa melengkapi semua dokumen pada pertengahan November 2012.



Persiapan Dokumen

Dokumen yang kami sertakan bisa dibilang super lengkap yaitu (masing-masing satu untuk saya dan rene);
- Formulir pengajuan Visa Australia;
- Surat keterangan dari perusahaan;
- Slip gaji beserta bukti potong pajak;
- Rekening koran dan surat referensi bank;
- Fotocopy KTP + akte lahir
- Passport asli (baru+lama) serta copy nya
- Pas foto 1 lembar 4 x 6

Sementara dokumen yang kami submit untuk berdua adalah;
- Fotocopy KK, Surat Nikah
- Ticket pesawat dan booking hotel;
- Surat sponsor dari teman kami di Australia yang akan menjadi tempat menginap kami selama di Sydney;
- Itinerary yang kami buat sendiri lengkap dengan budget nya (bagi anda yang ingin mendapatkan itinerary kami, silahkan email kami ya)

Rene kebetulan googling sehari sebelum libur tgl 15 Nov, dan ternyata pada hari libur nasional tersebut, kantor AVAC beroperasi normal. Yeaayy.. kami senang sekali tidak perlu ijin kantor untuk menyerahkan berkas kami ke kantor AVAC yang terletak di Plaza Abda lantai 22, Sudirman.

Oya kami tidak pernah terpikir untuk mengajukan visa melalui agen, setelah kami baca di paman google betapa mudahnya mengajukan visa australia sendiri. Selain itu tentu saja karena kami tidak rela untuk mengeluarkan biaya tambahan:p

15 November 2012: Penyerahan berkas ke AVAC

Indahnya hari libur kejepit adalah jalanan Sudirman yang lancar dan juga parkiran yang kosong! Kami tiba di Plaza Asia (dahulu Plaza Abda) jam 10 pagi. Karena membaca tidak boleh membawa apapun, kami tinggalkan tas dan segalanya di mobil. Saya hanya membawa S3 tercinta dan Rene hanya membawa dompet. Setelah meninggalkan KTP di satpam basement, kami pun naik lift ke lantai 22 dengan membawa berkas di amplop plastik, sesuai yang disyaratkan.

Di lantai 22 terdapat tempat pengajuan visa untuk Canada, UK dan Dubai. Pagi itu semua tempat pengajuan visa nampak sepi, mungkin banyak yang tidak tahu bahwa mereka tidak libur. Hanya satu tempat yang nampak ramai yaitu foto booth dan tempat fotocopy. Kami sangat menyarankan agar anda sudah membawa fotocopy lengkap atas dokumen yang memang dibutuhkan copy nya. Daripada anda harus antri berdesakan di tempat fotocopy nan mungil di Plaza Asia tersebut.

Tiba di AVAC Australia, Pak Satpam meminta saya mematikan hp dan baru mempersilakan masuk ketika dia sudah yakin hp saya sudah turned off. Kami diberi nomor antrian, dan ketika baru saja duduk, kami langsung dipanggil menuju counter. Memang di barisan kursi itu hampir tidak ada yang duduk. Sekali lagi mungkin karena banyak orang yang tidak tahu bahwa AVAC memiliki hari libur yang berbeda dengan hari libur nasional Indonesia. Jadi silahkan cek ya hari libur nya disini sebelum anda berencana pergi ke AVAC.

Kami diminta untuk menyerahkan dokumen, kemudian petugasnya men-check list dokumen rene satu persatu, kemudian baru dokumen saya. Setelah selesai, kami masing-masing diminta untuk menandatangani checklist tersebut. Setelah itu kami harus membayar biaya pengajuan visa (yang tidak murah itu!) Rp 2.680.000 untuk saya dan rene dengan perincian sbb:

- Pengajuan visa per orang Rp 1.140.000
- Biaya administrasi visa per orang Rp 180,000
- Biaya SMS dan email per orang Rp 20.000 (optional)
untuk sms dan email ini sifatnya optional, jika kita ingin menerima informasi melalui sms dan email atas proses aplikasi kita, baru kita diharuskan membayar Rp 20.000

Proses penyerahan berkas selesai dalam waktu 15 menit. Petugas AVAC yang ramah menjelaskan bahwa kami akan menerima notifikasi 3 kali sbb:
1) Saat dokumen kami diserahkan ke Kedubes Australia;
2) Saat dokumen kami sudah ada di AVAC dan sudah bisa diambil;
3) Saat dokumen sudah kami ambil dari AVAC.

Untuk point 2, pihak AVAC sendiri menerima amplop dalam kondisi tertutup, jadi mereka tidak tahu apakah nanti kondisinya visa kami diterima atau ditolak. Sedangkan untuk point 3, kami boleh datang salah satu saja untuk mengambil dokumen, dan jika diwakilkan harus menggunakan surat kuasa.

Tegang pastinya!! Tapi kami berdua pasrah, kami sudah melengkapi semua dokumen, dan jika memang tidak di approve, berarti memang belum rejeki... Pulang ke rumah, sore hari SMS dan email notifikasi pertama kami terima, dokumen kami sudah diserahkan ke kedubes Australia. Dan kami harus menunggu 15 hari kerja untuk notifikasi kedua. Hmmm rasanya seperti menunggu hasil pengumuman UMPTN!

22 November 2012: Notifikasi Kedua dari AVAC

Tidak disangka notifikasi kedua datang hanya 5 hari kerja setelah notifikasi pertama. Bunyinya kurang lebih bahwa no referensi aplikasi kami sudah selesai diproses dan bisa dokumen bisa diambil di AVAC. 

Saat itu saya sedang di Surabaya untuk acara kantor (bisa dipastikan langsung lemes dan hilang nafsu makan *nah yang ini ilangnya cuman bentar aja tapi), karena notifikasi datang di sore hari, rene tidak sempat ke kantor AVAC pada hari Kamis tsb. Esok harinya rene akan menyusul saya ke Surabaya, sehingga tidak mungkin rene bisa mengambil hasil aplikasi visa kami pada hari Jumat. Walaupun saya tetep usaha dan whatsapp rene "ke AVAC donk hari ini":p  

Hari Jumat siang saking penasarannya, kami putuskan mengirimkan email ke AVAC menanyakan status visa kami. AVAC menyarankan kami untuk mengirimkan email ke Kedubes Australia, karena AVAC tidak mengetahui apakah visa kami di granted atau tidak. Akhirnya kami mengirimkan email kepada pihak kedubes. Dijawab sore itu juga dan pihak kedubes hanya menjawab "your visa application has been finalised" haduh..artinya apa? Diterima atau tidak? Namun sudahlah, saya hanya menjawab thanks for the information. 

Rasanya ingin terbang ke Jakarta sore itu juga, namun kami sudah planning untuk melihat sunrise di Bromo weekend itu. Jadilah kami harus menahan rasa penasaran kami over the weekend.

Oya kami sempat meminta sepupu kami mengambilkan dokumen kami di AVAC, sayangnya sepupu kami ada outing di Bali. Nah dari sepupu kami tsb, kami mendapatkan tambahan info bahwa ketika dia mengajukan visa Australia dan permohonannya ditolak, sms yang dia terima langsung menyatakan bahwa visa nya ditolak. Secercah harapan muncul, mengingat SMS kepada kami tidak berbunyi demikian. Tapi tentunya tetap saja kami penasaran.

26 November 2012: Pengambilan Visa ke AVAC

Akhirnya hari yang ditunggu tiba. Setelah ijin kepada boss dan menyelesaikan seluruh pekerjaan hari itu, saya pun berangkat dari kantor ke Sudirman jam 1 siang. Kenapa saya sendiri? Well, a good question. Tapi beneran setelah apa yang saya alami hari ini, saya akan minta rene untuk mengambil visa kami berikutnya (if any):p Tegang teramat sangat! Amazingly hanya 30 menit saya sudah sampai di Plaza Asia. Saya tiba 01.45, tanpa menunggu saya langsung ke lantai 22, dan menunggu di kantor AVAC australia.

Saya sengaja meninggalkan hp di mobil, jadi sebelum dipanggil, saya coba melakukan observasi di kantor AVAC. Siang itu semua bangku hampir terisi, suasananya sangat kontras dengan hari kami menyerahkan dokumen yg jatuh pada hari libur nasional Indonesia seperti yg sudah kami ceritakan di atas. Pak Satpam tampak berkeliling dan dengan tegas meminta pengunjung untuk mematikan hp. 

Setelah penantian selama 30 menit yang panjang dan menegangkan itu, akhirnya nomor antrian saya dipanggil ke counter 8 yang khusus untuk "collection". Petugas nya menyampaikan dua amplop, dan mempersilakan saya membuka di belakang. Jika ada yang ingin ditanyakan saya dipersilahkan maju kembali tanpa antri.

Saya duduk di bangku paling belakang (malu kan kalau sampe nangis di bangku depan!), membuka amplop dengan tenang (oh really?) dan Alhamdulillah visa kami berdua di approve.....:) Terimakasih ya Alloh...

Dari pengalaman saya mengajukan visa Australia ini, saya dapat sampaikan bahwa tips nya adalah dokumen yang super lengkap. Sementara mengenai uang yang harus tersedia di rekening tabungan: untuk tiap orang siapkan saja AUD 100 dikali berapa lama Anda berada di Australia. Misalnya saya berangkat bersama Rene selama 10 hari, jadi minimal di rekening saya harus ada (AUD 100x10 hari)x2 orang atau sama dengan AUD 2,000.

Jadi anda akan mengajukan visa Australia? Ayo mulai siapkan kelengkapan dokumen anda, dan mari banyak berdoa:) Semoga sukses ya!

Baca juga related post kami tentang planning liburan ke Australia :
Hunting ticket pesawat Jakarta ke MelbourneMencari connecting flight dari Melbourne, Itinerary 12 hari di Australia, Pengalaman buruk dengan ticket promo Garuda Indonesia

Download ebook travel gratis tesyasblog "Pieces of Melbourne" di link ini ya.


Related Post:
Mengajukan Visa Australia Untuk Anak
Mengajukan Visa New Zealand
Liburan ke Sydney
Liburan ke Melbourne
Liburan ke Tasmania

284 comments:

  1. bisa merasakan apa yang kslian rasakan tahun yang lalu so enjoy Oz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mba, lega banget udah di approve nih..thanks yaa :)

      Delete
    2. wah mbak seru sekali, boleh minta emailnya? saya mau minta itinerary nya mbak

      Delete
  2. Seru,,
    Semoga aku bisa seberuntung kamu,,
    Aku baru ajukan visanya hari ini dan berangkat 18 January 2013.
    Mepet banget,,
    Galau sekali ini :"(
    Wish me Luck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yulia, hehe been there..makan ga enak (tapi laper), tidur ga nyenyak, pengen cepet hari esok *lebay.. Semoga di approve ya visa nya..amiin. Ditunggu update visanya hehe..

      Rencana kemana aja nih dia OZ?

      Delete
  3. hei tesya,,
    bener banget aku ga konsen kerja,pikirannya galau terus,,huhuhu,,
    amin thanku ya tesya,,
    aku rencana visit pacar, dia tinggal diBendigo Victory,,
    tapi 3 hari pertama aku tinggal diMelborne, 4hari diBendigo dan 3 hari terakhir di Melbourne,,hhehe
    Aku pengen bgt ke Phillip Island :)
    Thanku ya tesya,,aminnn wish me luck

    ReplyDelete
  4. hei tesya,,apa kabar?
    alhamdulillah, hari ini tepatnya 5 hari setelah aku ajukan visa,
    aku cek visa di http://www.vfs-au-id.com/trackyourapplication.html,,
    visaku sudah jadi dan sudah diserahakan ditravel,,
    agak deg-degan semalem jg ga bisa tidur,,
    ternyata alhamdulillah visaku di granted,senang bgt,,
    aku bisa seberuntung kamu,,
    thanku tesya aku yakin ketika baca blog kamu aku bsa seberuntung kamu hheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooohooo akhirnya:) Selamat ya, akhirnya penantian terjawab sudah hehe. Selamat liburan juga, aku pergi besok, so excited:)

      Delete
  5. wowww,,
    selamat liburan kamu,,
    nanti cerita ya say,,buat recomended aku pas disana,,
    thanku

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. hiks hiks, mungkin anda lebih beruntung dari saya, saya sudah lengkap sekali tapi ditolak 2kali, mau coba lagi, tapi takut ditolak lagi, padahal beneran mau liburan loh,,,,, yah nasib nasib...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas or mba, bisa cerita tidak apakah di suratnya dijelaskan kenapa ditolak? Apakah ada dokumen yang kurang? Tetap semangat yah..:)

      Delete
    2. disuratnya sih bilangnya kayaknya alasannya gak bener mau touris, takut ternyata disana gak balik lagi, padahal sudah ada invitation letter dari sana juga, dan surat dari kantor saya yg manjamin saya akan kembali dalam waktu 2mgg. sebenernya masih ada semangat mau ajuin lagi, tapi sedikit doang, mundur lg ketika tau sudah ditolak 2kali dan ada kemungkinan ditolak juga dengan alasan yang sama, btw boleh minta intenerarynya gak mba tesya, email ke aku yah gabriela_058179@yahoo.com

      Delete
    3. Thanks Mba Gabriel untuk sharingnya, semoga next time coba bisa berhasil ya. Ok Mba, tlg cek email ya:)

      Delete
    4. Buat Mba Gabriel,
      Jangan putus asa. Visa oz aku ditolak thn 2010 dg alesan yg sama dg kamu.
      Trus akhir februari 2013 kemarin aku ngajuin lagi, baru terima tadi emailnya kalo visa aku granted :)
      Intinya: buktikan dg dokumen kalo kamu punya keterikatan yg kuat dg Indonesia.
      Tipsnya:
      1. Dokumen sponsor dan invitation letternya di legalisir and signed by 'A Justice of Peace ', trus kirim by EMS. Jadi jangan cuma lampirin scan doank.
      2. Surat keterangan kerja sebisa mungkin dari president direkturnya. Lampirkan juga saldo Jamsostek dan SPT.

      Good luck n tetap semangat ya:)

      Delete
    5. Thanks Vey buat sharingnya, Kapan mau ke Aussie nya nih? Aku ngiler liat blog mu ttg karimun jawa :)

      Delete
    6. Aku ke Aussie tgl 6-23 April, mba.
      Karjaw emank keren :) Destinasi Wajib.

      Delete
    7. Wah asyik lama benerr..apaan tuh Karjaw?

      Delete
    8. Karjaw = Karimun Jawa :)

      Btw, proses yang aku jalani waktu 2x apply Australia Visa sepertinya ga semenegangkan ini deh Mba..
      Mungkin boleh mampir ke sini..
      http://atri-septiani.blogspot.com/search/label/Urus%20Tiket%20dan%20Visa%20ke%20Australia

      Sekedar sharing :)
      Trims,
      Atri

      Delete
    9. Hi Atri, thanks ya untuk sharingnya:) Dan info-info persiapan liburan ke Australia nya. Aku langsung meluncur baca-baca cerita tentang NZ mu nih hehehe

      Delete
    10. Iya Mba Tesya.. harus ke South Island-nya yah.. di sana alamnya bagus banget..
      apalagi Mba Tesya dah sering jalan kemana2.. ntar pas apply, pasti gampang dapet visa NZ-nya :)

      Good luck Mba ;)

      Delete
  8. Hi mbak tesya,wah gantian nih saya yg deg"an mau ajuin visa buat pergi juli nanti sekeluarga berlima hehe..
    Mbak saya boleh minta itinerary nya kah? email saya di ievansiana@yahoo.com
    Thanks a bunch ya mbak :)

    Iris

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Iris, semoga pengajuan visa nya lancar ya.. Aku barusan udah email, tlg di cek ya..

      Delete
  9. Hi...Mba Tesya, minta di emailin intinerarynya juga donk.
    ke email achi_arief@yahoo.com
    sy kepengen banget berkunjung ke aussie juga nih....mmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Achi, aku baru aja kirim ke email mu, tlg cek ya..

      Delete
  10. Trimakasih Mba Tesya,,,sy udah terima emailnya.

    Oh ya,,,Intinerary nya ini di cantumkan juga gak, waktu mengajukan pembuatan visa ?
    Mohon dibalas ya mba...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Achi, iya itin tsb yang kami lampirkan waktu pengajuan visa. Semoga bisa membantu ya itin nya:)

      Delete
    2. Mba Tesya,,,Bikin bookingan Hotel itu kenna carger di cartu creditnya gak .. .?

      Delete
    3. Achi, aku jawab via email mu ya..

      Delete
  11. hi mbak . saya barusan ngurus visa aussie bulan ini dan baru aja ditolak tanpa alasan ...padahal saya ada surat dari kantor bahwa saya bekerja disini sudah lama dan gaji yang lumayan . saya pemuda berumur 26 tahun dan uang tabungan saya sendiri ada 50 juta ke atas . saya sudah booking tiket pesawat dan booking hostel di sydney dan yang mengurus visa saya salah satu travel agent terbesar di tempat tinggal saya. saya pertama kalinya positif diterima eh setelah 14 hari hasil visa keluar dan ditolak tanpa alasan dan diforward sama travel agennya suratnya dari embassy .
    apa karena di passport saya cuma stamp singapore and vietnam aja ya ? saya kecewa banget coz saya bener2 tujuannya ingin berlibur ke aussie ..ada sarankah mbak ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi some1, so sorry to hear your stroy.

      Baiknya di email langsung ke kedubes Australia dan tanya kenapa ditolak, apakah ada dokumen yang kurang? Jangan lupa sertakan no referensi yang ada di surat ataupun no passport ya.

      Mudah2an masih ada waktu jika memang ada dok yang kurang lengkap. Ayo tetap semangat ya :)

      Delete
    2. hi mbak tesya ... thanks for your reply ya ...anyway bulan september kemarin visa aussieku keterima dan sudah balik ke indo skrg...seneng banget dahhh..waktu itu sih g nyangka akan diterima ..cuma yang kedua ini aku minta temanku yang di aussie untuk jdi sponsor aku , so mereka kasih surat undangan , copy passport mereka , surat nikah mereka dan krn di passportku sudah ada bbrpa visa so nambah record untuk passportku akhirnya visaku di approve ...alam aussie bener2 amazing ...pingin kesana lagi someday sist ...ini bulan december besok aku mau apply visa amerika ...wish me luck ya sist ..have a great day sist ...

      Delete
  12. Thank You For providing Information about Working in Skilled Visa i have some Information for those person who want go Canada for work Skilled Migrant Visa Australia. for More information Visit


    http://global-migrate.com/skilled-migrant-visa-australia.html

    ReplyDelete
  13. Hi mbak tesya,
    Mau tanya nih, diriku rencana liburan ke Aussie trus kalo kita punya sponsor di Oz apakah dia perlu kirim bank statements juga? Ato cukup dgn uang yg ada di tabungan kita yaa? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ella Bella, waktu itu kami ada surat sponsor dari temen yang jadi tempat kami menginap di Sydney. Tapi cuma surat sponsor aja, ga pake bank statement temen kami itu. Cukup kok surat aja. Semogga berhasil ya :)

      Delete
  14. Thank You For providing Helpful Information about Australia Work Visa. i have some Information for those person who want go Australia for Working. skilled migrate visa australia. for More information Visit
    http://global-migrate.com/skilled-migrant-visa-australia.html

    ReplyDelete
  15. Hi Mba Tesya, boleh donk ikutan minta diemailin itinerarynya ke email inyoman.suhendra@gmail.com.

    thanks ya Mba sebelumnya

    inyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Papa Inyo, tolong cek emailnya ya..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. hello mbak Tesya,
    terima kasih atas infonya ya. Aku juga rencana visit pacar di Melbourne, bingung bagaimana apply visanya.karena di sby kan ngga ada kedubes aussie. bisa diemailkan itinerarynya ke iamgirlmaro@yahoo.co.id ?
    budgetnya sih mepet. saya baca di random blog, untuk tiket pesawatnya bisa pake bukti booking dulu. apa bener?

    regards,

    Prita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Prita, itin kami udah di email ya. Prita bisa lihat post nya Mba Vicky mengenai apply visa via pos => http://jejakvicky.com/2012/05/01/berburu-visa-australia-melalui-pos/

      Iya betul katanya ada yang bisa booking ticket nya aja. Aku sih belum coba ya.. lagian selalu beli ticket duluan karena promo aja sih hehe :)

      Pertanyaan lanjutan silahkan di email ya Prita.

      Delete
  17. Mbak Tesya , boleh dong kirim contoh Iten nya by email ... makasih ya ( Nurul )

    ReplyDelete
  18. Maaf mbak lupa alamat emailnya : nurul.hidajati888@yahoo.com , thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nurul, aku email ya itin nya..hope it helps..

      Delete
  19. hi mbak.. bole minta contoh itinerary-nya? thanks yaa
    orrick.me@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Orrick, aku email ya Itin nya..

      Delete
  20. Haii mba tesya salam kenal.

    Aku mau nanya nih mba, just info yahhh..kalo bru2 ini aku apply visa Oz, tpi ditolak hikss,, sungguh terlalu!!! Alesannya krn false information. Aku ibu rumah tangga single parents. Selama ini kebutuhan hidupku ϑi biayai calon suami aku.jdi ceritanya, kmrn itu aku apply visa oz pake surat sponsor tmpt kerja aku dl, tapi tnyt stlh ϑi cross chek sama kedutaan, tmpt aku kerja dl, bilang kl aku dah gk kerja disitu lgi, padahal aku dh ada wanti2 diawal sama HRD manager ditmpt kerja aku dl. Tapi pas kedutaan tlpn, anak buahnya yang jawab.. Sungguh menyedihkan. Hikss.. Yang mau aku tanyakan, bisa gak aku apply bisa oz lgi? Berapa lama yaa jaraknya dri waktu visa aku ditolak? Dan kalo misalnya aku coba apply visa lagi, syarat2nya apa aja yah, melihat aku cuma ibu rumah tangga, dan single parents. Thanksss buat info nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba, salam kenal juga ya. Wah sedih banget denger ceritanya. Menurut saya sih ga usah pake sponsor perusahaan Mba kalau udah ga kerja di perusahaan tsb. Ga masalah ga kerja, selama bisa menunjukan bahwa akan kembali. Mba traveling dengan anak Mba ga? Kalau tidak, mereka kan bisa melihat anak Mba di sini, jadi pasti akan kembali.

      Saya jadi googling nih Mba, tapi semoga kasus Mba ga masuk ke jenis transaksi ini fraud. Saya agak ngeri bacanya: http://www.immi.gov.au/migrants/family/fraud-pic.htm

      Semoga enggak ya Mba. Tetap semangat ya...

      Delete
    2. Sebenernya dalam surat penolakan itu alasannya takut aku gak kembali ke indo lgi.aku jg ada tanya ke kedutaaan, msh bs apply visa oz lgi gaknya, mereka bilang masih bisa apply visa oz lgi, tpi bila aku nanti dikemudian hari menggunakan false information lgi, aku diblack list gk bs apply visa oz selama 3 thn huhuhuhuhu.
      Skrg aku sedang menyiapkan dokumen untuk apply visa oz lgi, pastinya aku harus menyertakan dokumen selengkap2 nya,seperti surat ijin orang tua yg menjamin balik ke indo, KK orang tua,KTP orang tua, surat sponsor dri calon suami aku yang menjamin akomodasi selama aku disana, photo copy buku tabungan+pasport dia pastinya. Kira2 apa lagi yah mba, syarat2 yang laen yang mendukung? Mohon info nya donk? Just info jg, kebetulan calon suami aku ini dlm kedpn nanti ada proyek kerjasama dengan company besar ϑi oz. Kira2 bisa gak yah menggunakan alesan itu ke kedutaaan. Dengan meminta referensi dri company disana. Tpi apa gk ribet yahh kl gt, scr dia belom menjadi suami saya, baru calon suami. Mohon info nya mba, yang terbaik untuk masalah ini. Hihihihhi. Btw anak aku gk ikut ke oz, krn dia kan sekolah ϑi sini. Apa perlu aku minta rekomendasi dri skolah dia, menyatakan kalo anak aku skolah dan aku akan balik indo untuk anak aku??

      Delete
    3. Nah itu dia mba, yang penting jangan sampe masuk daftar fraud nya..serem. Kayanya sih dok nya udah cukup lengkap Mba. Waktu itu kami masukan SPT juga sekalian, ga tau sih ngaruh apa enggak..hehe.. Boleh juga dicoba keterangan dari sekolah anak Mba, tapi mungkin hanya menyatakan anaknya Mba sekolah di tpt tsb ya.
      Ticket pesawat pp udah dilampirkan juga kan?

      Delete
  21. Mbak, terimakasih loh blognya informatif skali. Kalo boleh aku mau minta tg di email-kan iten-nya ya mbak. Ke sheilla.ramadhani@yahoo.com. Terimakasih ya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Sheilla, thanks ya udah mampir ke blog kami.
      Itinerary sudah kami email, pls cek ya.

      Delete
    2. kak, aku mau re-link postingan ini di postingan blog ku ya kak...boleh?

      Delete
    3. Silahkan Kak Feb, seneng banget bisa di link ke blog fave aku jalan2liburan

      Delete
  22. I really appreciated with it, This is fine to read and valuable pro potential, I really bookmark it, pro broaden read. Appreciation pro sharing. I like it.
    Sekhri Academy and Immigration Ltd is one of the top most specialized immigration agents in India that helps students to get their study visa New Zealand without hassle. The academy has expert team of study abroad researchers and counselors, who can guide students in choosing the most suited course at one of the best New Zealand Institutions

    ReplyDelete
  23. mbak.....saya tertarik sekali dengan itinerary yang mbak pakai buat apply visa ke aussie.... bisa ngga saya minta di emailkan itinerarynya ke sakencoy@yahoo.com terima kasih atas bantuan dan informasinya....

    ReplyDelete
  24. salam kenal mba tesya... mba tolong kirimkan juga itinerarynya ke email saya

    ysugiyono@25yahoo.com

    makasih ya mba di tunggu informasinya.

    ReplyDelete
  25. satu lagi mba.. saya berkeniatan berlibur ke aussie mba tapi paspor saya masih kosong belum traveling kemana - mana kira - kira akan di approve ama aussi embassy nda yah mba??? mohon informasinya trims yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Fadhil..haduh maap ya baru ngeh ada comment ini. Pagi ini aku kirim by email ya Kak..
      Mengenai passport belum kemana-mana, ga masalah kok Kakak..yg penting semua persyaratan lain dipenuhi. Good luck ya..

      Delete
    2. thanks tesya.. your email has reading to be copleted.

      oh iya tesya katanya betul tidak yah orang - orang indonesia kebanyakan bekerja di sektor pertanian sebagai fruits picker saya juga mau tuh tes jadi fruits picker kamu punya informasi nda kan traveling sambil kerja he... he..kalau tesya infokan ke hp saya yah di 0813 196 29006. thanks

      Delete
  26. halo mbak, saya berencana ke aussie akhir taun ini tepatnya ke Perth. boleh saya dikirimkan itin+perencanaan budget yg ikut disertakan buat urus visa ke lidya.rachma@yahoo.co.id sebagai perbandingan&contoh dari itin+rancangan budget yg saya buat.

    oia tabungan saya kurang dari 25juta kira2 kemungkinan disetujui besar ga ya, fyi saya sudah ada tiket pp (dgn full-service airline lagi hehe), bookingan hostel dan travel insurance. saya juga pegawai tetap disini dgn lama kerja 2,5 tahun. kira2 itu bs jadi pertimbangan mereka ga ya dgn uang tabungan saya yg ga seberapa??
    kalo ikut kata2 mbak yg penting, 1 juta dikali lama stay sih harusnya cukup karna saya disana cuma 6 hari.

    mohon pencerahannya ya mbak, karna saya sempet down gara2 dollar nyungsep gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, kami udah email ya itin nya... Menurut teman saya sih, selama karyawan dan ada surat jaminan dari perusahaan bahwa kita akan kembali, katanya pasti di granted. Atas dasar keterangan teman saya tsb, kami juga waktu itu hajar dulu beli ticket hehe..

      Iya nih dollar makin naik aja...

      Delete
  27. kita dapat mengambil hikmah dari perjalanan teman - teman dalam mengajukan visa ke negara eropa dan amerika wajar saja mereka mencurigai tujuan kita kesana karena dampak dari serangan wtc dan pentagon juga dampak dari bom bali makanya untuk teman - teman harap melengkapi data sebelum maju ke kedutaan yang akan di tuju sebetulnya para konsuler tidak akan rewel jikalau segala dokumen di lengkapi dengan sempurna... memang di sana adalah negara di siplin negara besar jadi kesimpulanya berfikirlah 100000000 xxx you mau apply visa. moga bermanfaat trims

    ReplyDelete
  28. Dear Mba Tesya, boleh minta itinerary nya, baru saja beli tiket promo ke ausie untuk 2014 nih, boleh tolong email ke yon3083@yahoo.com.. thx a bunch

    ReplyDelete
  29. Dear mbak tesya, mau nanya klau saya mewakili grup saya sebanyak 20 orang untuk penyerahan paspor, kan dibutuhkan surat kuasa untuk penyerahan paspor, apakah perlu memakai materei yg di tempelkan di dalam surat kuasa? Dalam hal ini saya ikut berpergian bersama mereka, tolong infonya terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yanti, waktu saya menyerahkan dokumen, Mba nya inform kalau bisa diwakilkan, karena satu keluarga. Nah kalau mewakili group saya kurang pasti ya Mba. Mungkin bisa tlp aja Mba ke Avac nya or email mereka? Maaf ya Mba kalau jawaban saya kurang membantu.

      Delete
  30. Mba...sy ada rencana mau ke oz mo nyusul suami...kebetulan perusahaan dia blm bisa jd sponsor krn blm 1 thn bekerja jd sy coba dulu u pengajuan visa turis..pertanyaan sy (agak banhak nih) :

    1. Apakah bisa sy mengajukan visa turis 3 bln???dikarenakan sy kemungkinan aka tinggal di oz skitar 3 bln min...

    2. Brp hari max kira2 yg akan diapprove oleh imigrasi oz??

    3. Apakah srt undangan dr tmn sy bisa dipakai u kelengkapan dok meskipun dia blm lama tinggal di oz???

    4. Kmrn sy coba mengajuka visa via travel agent namun mrk menolak memproses krn rekening sy slama 3 bln tdk stabil dr nominal kecil langsung melonjak besar itu krn sy baru ditransfer oleh suami sy yg rencananya dipakai u pengurusan visa+ticket pp+akomodasi slama di oz....pertanyaannya memang akan dipermasalahkan ya kondisi spt itu???

    5. Sy akan berangkat dgn anak sy yg msh 2 thn apa perlu srt pernyataan ijin dr suami jg???

    Sepertinya pertanyaan itu dulu deh...pertanyaan ini sdh sy email ke imigrasi oz namun mrk menjawabnya dgn menyuruh sy mengecek via link so sy kurang puas...tolong di reply ya mba...butuh bgt share nya....makasih bnyk...

    Rgds,
    Bibah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Bibah, saya coba jawab sebisanya ya..
      1. Sebaiknya Mba menulis cover letter pada saat pengajuan visa ditujukan ke Kedubes Australia. Sampaika saja permohonan mengajukan cuti 3 bulan, dan apa alasannya.
      2. Nah pertanyaan nomor dua ini sulit dijawab mba, tapi dicoba saja dengan surat pada point 1 di atas ya.
      3. Bisa Mba, surat sponsor bisa dipakai.
      4. Dari yang saya baca, banyak yg mengatakan rekening memang harus stabil. Tapi menurut saya, Mba bisa cantumkan hal ini juga pada surat point satu di atas. Supaya mereka tau kenapa ada lonjakan uang pada bulan tsb.
      5. Untuk pertanyaan nomor 5, saya kurang tau aturannya Mba. Namun jika di aturan tertulis harus ada surat pernyataan, berarti Mba Bibah buat aja ya.

      Mba bisa hub saya via email juga jika ada yg ingin di share: tesyas.blog@gmail.com

      Semoga bisa membantu sedikit ya Mba jawaban saya di atas..dan semoga semua urusannya dilancarkan, amiin.

      Delete
  31. Hi mbak tesya, aku bs mnt contoh surat ket kerja utk syarat visa nya sam itinnya ya... makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Echy, bisa minta alamat emailnya?

      Delete
  32. hallo mbak, saya berencana mau ke Melbourne bulan January tahun depan. saya boleh minta contoh itinerary dan surat sponsor temen mba? karena saya juga disponsori oleh pacar saya disana. ini email saya putrikurniadewi@gmail.com terima kasih banyak mba atas info nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, udah aku email ya, pls cek..

      Delete
  33. Hai Mbak Tesya,
    boleh minta contoh surat keterangan kerjanya ga?
    Tolong email ke tatisipay@yahoo.ie ya mbak..
    Thank you.. :)

    ReplyDelete
  34. dear mbak Tesya, aku barusan krim email mbak...nanya2 seputar visa Aussie.

    makasih mbak.

    ReplyDelete
  35. Hi Mbak Tesya, blognya sangat membantu karena kebetulan aku juga berencana mengajukan visa australia. Di atas aku lihat Mbak punya surat sponsor dari teman di Aussie yang mengakomodasi selama di Sydney. Aku juga sama Mbak, aku boleh minta tolong dikirimkan contoh surat sponsor teman Mbak Tesya untuk referensi.
    Email ku: nathasatiararamadhan@yahoo.com
    Makasi Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Natasha, aku email ya nanti suratnya, tapi aku cuma punya scan..gpp ya:)

      Delete
  36. Dear mbak Tesya, blognya informatif sekali. Saya dan suami (kami wirausaha travel umrah haji) berencana mengunjungi teman di Melbourne pd bln feb 2014. Rencananya disana hanya 7 hari saja. Menurut mbak, kira2 bermasalah tdk ya mengingat di paspor suami itu visa Saudi semua? Bolehkah saya di emailkan contoh surat sponsor/undangan dan itinerary nya ke : rumkasih@gmail.com. Terimakasih. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ika, thanks for your nice words. Kalau mau ke Melbourne, silahkan download ebook kami ttg Melbourne gratis. Siapa tau bisa jadi referensi ya:)
      Mengenai visa Saudi seharusnya enggak masalah kok..
      Ok nanti saya email ya..

      Delete
  37. Siang mbak Tesya..
    boleh kah saya minta alamat emailnya??
    saya akan ke OZ awal bulan Maret 2014, kira2 kalo mau ajukan visa tanggal berapa ya?
    saya masih mau pake pasport ke Korea pertengahan Januari selama 1 minggu. apakah waktunya masih bisa utk proses pengajua via travel agent??
    saya udah bikin itierary OZ tapi lebih baik dapat tambahan itinerary dari mbak Tesya, boleh khan?heehe..
    email saya : popy.rosana@yahoo.com
    makasih mbak..

    Popy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Poopy, silahkan email ke tesyas.blog@gmail.com ya.
      Untuk kepergian awal Maret, bisa diajukan visa nya setelah Popy pulang dari Korea aja.
      Popy urus sendiri aja, kira kira 14 hari kerja paling lama.

      Delete
  38. Mlm, mbak Tesya..

    Saya berencana ke sydney awal bln dpn.. saya ini wiraswasta kecil2an.. jd otomatis tdk ada surat referensi kerja, bagaimana y mbak, apakah pengajuan visa saya bisa diterima? Ohya boleh minta tolong itinerary jg diemail ke saya : stev_gerald@yahoo.com

    Thanks a lot,mbak Tesya! :)

    Regards,

    Stevanus

    ReplyDelete
  39. Mba Tesya,
    Blog nya membantu sekali..
    visa saya baru saja di approved oleh kedubes Australia senang banget rasanya..
    Jujur saja saya sempat pesimis tidak akan di approved karna uang di tabungan hanya 6 juta tapi krna document lengkap dan di sponsori oleh tunangan saya yang warga Negara Australia alhamdulilah visa saya di grant dalam 3 hari sejak apply.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dina, waaaah ikut seneng mendengar berita baiknya:) Gile cepet banget 3 hari kerja? Hebaaat...
      Have fun ya di OZ :)

      Delete
    2. Mba, 3 hari yang lalu aku apply lagi neh visa australia'nya. tp teteb deg deg ser walaupun yang pertama sudah di granted, takut nya ditolak secara aku baru kembali dari Indo bulan Feb kemarin trus April dah apply lagi untuk kepergian Mei..

      Delete
  40. Hi Mbak Tesya,

    aku mo nanya soal surat sponsor,

    "- Surat sponsor dari teman kami di Australia yang akan menjadi tempat menginap kami selama di Sydney;"

    ini cuma invitation letter saja atau perlu copy passport + visa sang teman?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nitskie Chen..

      Di surat tsb temenku cuman state no passport dia dan alamat tinggal mereka di Sydney. Ga ada attachment berupa copy passport dan visa.

      Kalau mau contohnya email aku aja ya, tar aku kirim. Email ku tesyas.blog@gmailcom.

      Delete
  41. Hi Mbak Tesya..

    saya berencana mengunjungi saudara saya di australia pada desember tahun 2015, mau tanya2 ya mbak
    1. boleh minta contoh itinerary dan surat sponsor teman mbak? Alamat email saya bluevyu@gmail.com
    2. kira2 kalau mau mengajukan visa sebaiknya kapan ya? Passport saya blank alias belum pernah pergi kemanapun
    3. saya karyawati dengan masa kerja kurang dari 2 tahun dan saldo buku tabungan kurang dari 50 juta, ditambah dengan passport blank, apakah jika saya menggunakan jasa travel agent, kemungkinan visa saya diterima lebih besar dibandingkan jika saya harus mengurus sendiri?

    Terimakasih banyak mbak

    Regards,

    Vivi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vivi, udah aku email ya barusan, pls check. Ini aku coba jawab pertanyaan selanjutnya:
      2. Sebaiknya mengajukan visa 3 bulan sebelum keberangkatan. Masalah visa yang blank..hmm..aku ga bisa bilang sih ngaruh atau enggak, tapi ada beberapa yg di reject dengan alasan "kurang traveling". Tapi coba dulu aja, jangan menyerah duluan ya.
      3. Menggunakan jasa travel agent adalah untuk memudahkan proses pengajuan visa, namun diterima atau tidaknya tetap enggak ngaruh sih, tergantung dari kedubesnya.

      Hope it helps ya Vivi..

      Delete
  42. pagi mbak.. bisa minta contoh itinerary-nya... email saya dsuryo.anggono@gmail.com
    makasih banyak Mbak Tesya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimas, silahkan email ya ke tesyas.blog@gmail.com..

      Delete
  43. Sekedar pengalaman saja, tanggal 3 Desember 2013 (padahal lagi genting2nya kasus penyadapan Aus ke Indo) saya mengajukan aplikasi visa ke AVAC lalu dikirimkan email pada tanggal 16 Desember 2013 berupa visa yang sudah granted dan alhamdulillah visa saya 3 years multiple entry :) padahal di passport saya hanya banyak cap passport asia tenggara dan hanya 2 visa Cambodia dan china. Tidak ada surat sponsor dari sodara/teman dari australia juga tidak menyertakan bookingan hostel. Hanya menyertakan tiket PP (walau tidak wajib) , surat rekomen dari kantor, print-an rekening koran 3 bulan terakhir (saya print sendiri krn saya memakai tabungan citibank (e-statement dikirimkan tiap bulan by email)). Tidak tahu apa yang menjadi pertimbangan dapat visa single entry or multiple.. karena rata2 teman2 saya yg dpt visa multiple entry yang sudah punya visa schengen or lainnya.., atau mungkin nilai plusnya karena saya pernah ke Aus thn 96 waktu WNI tidak diwajibkan pakai visa ke Aus. Hihihi.. apapun itu..pokoknya Alhamdulillah deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nana..selamat ya visa nya udah di approve, dan terimakasih mau sharing disini. Have fun ya palnning liburannya :)

      Delete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. Dear mbak Tesya..
    Sy dan suami rncana mo jln2 ke aussie tgl 15-20 apr 2014, pas lbrn paskah ni..
    Ini bbrp item yg sdh kami beli utk mendukung pengajuan visa :
    - tkt pswt PP jkt - sydney
    - tkt pswt sydney - melbourne
    - tkt bus firefly melbourne - sydney
    - hostel greenhouse backpacker 2 mlm
    - hostel sydney central yha 2 mlm
    Total km di oz 6hr 5mlm, dimana 1mlm kami tdr di bus dlm perjalanan melbourne-sydney.
    Mbak apakah item2 tsb sdh ckp lengkap? At least utk mryakinkan mereka bahwa kami g akan menggelandang d sono hehe.. krn semua sdh diprepare, kami tgl ssediakan budget utk mkn, transport dlm kota dan tkt msk atraksi2..

    Nah krn item2 yg sdh dibeli ckp byk dan kami sdh keluar ckp byk uang utk itu, kami berharap bgt visa kami bs diapprove..

    Cmn bc2 share dr tmn2 d sn kok bbrp ditolak pdhl sdh provide data lgkp jg mgkn sdh beli srgala item2 spt yg sy lakukan..
    Kira2 krgnya di mn yah?
    Sy jd deg2an ni hehehehe..
    Mohon sharingnya ya mbak tesya dan jg tmn2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Vita..sudah aku jawab juga ya email nya, berikut itin nya:)

      Item yang Vita sebutkan sudah lengkap, tinggal surat keterangan kerja dari perusahaan di Indonesia, kalau mau ditambahkan slip gaji. Oya, jangan lupa lampirkan rekening koran ya.

      Delete
    2. Oke thx Tesya :)

      Delete
  46. Hi mbak boleh minta tolong di share itinerary nya gak? Infonya sangat membantu sekali :) ester_mail@yahoo.com

    ReplyDelete
  47. Hi mbak boleh minta tolong di share itinerary nya gak? Infonya sangat membantu sekali :) ester_mail@yahoo.com

    ReplyDelete
  48. Hello Mbak Tesya, Info diatas sangat membantu pengetahuan saya.
    Saya berencana berkunjung ke Aussie pada bulan Mei 2014, dan sedang mempersiapkan kelengkapan docs untuk pengajuan visa turis di bulan Februari ini. Saya mempunyai beberapa pertanyaan:
    1. Saya sudah membeli ticket pesawat hanya untuk perginya, sedangkan untuk pulangnya saya belum beli sedang searching, rencananya jika visa granted saya akan akan langsung beli tiket pulangnya, apakah tiket pergi saja akan berpengaruh dan mengakibatkan visa ditolak? Atau diharuskan melengkapi terlebih dahulu untuk tiket pulangnya?
    2. Selama disana saya mendapat sponsor dari Teman saya yang sedang kuliah sambilan bekerja disana, saya akan menginap dirumah teman saya. Jika teman yang sedang sekolah sambilan bekerja disana, apakah diperbolehkan memberikan invitation letter kepada saya, untuk invitation letter apakah perlu aslinya atau bisa dengan print out dari scan untuk dilampirkan pada saat pengajuan?
    3. Saya agak bingung dalam pengisian form visa turist 1419, didalam for tsb ada kolom "Part L - Payment Details", saya masih mengikuti petunjuk Visa Pricing Table 2013, isinya spt berikut: Base Application Charge $150, Additional Applicant Charge 18 and over $115, apakah BENAR ya atau dikosongkan saja? Trus untuk charges2 tsb apakah akan didebet dari rek atau credit card kita? Yang saya tangkap, koreksi jika salah. Pengajuan visa hanya menghabiskan kurang lebih idr 1,4 jt.
    4. Jika tidak keberatan, saya boleh minta tolong diemailkan itinerarynya ke email: aku_aliumar@yahoo.co.id

    Thanks/Li

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Li..tgl berapa bulan Mei nya? Akupun berencana kesana, tapi belum ngajuin visa nya nih. Siapa tau kita satu pesawat:D
      Aku coba jawab ya pertanyaannya:
      1. Hmm, menurut saya agak berisiko ya. Lebih baik lampirkan tiket PP, atau enggak melampirkan tiket sama sekali. Takutnya malah disangka enggak akan balik lagi, apalagi dengan alasan ada teman disana.
      2. Iya boleh pake invitation letter. Saya sih dulu dikirim teman dalam PDF, jadi saya print aja, enggak harus asli.
      3. Pada saat checking di depan counter AVAC, ditanyain aja disana kalau ada bagian formulir yang bingung. Mereka akan dengan ramah membantu kok. Kan mereka cek one by one isian formulir kita plus dokumen yang kita submit.
      4. Pagi ini saya email ya..itin sekaligus contoh surat sponsor ya.

      Delete
  49. hai mba tesya,
    aku rencana mau ke aussie tahun ini buat mengunjungi sahabat saya,boleh minta untuk di kirimin itinerary nya mba?? ke email saya ullyprisa@gmail.com saya baca blog mba tesya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ully, aku baru aja kirim emailnya. Cekidot ya..
      Alhamdulillah kalau tulisan di tesyasblog bisa bantu Ully planning liburan ke Oz. Thank you for your nice words:)

      Delete
    2. hai mba tesya. nama sy vida. langkah apa saja yg hrs sy lakukan utk mengajukan visa,apabila sy mau mengajukan sendiri? berhubung laporan rekening tabungan dibawah 20jt.

      Delete
    3. Hai Vida, silahkan mulai dari masuk ke web nya Kedubes Australia untuk tau apa saja dok yg dibutuhkan, kemudian mulai menyiapkan dokumen tsb. Kemudian menyerahkan dokumen ke AVAC di Plaza Asia Jl. Sudirman.

      Delete
  50. hai mba tasya, seneng bgt bisa nemuin blog mba.informatif. Mba tas, sy ada rencana ke australia bln Desember ini. Boleh minta tolong di emailkan itinerary dan contoh surat sponsor dari teman mba yg di australia juga contoh surat keterangan kerja?

    Email ku : ragisha_lorent@yahoo.com

    Oiya mba tentang tabungan, ga ada ketentuan harus min. 50 juta kan ya mba?

    Terima kasih ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lorent..
      Thank you udah mampir ke tesyasblog. Engga ada ketentuan harus Rp 50 juta kok tabungannya. Ok, will email you today ya..

      Delete
  51. thaks mbk.. sebelum nya mau tanya tentang Multiple visa.. agustus 2013 approve toris visa single entry 3 months, desember2013 approve lagi single entry to visitor visa.. nah yg mau saya tanya kan mau ajukan multiple visa, atau bisnis visa, dengan keuangan saat ini hanya 15 jt an gini..baagaimana ya?? refrensi lengkap dan amat me nye sport.. karna usaha saya dan perusahaan di australia amat baik hubungan nya, info aku ya trims ary 087882348650 email aryhardiansyah2000gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ary, untuk mengajukan multiple entry visa, pada saat mengajukan visa harus di state bahwa memang kita akan kembali ke Australia, sehingga yang diminta adalah multiple entry visa. Lebih baik disebutkan juga keperluannya apa mengajukan multiple entry visa, agar bisa di approve.

      Delete
  52. Halo Mbak, kalau di passport saya hanya ada cap Singapore, itu pengaruh gak ya Visa Australia saya bakal di approve atau ngga? Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, thanks ya udah mampir ke tulisan ini.

      Di approve atau tidaknya adalah wewenang Kedubes tentunya, namun keuntungan banyak cap adalah assurance kepada pihak kedutaan bahwa kita memang "traveler". Sehingga mereka yakin, kita tidak akan mencari kerja di sana dengan visitor visa kita.

      Sebagai gambaran, waktu mengajukan visa, di passport saya ada visa schengen, namun di visa suami baru ada Hongkong dan negara Asean. Alhamdulillah visa kami bisa di approve.

      Sukses ya ngajuin visanya:)

      Delete
  53. Hello Mbak Tesya,
    Senang banget ketemu blog ini, saya banyak bgt belajar dari sini dan kebetulan juga ini pertama kalinya saya mau apply Visa Aussie. Anyway, bisa tolong send mail utk Itinerary nya, Mbak? Ke E-Mail : pc.corner2@yahoo.com

    Thanks & Best Regards,
    Marco

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Marco, thanks ya udah mampir.
      Aku email ya Marco..

      Delete
    2. I'm sorry Mbak... Ada yang salah dgn Email address saya, hahaha...
      Seharusnya yang betul itu pc.corner2@ymail.com (bukan @yahoo.com). Mohon resend yah Mbak, maaf udah ngerepotin. Thank you!

      Delete
  54. Wahh nice blog & very helpful!
    Permisi Mbak Tesya, Ada bbrp hal yg mau saya tanyakan :
    1. Apakah Itinerary ini suatu keharusan supaya Visa kita bakal diapprove? Krn saya juga bingung, saya mau visit Melbourne rencana nya cuma mau nginep dirumah teman, gak kemana2.
    2. Kira2 enaknya kapan sih kita apply Visa sebelum keberangkatan?
    3. Ticket pesawat pulang pergi juga pasti wajib yah? Krn saya takut udah beli ticket dan ternyata Visa ditolak, pasti wasted banget. Atau ada tips lain? Ticket pesawat yang harus dilampirkan, asli atau fotocopy?

    Thanks a lot ya Mbak kalau berkenan mau ngejawab semua pertanyaan yg sangat newbie ini ;P
    Have a nice day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal ya dan thanks for your nice words:) Ini coba aku jawab:
      1. Enggak harus kayanya, kami lengkapi aja supaya mereka percaya kami memang turis:D
      2. 3 bulan sebelum berangkat.
      3. Bukti booking tiket juga gpp. Cuman kalau mau beli tiket kan harus jauh2 hari ya supaya murah. Nah jadi dilema tuh hehe.. Dulu juga pas beli tegang banget, tapi diyakinkan temen mustinya kalau ada surat keterangan kerja ga akan masalah. Alhamdulillah di approve.

      Have a nice day too, dan semoga lancar ya..

      Delete
  55. Salam,
    Surat Rekomendasi Pemerintah RI (SRPI) wajib nggak ya Mbak? Saya baca di comment yang ada disini sepertinya ga ada yg membahas tentang ini, tapi saya baca di guide lain ada yang ngebahas juga.

    Surat itu menyatakan bahwa pemohon Visa telah memenuhi semua persyaratan.

    Terima kasihhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, wah maaf saya enggak tau soal itu. Harusnya sih enggak ada di syarat yang harus dipenuhi ya. Mungkin pembaca tesyasblog ada yang bisa bantu?

      Delete
  56. mbak saya rencana bulan april mau ke oz smua sponsor dan akomodasi dari calon saya wna oz,kira kira apakah saya perlu melampirkan bukti tabungan atau tidak ? karena tabungan saya kurang kurang dari 20 juta. calon saya melampirkan semua document termasuk bank statement, bukti kepemilikan rumah dan aset, dia yg menjamin smuanya termasuk akomodasi. saya belum ada tket pesawat krn menunggu visa dulu, saya juga sdh risegn dari pekerjaan saya.apakah saya bisa mengurus visa dengan bantuan travel agen ? di surat invited letter tidak di cantumkan tgl pastinya hanya 3 bulan dari bulan april sampai juni, apakah itu menjadi masalah ? karena kami saya akan membeli tiket peswat begitu visa approve. dan apakah itenary tetap di perlukan, mohon informasinya ke astridimelda@yahoo.com, tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Astri, aku coba jawab ya:
      1. Yup, menurut saya lampirkan aja rek tabungannya. Gpp di bawah 20 juta juga.
      2. Bisa aja mengurus lewat travel agen. Tapi kenapa ga urus sendiri aja?
      3. Ga masalah dengan inivitation letternya kalau menurut saya.
      Semoga membantu ya Astri..

      Delete
  57. Hi Mbak Tesya, saya awam banget urusan ini dan saya baru pertama kali nya mau urus Visa Aussie. Yang saya mau tanya, gimana ya cara urus Visa TANPA harus beli ticket pesawat terlebih dahulu? Ada tips2 yang saya perlu tau? Thanks a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba or Mas, sayang nih enggak ada namanya. Salam kenal ya.
      Hmm... kalau pake full airline service, biasanya bisa book ticket dulu, nah boleh juga bukti booking ticket itu aja yang dilampirkan. Tapi kalau budget airline sih enggak ada ya, harus beli tiket langsung. Memang gambling sih (been there, done that), tapi dulu kami gambling karena tiket promo dan pengen visa di approve.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  58. mbatasya, glad to find ur blog. aku kmrn udah apply visa tp kok udh 7 hari kerja blm dpt balasan yaa, biasanya waktu normal prosesnya brp lama kah? agak harap2 cemas jg nih nungginya karena aku brkt ke oz akhir hulan ini huhu :"))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Jessica, thanks ya udah mampir di tesyasblog. Normal proses memang 14 hari, tapi coba deh cek spam folder nya. Siapa tau email dari Kedubes masuk ke spam folder. Semoga granted visa-nya dan have fun ya di OZ:)

      Delete
  59. Siang Mbak Tesya, mau tanya mengenai surat invitation/sponsor dari rekan saya yang ada di Melbourne. Jujur aja dia sendiri juga bingung tentang invitation ini. Bukan bingung tentang penulisan/format nya, tapi setelah invitation letter itu dibuat, apakah surat itu harus dikirimkan lgsg ke indo, ke alamat rumah saya, lalu saya bawa surat asli itu beserta berkas2 lain ke tempat pengajuan Visa? Atau softcopy (by email), lalu saya print sendiri juga bisa?

    Thank youuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...dulu kami minta di email teman kami, kemudian kami print di Jakarta. Enggak masalah kok. Semoga lancar ya pengurusan visanya.

      Delete
  60. Halo Mbak Tesya, boleh share itinerarynya ke avissaraudha@gmail.com? Makasih banyak sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  61. Dear Mbak Tesya,

    Terima kasih atas sharenya tentang aplikasi visa turis australia yang telah banyak membantu kami yang ingin mengunjungi australia dalam rangka berlibur. Saya sedang merencanakan liburan ke Perth pada bulan Mei nanti, dan sangat terbantu dengan informasi yang mbak Tesya share. Saya kebetulan sudah booked ticket, karena penerbangan dari Bali, tempat domisili saya ke Perth selalu penuh :-). Kalau mbak Tesya punya waktu dan tidak menganggu boleh saya minta tolong di emailkan :
    1) Contoh Itinerary dan 2) contoh surah keterangan kerja ke email saya di lightning.fairy@yahoo.co.id
    dan saya ada 1 pertanyaan lagi mbak :
    ketika menyerahkan dokumen SPT apakah juga menyerahkan copy kartu NPWPnya? kebetulan NPWP saya ada perubahan nomor, dikarenakan pindah lokasi pembayaran, jadi kartu baru belum saya dapatkan.

    terima kasih atas waktu dan bantuan dari mbak Tesya, sukses selalu ya mbak.- Fira-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fira, aku udah email ya. Please check.
      Mengenai NPWP dan SPT enggak usah dilampirkan juga enggak apa-apa kok. Kami dulu jadikan sebagai penambah dokumen saja, biar mereka percaya kami pasti kembali ke Indonesia hehe.

      Delete
  62. Siang Mbak Tes,

    Saya masih kurang paham masalah pengisian formulir. Saat kita datang ke AVAC :
    - Kita langsung mengisi form 1419 disana, atau
    - Kita harus download terlebih dahulu form 1419, print, lalu kita isi sendiri, dan tinggal menyerahkan di AVAC?

    Yang terakhir, passport yang kita butuhkan adalah asli dan copyan. Nah, yang kita copy itu selain halaman depan passport dan bagian2 yg sudah terisi saja, atau sebuku passport harus kita fotocopy termasuk halaman2 kosongnya ya?

    Terima kasih banyak Mbak Tesya!

    Joe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Joe, aku coba jawab pertanyaannya ya:
      1. Kita download dulu, di print dan isi sebelum datang ke AVAC. Ohya udah tau kan AVAC sekarang udah pindah ke Kuningan City?
      2. Pada saat pengajuan pertama, aku copy halaman depan, dan paling belakang, ditambah yang udah ada cap. Nah sekarang ini aku lagi ngajuin visa OZ lagi. Tapi aku cuman kasih copy hal depan passport dan hal belakang aja. Karena I assume mereka sudah ada dataku pernah mengajukan visa turis OZ dan visa transit sebelumnya.
      Semoga membantu ya Joe :)

      Delete
    2. Untunggggggg saya post disini, kalau ngga saya ga bakal tau kalau AVAC udah pindah. Thanks banget Mbak, terharu sekali udah dikasitau info penting hahaha.

      Terima kasih banyak sekali lagi!.

      Delete
    3. Hahahah..iya info penting yang kelewat oleh kami *dezigh!
      Aku udah update tulisan ku ya btw..

      Delete
  63. Hello,

    Thanks buat blognya Mbak, sangat informatif. Jika memungkinkan, Mbak Tesya bisa send mail ke saya contoh invitation letter dari rekan di Aussie utk proses pengajuan Visa ini?

    Thanks a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Gerry, thank you udah mampir.
      Aku harus email kemana ya? Atau mungkin Gerry bisa email aku dulu ke tesyas.blog@gmail.com?
      Thanks.

      Delete
    2. Oh ya ampun hehe saya malah lupa kasi address. Saya udah send Mail ke Mbak, atau ini E-Mail address saya : gerrysaputra.23@gmail.com kalau2 email saya barusan gak sampe.

      Thank you Mbak Tesya.

      Delete
  64. Saya melanjutkan pertanyaan Pak Gerry tentang invitation letter, apakah data2 passport si pengundang juga harus ditulis pada invitation letter? Atau data2 pengundang yang diperlukan apa saja ya?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, data yg dibutuhkan adalah: no paspor dan alamat di OZ. Kemudian teman saya menyatakan di dalam surat bahwa saya akan stay di tempat mereka, namun semua expense selama say adi OZ adalah tanggungan saya.

      Delete
  65. Mohon maaf Mbak atas pertanyaan yang sangat simple ini. Tenang penulisan nama (Family Name & Given Names).

    Seandainya nama saya Michael Budiman Santoso, nama marga saya Budiman krn di Ayah saya juga ada nama Budiman.

    Lalu bagaimana ya penulisan nya di kolom Family Name dan Given Names.

    Mohon maaf kalau rada out of topic. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, saya sih sebetulnya kurang paham sama hal ini. Tapi menurut saya ikuti yang lazim mereka lakukan saja, dimana family name itu yg paling akhir, dalam contoh Mas adalah Santoso. Given name nya, Michael Budiman.

      Etapi, Mas mengajukan visa bareng Ayahnya enggak? Kalau enggak berarti aman, kan mereka enggak minta paspor ortu segala.

      Itu menurut saya ya Mas...silahkan kalau ada masukan dari yang lain..

      Delete
  66. Mbak, visa yang Mei dapet single atau multiple entry dengan masa berlaku berapa lama?
    Saya kebetulan lagi cari-cari info biar bisa dapet multiple, syukur-syukur bisa sampe yang 3 tahun, lumayan soalnya visa 1.7 juta hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami dapat multi entry yang setahun. Lumayan banget jadi buat liburan akhir tahun enggak usah apply lagi :)

      Delete
    2. di form emang minta mau multiple, mbak? boleh tau waktu itu nulis alasan apa di formnya? terima kasih :)

      Delete
    3. Iya Eky, form nya ada pertanyaan mau single atau multiple ebtry. Enggak harus dijelaskan sih mau ngapain, dia cuma tanya rencana perjalanan berikutnya tanggal berapa (maksudnya di form itu ada pertanyaannya).

      Kalau belum ada tiket untuk next trip, ya tulis aja planningnya mau balik kapan. Kebetulan kami sudah beli tiket untuk liburan akhir tahun sama Kiddos ke sana, jadi kami lampirkan tikenya juga.

      Delete
  67. Hai mba tesya,aku boleh minta contekan itinerary nya ga ya mba? Aku rencana mau ke Aussie juga tapi bingung krn mau ngedatangin semua hehehe. Rencananya seminggu di Aussie dan semingu di New Zealand.
    Kalo ada itinerary yg ke New Zealand boleh contek juga mba? Tolong email ke desra.mansyur@gmail.com aja ya mba. Terima kasih banyak ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Desra, aku udah email..tolong dicek ya.

      Ke NZ itu paling minimal kaya kami 8 hari, kalau kurang dari itu mendingan enggak usah aja, daripada penasaran hehe. Udah aja ke OZ nya transit, visa transit kan gratis. Full di NZ aja.

      Dengan visa transit, bisa stay 3 hari pertama di OZ, terus ke NZ, balik lagi ke OZ, bisa stay 3 days lagi. Lumanyan kan...

      Delete
    2. Mba, emailnya aku dah terima. makasih ya. Mau nanya lagi nih:
      1. mau make sure aja, itinerary mba yg ke OZ cuma berdua suami kan ya? kalo ama suami dan anak-anak yg ke NZ. Bener kan ya? :)

      2. Visa transit OZ ya? boljug nih hehehe..cara bikin dan dokumen utk visa transit sama ya mba?dan diurus di Jakarta atau pas nyampe OZ? tetep pake invitation letter ga? boleh minta di-email mba contoh surat invitation letter dan surat keterangan kerja, (in English kan ya) ?

      3. Untuk visa NZ, ga pake invitation letter boleh ga?

      Makasih banyak loh mba..sangat membantu utk merencanakan family trip kami.

      Delete
    3. Hai Desra..

      1. Iya betul, ke OZ ama suami dan ke NZ ama kiddos.
      2. Visa transit OZ belum aku posting ya..hehe..you remind me. Bisa masuk ke web nya Kedubes Australia, nanti cari link nya visa transit ya. Oke tar aku email. Yes, in english.
      3. Visa NZ enggak usah pake sponsor. Visa Oz juga ga usah kalo emang ga ada sponsor. Aku ngajuin yang kedua enggak pake sponsor.

      Semoga lancar ya Desra :)

      Delete
  68. Hi Mbak,

    Saya baca di http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklist_Visitor.html : Salah satu dokumen yang harus dilampirkan pada saat pengajuan Visa adalah :

    * Biaya permohonan visa. Lihat http://www.immi.gov.au/allforms/new-visa-charges-1july2013/proposed-visa-pricing-table.htm

    Nah yang saya mau tanya, itu perlu ya Mbak? Soalnya saya baca dari blog nya Mbak Tesya pada bagian syarat2, hal ini ngga disebutkan.

    Kalau seandainya memang perlu, dimana ya saya bisa dapet link download nya utk nge-print biaya permohonan nya?

    Terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo....Mba atau Mas ini ya? Hehe
      Yang harus dilampirkan adalah bukti pembayaran. Payment nya sendiri bisa kita transfer atau kita bayat di AVAC. Semoga membantu ya.

      Delete
  69. Dear mbak tesya,

    Saya anggreni, Senang baca info yang bermanfaat di blog ini, mbak boleh nyontek itinerary nya nga. Email : tioeraan@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anggraeni, salam kenal ya.. Cek email ya, aku udah email itin nya.

      Delete
  70. Mbak tolongin aku... :( gini mbak saya kalau tabungan, surat dari tempat kerja saya pegawai negeri sipil dan sponsor asli australia.. udah oke mbak ... cuma di formulir di minta melampirkan bukti kepemilikan property di indonesia apa harus ada juga mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Sarifah, aku tidak pernah baca soal diminta melampirkan bukti kepemilikan property di indonesia. Aplikasinya untuk visa kunjungan subclass 600 kan ya? Untuk turis sekarang pakai form 1419 atau lebih baik konfirmasi ulang ke VFS mba....

      ini yang ada di web mereka
      http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklist_Visitor.html

      semoga membantu ya mba

      Delete
  71. Hi Mba Tesya, boleh donk ikutan minta diemailin itinerarynya ke email banlongou@gmail.com.

    thanks ya Mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tiya, aku barusan email. Tolong dicek ya..

      Delete
  72. hallo mba Tesya, boleh minta dikirimin juga itinerarynya, email : dj.pradiasa@gmail.com

    makasih mba sebelumnya...

    ReplyDelete
  73. Mbak Tesya, saya Ray, blogny inspiratif sekali,, :) saya ada rencana untuk ke perth akhir tahun ini, btw kira mbak ada contoh itinerary untuk 2 minggu perjalanan? Oy mbak boleh minta tlg email contoh surat invitation dari teman dan surat keterangan kerja? Email saya: horn.trumpet1@gmail.com, Terima kasih ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ray, sorry aku baru balas. Okei sebentar lagi aku email ya.
      Aku baru rencana ke Perth long weekend Mei 2015. Dan belum bikin itinerary nya. Akhir tahun ke Perth 2 minggu? Wuih lama banget ya hehe. Lanjut aja ke Sydney buat nonton NYE Fireworks :)

      Delete
  74. Mbak Tesya, huhuhu... aku kan apply visa Aussie yah (tourist stream) pas aku cek Jum'at kmrn di websitenya vfs katanya udah dikiim lewat email. Tapi pas aku cek emailku (inbox, spam, junk folder) ko ga ada email dr kedutaan Aussie yah? Mba Tesya tau ga ini artinya apa? Apa alamat email yg salah atau visaku ga di approve (amit2 jabang bayi)? Sebelumnya aku sdh 2 kali kesana thn 2013.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...waduh semoga karena cuma salah email ya. Coba aja email lagi ke VFS nya dan bilang belum diterima emailnya. Semoga segera mendapatkan kabar baik ya.

      Delete
    2. Aamiiiiiinn...aamiiin ya robbal alamiiiin...
      Aku udah email vfsnya mba tapi berhubung pemberitahuannya itu Jum'at sore jadi aku harus nunggu 2 hari kerja which will be on Tuesday. Apa aku telfon mereka aja Senin pagi ya? Krn sebetulnya tiketku itu dipesan utk keberngkatan hari Sabtu besok. By the way mba sorry aku anonymous, namaku Usie.
      Mohon do'anya ya mba... Matur nuwun sanget mba...

      Delete
  75. Hi Tesya!

    Makasih atas catetannya yang mendetail! Buat pengajuan visa Januari tahun depan nih dan kebetulan dapet promo Air Asia 4.3 juta dari Jakarta - Melburne PP ^^
    Valid paspornya mesti 1 tahun ya, Maret berangkat trus Desembernya expired brarti harus perpanjang, yahh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Utie,

      Asyik ke Melbourne :) Nah seperti aku ceritakan di atas ada dua dok yang berbeda: satu bilang boleh 6 bulan dan satunya lagi bilang satu tahun. Mungkin di email aja dulu ke Kedubes Australia seharusnya yg mana ya.

      Delete
    2. Noted, mba! Sebulan sebelum apply aku email kedubesnya^^

      Delete
  76. Mau share juga buat teman2 semoga bisa dijadikan bahan referensi. Saya buat visa Oz dibantu travel agent karna memang ikutan paket tour dari travel tsb. Pasport saya masih blank belum pernah ke mana2. Dokumen yg saya serahkan ke pihak travel, bukti surat dari kantor ditanda tangan ama the owner, ktp, kk, dan bukti keuangan. Dua minggu kemudian dapet email dari pihak travelnya VISA OZ saya DI APROVE malah ga nyangka dapet MULTIPLE ENTRY 3 TAHUN. TERIMA KASIH TUHAN. Saya pikir faktor keberuntungan juga berpengaruh. Ga nyangka bisa dapet multiple 3 thn lagi, mikirnya klo pun bisa dapet cuma single entry yg 3 bulan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow so happy for you, selamat ya. Bisa bolak balik ke OZ tuh :)

      Delete
  77. Hi tesya,

    saya mau nanya nih kira2 ada info gak visa aussie tuh mulai berlakunya kapan? soalnya saya baru aja apply visa aussie pas di kolom brp lama saya mau stay disana saya tulisnya tgl 4sept-8sept tapi ternyata saya berubah pikiran buat brngkat tgl 3sept. nah saya mau beli tiket tapi takut gambling, takutnya saya beli tgl 3 eh ternyata visa saya br berlaku tgl 4nya. soalnya dulu saya pernah ke eropa, bisa saya mulai berlakunya tuh bener2 dihari keberangkatan saya.

    thank you,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga..
      Wah susah nih jwb nya. Yang pasti pada saat visa di approve nanti ada tanggal "first date to arrive" dan "last date to arrive".
      Nah first date to arrive nya sendiri tergantung Kedubes kasihnya kapan.
      Hmmm beli tiketnya nunggu visa nya dulu aja kali ya?


      Delete
  78. Alo Mba Tesya, blognya manfaat bgt. Tp saya mau tanya lg, kalau untuk invitation letter nya untuk formatnya ditujukan kemana ya mba ? Bisa minta tolong diemailkan contoh invitation letter yg mba Tesya punya dari temen mba itu ga ya ? Krn rencananya desember ini saya, suami & anak mau berkunjung ke tempat kakak saya yang tinggal di Oz. Ini alamat email saya mba : adena_04@yahoo.com. Terima kasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Adena, aku email ya sample suratnya.

      Delete
  79. Hai Mbak Tesya , ternyata tetep aja ... apply Visa OZ betul2 bikin sport jantung ya ha ha ha , tapi explore OZ mmg menyenangkan apalagi kalau bablas ke Tasmania ( jempol kuadrat deh ... ) - NURUL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nurul...aaah, aku jadi inget belum buat ebook Tasmania, padahal aku pengen banget mengingat foto foto super keren di Tasmania. Pengen balik lagi yah rasanya hehehe...

      Delete
  80. Mbakkkkkkkk,, hasil browsing aq ketemu blog nya mbak ni. kasus kita samaaa tapii maslahnya aq ajuin visa by post tgl 13 agustus. trus dpt sms aplikasiku diterima tgl 18 mbak. jadwal brangkat saya tgl 26 agustus ini lwat singapur. tapi sampe hari ini visa saya belum ada kabar. deg deg an bgt mbak. gimana ya. apa yg harus saya lakukan. mohon saran mbakkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ellen, waduuuh...ini udah tanggal 23 Agustus ya. Udah coba cek email? Spam nya coba dilihat siapa tau masuk spam? Semoga kaya kasus aku, empat hari kerja. Jadi selesai tgl 22 Agustus kemarin. Dan semoga nanti Senin udah ada kabar ya.

      Delete
    2. belum ada mbak. klo uda keluar biasanya sms juga. :( kayaknya batal ni aq pergi. tgl senin sama selasa ja lgi mana aq blum ada prepare krna visa blum ditangan. baru empt hari kerja mbak. iya senin klo uda ada kabar masi bisa slasa ke singapur. tp ya mau gmn lagi. pasrah aq nya.

      Delete
    3. Wah Ellen, so sorry to hear that... Semoga lain waktu bisa dapet visanya on time dan bisa liburan ke Oz ya..

      Delete
  81. Hello...saya baca postingan teman2 seru juga yaa pengalaman apply visa nya...November tahun lalu saya juga ngajuin partner visa&baru 12 agustus kmren saya dapet email kalo visa saya sudah selesai. Saya mengajukan visa dari oz&semuanya diurus suami disana. Suami saya memakai jasa lawyer yang biayanya lumayan fantastic untuk ukuran Indonesia 2x lipat biaya visa saya. Pada waktu itu dia menjanjikan kalo visa saya akan selesai 4-6 bulan karena kami sudah menyerahkan semua dokumen dan bukti untuk kedutaan&keuntungan lainya suami saya adalah warga Negara oz yang bisa mempermudah&mempercepat proses visa saya, seperti itulah penjelasan yang saya terima dari lawyer saya. saya masukan dokumen November 2013 dan baru diterima februari 2014,Sempat khwatir juga waktu itu karena saya nunggu sudah lebih dari 6 bulan dan tidak ada perkembangan apapun. Bahkan saya sempa pesimis karena sudah 8 bulan tidak ada berita. Akhirnya penantian pnjang saya terjawab sudah di bulan ke-9, Visa saya keluar 12 agustus kmren dan akan jatuh tempo 8 oktober. Syukur Alhmdllah masih tidak percaya kalo visa saya sudah keluar saya pikir akan keluar setelah 12 bulan sesuai dengan batas max dari kedutaan. itulah pengalaman saya dengan partner visa oz.. untuk teman2 yang ingin mengajukan partner visa saya sarankn serahkan semua dokumen yang diminta dan berikan semua bukti kebersamaan dengan pasangan dan yang paling penting sediaan stok sabar untuk menunggu prosesnya karena membutuhkan proses yang sangat panjang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rini, thank you untuk sharingnya. Lama juga ya proses pengajuan partner visa ini.
      Syukurlah udah keluar visanya.

      Delete
  82. mba mau tanya.. visa saya bersama istri dan anak saya baru disetujuin setelah menunggu hampir 2 minggu, walaupun dari AVAC proses pemberitahuannya bahwa pengurusan visa masih proses namun saya sudah di email dari pihak kedutaan bahwa visa saya disetujuin untuk setahun (multiple), kami rencana ke oz pertengahan bulan ini, apakah kita hanya menunjukkan print out dari kedutaan saja pada saat di imigrasi oz nanti mba? krn baru pertama saya dapat visa berupa kertas hasil print out format pdf. buat sharing aja, kebetulan saya PNS dan istri wiraswasta rumah makan, namun untuk apply visa saya hanya minta sponsor dari atasan kita langsung untuk keluarga dan menyatakan kita cuti dan untuk copy rek tabungan sebaiknya gabungan sama istri kalau penghasilan istri lebih besar, karena yang saya tau pihak kedutaan memastikan kita bukan pencari pekerja disana dan pasti kita balik kembali ke Indonesia. semoga sharing ini bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas or Mba...salam kenal ya. Selamat visa nya sudah granted, dan thank you untuk sharing serta tipsnya :)

      Mengenai visa, nanti pas sampai di OZ cukup memperlihatkan passport aja. Lembar visa nya disimpan aja, diperlihatkan jika perlu. Karena di sistem mereka sudah teregister visa kita, jadi tidak perlu memperlihatkan printed visa lagi.

      Have fun in OZ :)

      Delete
  83. hi mbak boleh aku di email sample surat nya dan contoh itenerary nya? email ku
    mdiaris@yahoo.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  84. halo mba tesya boleh tolong kirim contoh itinerarynya ke saya? nasihat.ulya@gmail.com trimakasih mba:)

    ReplyDelete
  85. ini pengalamanku mengajukan visa ke australiahttp://sayabackpacker.wordpress.com/2014/10/07/tips-mencari-visa-turiskunjungan-ke-australia/

    ReplyDelete
  86. Hi mbk tesy slm kenal....saya berencana pergi ke aussie tahun depan, tp suami akan berkunjung ke indonesia lebih awal untuk membereskan prosesnya ini.semua biaya akomodasi akan di tanggung suami saya yg asli warga aussie.kira kira waktu pembuatan visanya apa pake interview ky bkin paspor? Adakah itu apa wawancaranya rumit ? jika suami sayaa mendampingi saya dalam pembuatan visa ini akan lebih membantu tidak ya mbk.mohon tipsnya ya mbk..doakan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wiwin, salam kenal ya..

      Untuk mengajukan visa Australia, tidak ada interview. Jadi applicants datang ke kantor AVAC, menyerahkan berkas ke petugas AVAC (bukan petugas Kedubes loh ya). Kemudian tinggal deg2an tunggu email visa nya di approve atau tidak.

      Mudah kok prosesnya, yang ga mudah tegangnya aja hehehe :)

      Delete
  87. Maaf ngetik namanya mbak salah...maaf ya mbak :D

    ReplyDelete
  88. Jika visanya yg buatkan suami saya yg asli aussie lebih mudah tidak ya mbk?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...