Bis dari Pontianak ke Kuching


Untuk cerita kali ini, ijinkan saya menulis dalam bahasa Indonesia ya, karena posting ini bertujuan sharing pengalaman perjalanan naik bis dari Pontianak ke Kuching. Siapa tau ada our Indonesian blog readers yang mau backpacking ke Kuching melalui Pontianak.

Liburan ke Kuching ini berawal dari iseng ajak temen yang ikut business trip ke Pontianak. Ga disangka 4 orang berminat dan kami sepakat pergi dari Pontianak Jumat malam naik bis, pulang kembali ke Pontianak menggunakan MASwings. Awalnya agak ragu juga naik bis malam selama 10 jam, tapi karena MASwings hanya terbang pagi hari dari Pontianak, dan hari Jumat kami masih kerja, kami pun memilih bis. Kami pikir kalau pergi Sabtu pagi, waktu kami di Kuching akan teralu singkat.

Jumat malam, kami sudah stay tune di kantor bis SJS. Sebetulnya banyak bis lain yang melayani rute Pontianak ke Kuching ini, misalnya Damri dan EVA. Kami dibantu oleh teman kami di Pontianak Venicia Febrianti, untuk membeli ticket bis. Veni membelikan kami ticket bis SJS dan ternyata merupakan pilihan yang tepat, karena bis SJS yang kami naiki hanya berisi 9 penumpang. 

bis SJS tujuan Kuching


Ada dua macam bis SJS yaitu executive (36 seat) dan super executive (19 seat). Kami memilih bis super executive seharga Rp 220.000/person dan mendapatkan bis dengan tempat duduk 2-1, leg room yang luas, tempat duduk yang empuk dan bis yang dingin. Oya, untuk yang ingin lebih murah, bisa naik bis executive seharga Rp 165.000 per orang. Melihat keadaan bis, kami yakin sekali bisa menikmati perjalanan malam itu, sampai kami merasakan bis kami oleng.

Iya..bis kami oleng ke kiri dan kanan menerjang jalanan berlubang nan banjir! Kami yang baru saja mencoba tidur, terbangun mendengar kehebohan supir dan sang asisten menerjang banjir. Setelah melewati area itu, kami pun tertidur kembali sampai terdengar suara terikan sang supir. Kali ini supirnya berantem sodara-sodara! 

Kami kembali terbangun dan melihat di depan kami jalanan dari tanah, becek (plus ga ada ojek). Kami lihat jam sudah menunjukan pukul 12 malam, namun banyak sekali mobil dan motor dari arah berlawanan yang menutupi jalan bis kami. Rupanya mereka tidak sabar antri dan mengambil jalur yang berlawanan. Cukup lama kami terjebak di area itu, setelah pertengkaran usai, bis kami bisa melaju di jalan sempit dan berlubang sebesar kolam. This is serious! 

Saya sedih sekali betapa pembangunan di negeri ini tidak merata. Sehari sebelumnya saya melakukan business trip dari Pontianak ke Singkawang dengan jalan super mulus. Namun jalan yang saya lalui dengan bis malam itu, tidak layak disebut sebagai jalan, melainkan kubangan! Kalau Pemerintah Pusat tidak percaya dengan deskripsi saya, coba deh naik bis dari Pontianak ke Kuching. Daerah dengan kerusakan jalan terparah itu di sekitar Tayan. Semoga saja ada pegawai Departemen PU yang membaca tulisan ini dan tergerak memperbaiki jalan di sana. Sayang memang saya tidak sempat foto, tapi memang susah untuk mengambil gambar karena bisnya oleng terus.

Bis kami berhenti sekitar pukul 1 pagi di restoran Roda Minang. Saya lihat banyak yang makan malam itu, sementara supir saya sibuk curhat kepada sesama supir bis pertengkaran yang baru ia alami. Saya sih udah hilang nafsu makan, tapi saya tetap turun untuk toilet break dan foto-foto:p

pemberhentian bis dini hari di restoran Roda Minang

Setelah istirahat, bis kami melaju kembali meneruskan perjalanan ke Entikong. Saya sempat comment ke Veni, daripada bis kosong, lebih baik bis-bis dari Pontianak ini digilir saja harinya. Kan sayang buang-buang bbm. Seperti bis saya yang hanya 9 orang, saya ga yakin apakah bisa menutup biaya operasionalnya? Ditambah lagi banyaknya bis dijalan rusak membuat kemacetan bertambah panjang.

Kami sampai juga di Entikong jam 3.30 am, dan Pak Supir meminta kami tunggu di bis dulu hingga pintu perbatasan dibuka. Sekitar jam 5 kurang 15 menit, kami dibangunkan dan diminta turun semua menuju gerbang.


menunggu gerbang dibuka

Weekend kali itu bukan long weekend, sehingga antrian imigrasi tidak panjang. Proses pemeriksaan passport pun berjalan lancar. Kami sempat toilet break di area pemeriksaan imigrasi Indonesia, omg kondisi toilet mengenaskan. Jadi dari pengelaman saya, lebih baik menunggu hingga tiba di kawasan imigrasi Malaysia.

Setelah cap passport di imigrasi Indonesia, kami terus berjalan dan menemukan gerbang lainnya yaitu pos pemeriksaan imigrasi Malaysia. Kami pun kembali antri di sana, sementara bis melewati gerbang khusus kendaraan dan menunggu semua penumpang. Saya orang Indonesia asli 100% dan mencintai Indonesia sepenuh hati, tapi saya harus jujur, dari kantor Imigrasi kedua negara ini saja sudah terlihat jelas yang terawat dan tidak terawat!

bis yang menunggu penumpang di perbatasan Malaysia

Sekitar jam 7.30 waktu Malaysia, pemeriksaan passport sudah kami lalui. Kami membawa backpack kami turun dari bis, tidak ada pemeriksaan sama sekali atas barang yang kami bawa turun loh. Hmmm...aneh juga ya.

Kami melanjutkan perjalanan ke kota Kuching yang masih 1,5 jam dari perbatasan. Begitu masuk Malaysia kami disuguhi jalan mulus beraspal, tidak ada yang rusak sama sekali. Kabut di pagi hari itu menambah kekaguman kami.

one beautiful morning, picture was taken by Nursehan The


Mendekati kota Kuching mulai terlihat jalan yang lebih besar lagi..

memasuki kota Kuching, picture was taken by Nursehan The

Sekitar pukul 9 pagi, kami tiba di Kuching Sentral, sebuah terminal bis yang megah dan bersih. Di sana kami melanjutkan perjalan ke Lime Tree Hotel menggunakan metered taxi, dengan voucher resmi yang kami beli di taxi counter.

terminal bis yang super nyaman

Akhirnya kami tiba kurang lebih sama dengan kedatangan MASwing yang berangkat pagi itu dari Pontianak ke Kuching. Ada sedikit penyesalan kenapa kami tidak memilih pesawat saja daripada harus melalui one scary night on the bus. Tapi on the second thought, ada baiknya juga kami mengalami hal ini, sehingga kami tau betapa parahnya keadaan jalan rute Pontianak ke Kuching.

Semoga tulisan ini menjadi perhatian Pemerintah Indonesia untuk segera mengambil tindakan memperbaiki keadaan jalan di sana. We are a big nation, I believe we can do it.



written on July 12, 2013

90 comments:

  1. boleh tau alamat dan nomer hp agen bus bus tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, ini saya dapat dr google link nya: http://visitpontianak.com/index.php/bis

      SJS no tlp nya: 73-4626,73-9544,76-5651

      Dengan alamat: Jl. Sisingamangaraja No.155

      Hope it helps ya..

      Delete
  2. Bis Antar Negara (Kuching,Sarawak, Malaysia & Brunei)

    ADBS, Jl. Tanjung Pura No.248, Telp.717-7773, 717-7772, ke: Brunei
    ATS, Jl. Pahlawan No. 58, Telp.74-0308, ke: Kuching
    Bintang Jaya Express, Jl.Tanjung Pura No.310A, Telp.659-7402, 752-2200, ke: Kuching
    Damri, Jl. Pahlawan No.226/3, Telp.74-4859, 74-0049, 707-6849, ke: Kuching, Brunei
    Eva Express, Jl. Sisingamangaraja, Telp.74-3045, 0811-57-1218, ke: Kuching
    SJS, Jl. Sisingamangaraja No.155, Telp.73-4626,73-9544,76-5651, ke: Kuching, Brunei
    Sri Merah, Jl. Sisingamangaraja No.137, Telp.73-3175, 0821-5001-5114, ke: Kuching
    Tebakang Express / Biaramas Express, Jl.Diponegoro No.165, Telp. 76-5018, 73-4559, ke: Kuching
    Murni HJ Saban, Jl.Trans Kalimantan Ambawang Ruko No.88N, 0858-2208-4886, ke: Malaysia, Brunei
    -------- oooooOOOooooo ---------

    ReplyDelete
  3. penulisan yang bagus.
    andai perjalanannya bukan ke Kuching tetapi terus ke wilayah Kal Bar bagian Timur (Sanggau, Sintang, Putusibau), perjalanan akan makin menyenangkan. dijamin bus goyang hampir sepanjang perjalanan, sehingga tidurnya akan makin pulas :p hehheehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..thank you udah mampir. Errr kayanya saya agak kapok nih dgn perjalanan bis ini dan kalau harus terus ke Kalbar bagian timur..hmm..enggak kebayang deh..hehehe

      Delete
  4. @Tesya/anonymous boleh minta alamat emailnya ga ya..?? Mhon maaf sebelumnya..saya mau nanya untuk bis jurusan Pontianak Kuching dan sekitar'y...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kok saya enggak ada notifikasi komen ini ya..maapkan Adjie, telat banget.
      Email saya tesyas.blog@gmail.com

      Delete
  5. Maaf pak mau nanya.
    Di kntor imigrasi malaysia bayar ga pas masuknya? Terus banyak pertanyaan ga dr pihak imigrasi malaysianya. Saya mau nyoba ksna. Terimaksh atas tulisannya sngat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, enggak bayar masuknya. Kita cuman menyerahkan paspor aja.
      Saya sih ditanya mau ngapain di Kuching, pulang kapan..gitu aja kok.

      Delete
  6. Kalo brgktnya mlm dr pontianak bis nya jln jam brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dina, saya waktu itu berangkat jam 9 malam. Bus nya rata rata berangkat jam segitu.

      Delete
  7. min mau tanya.. kalo di kuching tempat wisata yg pernah mimin kunjungi ap ja? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas or Mba, saya bukan admin, panggil saya Tesya aja.
      Tempat wisata yg saya kunjungi bisa dilihat di Post "10 Hours Exploring Kuching" link nya saya kasih di bawah posting ini (di bagian Related Post). Thank you.

      Delete
  8. sekedar berbagi

    http://nikodemusoul.wordpress.com/2014/08/05/kuching-malaysia-the-second-kun-thien-the-big-san-keuw-jong/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, thanks for sharing.
      Eh skrg udah ada terminal bus khusus nya di Pontianak. Aaah keren!

      Delete
  9. Hi mba tesya, baca artikel ini sangat mengasyikkan, hahaha...seandainya mba naik pesawat tentu tdk akan mendapatkan pengalaman unik spt ini :) Kalo diinget2 lagi, bisa bikin kita senyum2 sendiri. Seperti masuk mesin waktu ya, zaman lampau ke zaman modern :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Ocha, kapan-kapan cobain deh, siapa tau jalannya sekarang udah lebih baik hehe. Amin..

      Delete
  10. Makanya bentuk negara federasi juah lebih baik, infra struktur menjadi tanggung jawab negara bagian. NKRI bikin rusak wajah negri. Sudah betul Indonesia dulu dg federasinya, jika federasi urusan pembangunan bukan urusan pusat tspi urusan negara bagian itu sendiri. Ini jakarta yg punya urus, jangan salahkan Kalbar. Ka i org Kalimantan sangat kecewa dg sistem pemerintahan kita. Indonesia secara politik sdh ok hanya sj pembangunannya yg buruk ditambah lagi gutu guru mafia semua berasal dr Jakarta. Koruptor daerah berguru dg koruptor di Jawa dan Sumatera. Disanalah biang kehancuran negeri ini, ditambah lagi oleh mafia dagang.

    ReplyDelete
  11. Tdk ada beda antara org sarawak dengan kami orang kalbar, kami sama sama org kalimantan, yg membedakannya hanya negara saja. Org sarawak sama suku bangsa dg kami org kalbar kenapa kelihatannya org sarawak lebih modern dan maju itu disebabkan karena sistem negara kita ini yg tak jelas. Org luar selalu bilang di sarwak lebih baik dan di kalbar kondisinya memprihatinkan, kok kalbar? Jakarta dong yg punya dosa. Menjadi bagian dari negara Indonesia sangat mengecewakan. Jika suatu saat Kalbar berdiri menjadi negara bagian maka kondisinya akan jauh lebih baik dr pada sekarang. Indonesia yg urus org Jawa dan Batak yg isi otaknya korupsi melulu. Mereka itulah guru perusak negeri ini. Orang sarawak terdiri dari orang melayu, dayak dan cina tidak dikendalikan jawa dan batak ternyata lebih hebat dari pada indonesia yg dikendalikan jawa dan batak. Suku bangsa ternyata berpengaruh kepada pola pikir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan samakan Indonesia dengan Malaysia yang secara geografis jauh berbeda, memang secara pembangunan fisik lebih berhasil malaysia dari Indonesia karena luas wilayah dan jumlah pendduk yg jauh berbeda tetapi sistem pemerintahan kita jauh lebih demokratis dari mereka.Dengan perubahan pemerintahan yang ada sekarang kita yakin akan segera kalahkan malaysia.

      Delete
  12. Kerajaan Sarawak sungguh baik dgn orang Indonesia.Pernah pergi ke Serikin dekat Bau, orang Indonesia di benar berdagang di dalam wilayah Sarawak. Sekarang saya lihat byk sekali kenderaan dari Indonesia masuk ke Sarawak mengunakan Jalan Tran Borneo iaitu highway dari Kuching sampai ke Sabah....

    ReplyDelete
  13. nice infonya, mampir mapir ke ke sini juga boleh http://kultura.co.id/menyepi-di-pulau-moyo.html

    ReplyDelete
  14. Hi, terima kasih diatas artikel yang sungguh bagus dan berinformasi ini. Saya sedang merancang hendak melawat Pontianak dan pada mulunya fikir hendak naik kapal terbang, tetapi sekarang setelah membaca artikel ini saya ingin mencuba guna bas. Di perjalanan, semasa turun makan, adakah warong menerima RM atau rupiah? Dan agaknya beberapa harganya untuk makan nasi biasa? Terima kasih!

    Maaf saya tulis Bahasa Malaysia, tapi saya agaknya anda juga faham 99.99%. Kerana saya baca artikel anda saya faham juga 99.99%!

    ReplyDelete
    Replies
    1. The only thing I had to look up is "supir".. didn't know what that is! Then found out it means "driver", we called it "pemandu" or "dreber" =)

      Delete
    2. Hi, yes "supir" is "driver" :)
      Saya tidak tahu apakah rumah makan menerima RM, tapi kalau harganya sekitar IDR 30,000.
      Have fun ya naik bus, semoga jalanan sudah lebih baik sekarang,

      Delete
    3. Terima kasih atas jawapan anda! Saya tengah belajar bersungguh sungguh Bahasa Indonesia.. (Bisa = Boleh). Disekitar Pontianak adakah ada small town yang lain yang interesting and bisa dilawati for day trip atau bermalam?

      Markus

      Delete
    4. Hai Markus, semoga cepat lancar ya Bahasa Indonesianya:)
      Saya waktu itu bermalam di Singkawang, bisa liat juga di tesyasblog bagaimana saya menghabiskan satu hari di sana. Saya suka suasana tenang di Singkawang.

      Delete
    5. Ah Terima Kasih! - Markus

      Delete
    6. Tesya nama akun facbook kmu apa.
      saya inggin berteman.

      Delete
    7. FB Fanpage kami: Tesyasblog

      Delete
  15. Hi ! Some questions for you.

    What are the better bus companies that you would recomeend for the PNK-KCH journey, for safety and comfort?

    And, do you know of any mobile perpaid SIM plan, just for data package...0.5-1Gb will do.

    Thanks!

    ReplyDelete
  16. Hi Markus,statmen saudara ttg kondisi Kalbar salah urus krna org Jawa n Batak tak berdasar n tendesius,perilaku korupsi tak memandang suku,agama n ras,lihat di Sintang mantan Bupati.Simon n Mikael Abeng Ketua DPRD nya mreka berdua "oknum" suku dayak yg korupsi dana pembangunan daerahnya,atw Usman n Zulfadli mreka berdua mntan Gubernur n DPRD Kalbar dri oknum suku Melayu,mreka diperiksa Polda krna korupsi,skrg era otonomi daerah n diberikan wewenang utk mngatur daerah sendiri,lw PAD kecil tak mungkin dpt kue pembangunan besar,jdi skrg tergantung pimpinan derah mampu ndk mengelola duit rakyat utk pembangunan,lain kali berpikir kritis tapi d landasi fakta dan data bung,bukan hanya ats kebodohan nuan semata....

    ReplyDelete
  17. That wasn't me.

    ReplyDelete
  18. Tidak semua jalan di P. Jawa itu mulus, mungkin yg sering anda Lihat adalah, Jalan2 yg ada di film dan Sinetron di tv yg Sebagian besar di ambil di wilayah Jabodetabek, karena msh banyak juga jalan di P. Jawa yg berlobang, Silahkan berkunjung ke P. Jawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir. Iya setuju, jalanan di Pulau Jawa juga banyak berlubang (:

      Delete
  19. Sesungguhnya saya amat mencintai kalbar. Saya sudah 5 kali ke sana. Dan mempunyai banyak kawan di sana. Walaupun pecahan kaum di Sarawak dan Kalbar sama. Namun tidak pernah ada sengketa antara mereka. Saya ingin pergi ke sambah. Tanah asal saya melalui biawak/aruk jun ini. Wish me luck.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, salam kenal ya. Semoga lancar pejalanannya di Juni ini.

      Delete
  20. Ad no bus kuching pulang k pontianak gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mba Sumi, saya enggak punya contact nya. Mungkin Mba bisa googling ya.

      Delete
  21. Saya mau tanya ni saya kan mau pulang ke pontianak. Dari kucing ke pontianak.
    status saya kan di paspor sebagai pelaut saya mau pulang ke pontianak naim bus . Itu syarat dan ketentuan nya apa saya nanti di imigrasi malaysia.
    sedang kan status di paspor saya sebagi pelaut.
    mohon info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Hadi, maaf saya enggak paham, apakah paspor pelaut itu sama dengan paspor umum yang berwarna hijau?

      Syaratnya sih selama passpor hijau nya berlaku enggak apa-apa Mas.

      Semoga lancar ya perjalanannya nanti.

      Delete
  22. Jadi ketawa saya baca posting ini pas inget tentang kondisi jalan pontianak ke kuching..saya asli dari kuala lumpur dan merasa sedih melihat jalan di kalimantan barat yang rusak parah (ga bisa komentar bagian kalimantan yg lain, krn blum pernah ke sana)..emang tampak berbeda banget klu saya bandingin ama jalan2 di daerah indonesia yg lain..sumatera..sulawesi..jawa....fuhh..oiya, suami saya kerja di sintang dan perjalanan pertama kali saya lewati ke sintang pada desember thn lalu...untuk ke sintang saya perlu tukar bis di dekat RM Sosok..perjalanan menaiki bis damri dari kuching sampai ke sosok amat menyenangkan..jalannya mulus.tapi..setelah itu semuanya bagaikan mimpi ngeri...kondisi jalannya bagaikan sedang menaiki kapal dari jakarta ke lampung..saya sempat berfikir, apa ga ada pemerintah di indonesia yang pernah melewati jalan di kalimantan ini??Sayang sekali krn kalimantan kaya dengan hasil bumi, tapi klu yang bisa nikmatin cuma yang hidup di kota besar (jakarta).....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Miss Lisa, salam kenal ya..
      Iya sedih melihat kondisi jalan di sana, semoga suatu saat nanti bisa bagus jalannya. Amiin..

      Delete
    2. Perlu mba ketahui bahwa jalan Pontianak-Putusibau dan Pontianak-Entikong itu tugasnya Jakarta, Pusat Idnoensia begitu dalam undang-undangnya, jadi masalah jalan yang rusak Kalimantan Barat dapat nama jeleknya, Jakarta yang tidak perduli memperbaikinya. Kasihan kami di Kalbar selalu kena getahnya, yang korupsi di Jakarta sana yang sengsara di Kalbar. Jalan-jalan itu statusnya milik pemerintah pusat bukan Kalimantan Barat, seharusnya mba mengatakan "sedih ketika melihat jalan-jalan di Indonesia, bukan di Kalbar, kami tidak mau sebab itu tangung jawab Pemerintah Pusat". Kalau uangnya dan kebijakannya di Kalbar maka jalan itu akan segera di bangun.

      Delete
  23. jadi pengin jalan jalan ke kalbar lewat darat,,,,

    ReplyDelete
  24. Hi mbak tesya, salam kenal. Mau tanya bisnya berangkat dari pool bis sjs atau dari terminal ambawang ya? kbetulan saya berniat naik bis ke kuching

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, salam kenal...bis saya waktu itu dari pool SJS. Tapi saya enggak tau ya Mas kalau sekarang. Coba ditanyain ya Mas.

      Delete
  25. Kenapa jalanraya dari Sambas ke Kuching belum dibina lagi padahal Jalan dari Biawak sudah beraspal dan mulus sampai ke Kuching..

    ReplyDelete
  26. Sekarang Kerajaan Sarawak sedang membina jalan Pan Borneo dari Sematan ke Teluk Melano dekat Tanjung Dato sepanjang 33KM dgn kos RM700 juta dan apabila siap pada 2018 senanglah orang Sarawak pergi ke Temajuk dan Camar Bulan di wilayah Kalimantan Barat.

    ReplyDelete
  27. mau tanya dong,, kalau mau pesan tiket bus nya gimana y,,,? kita telfon atau pergi langsung ke tempat terminal bus nya...? dan juga ntar waktu mau pergi, bus ny yang jemput atau kita ke tempat terminal bus nya,,,? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Sany, dulu kami dipesankan oleh teman saya yang tinggal di Pontianak. Jadi waktu Jumat malam kami ke pool bus nya, kami sudah punya tiket.
      Waktu pergi dan pulang, bus hanya ke pool. Penumpang yang datang kesana.

      Delete
  28. Hallo Mbak Tesya, mau nanya hal pemesanan tiket ke kuching kalo dari airport supadio sudah ada gak? kebetulan saya orang banjarmasin mau jalan-jalan lagi untuk kedua kalinya, takutnya gak ada untuk tiket bis kedatangan jam 1 atau 2 siang.. kalo bisa yg enak dan murah itu pakai bis yg mana? insya dibulan april 2016 ini saya akan berkunjung kepontianak, mohon sarannya mbak.. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, menurut saya sebaiknya tiket pesawat dibeli online, jangan dibeli di airport. Lagian kalau dibeli jauh2 hari, murah Mas hehe. Coba cek web nya MASWings ya.

      Nah saya enggak tau bus yang lainnya, tapi saya naik SJS ini dan menurut saya sih recommended. Have fun Mas di Kuching :)

      Delete
    2. Alhamdulillah saya sudah pernah kesana dibulan nopember 2016 tadi mbak, maaf soalnya saya punya isteri sama anak asli orang sarawak. Hehehe.. Sebelumnya lewat jalur transit bjm - sby - kl - kuching butuh banyak sekali biaya. Kalo sudah tau jalan lewat pontianak ya lumayan banyak habiskan waktu dijalan sih, sekitar 8 jam dari bandara dan belum lagi ada sedikit" jalan berlubang tapi bersyukur aja bisa ketemu keluarga disana apalagi ketemu sikecil jadi hilang rasa penat semua terbayarkan dengan rasa rindu dan airmata bahagia.. Makasih mbak infonya sangat bermanfaat..

      Delete
  29. pengen jln2 lah ke sarawak trus brunei. dr kalbar. aseek kaya nya. kalo bawa motor sendiri emang boleh sob ke negara tetangga...? yg pasti duit lah ya. hkhkkhkhk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya enggak tau deh bawa motor boleh atau tidak, rasanya sih tidak boleh ya Mas.

      Iya bawa duit aja:)

      Delete
  30. Kalo brgktnya mlm dr pontianak bis nya jln jam brp ya?

    ReplyDelete
  31. Hi mbak tesya, salam kenal. Mau tanya bisnya berangkat dari pool bis sjs atau dari terminal ambawang ya? kbetulan saya berniat naik bis ke kuching

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Erika, waktu itu dari pool SJS aja sih berangkatnya.
      Have fun ya di Kuching :)

      Delete
  32. wah seru banget nih,,,,crita jalan2 ponti-kuching jadi pingin ke sana. mo tanya juga saya: hotel penginapan di kuching bgm,,,trus kita di sana pake bahasa apa ya, duit rupiah laku apa gak, kalo tidak kita bawa uang dolar atau.....uang kuching...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, saya jawab ya:
      - Penginapan di Kuching murah2 kok, bahkan ada Tune Hotel.
      - Uang yang dipakai harus Malaysian RInggit, sebaiknya tukar dulu sebelum berangkat, Mas. Tukar di Kuching juga bisa sih.
      - Bahasa yang digunakan Bahasa Melayu.
      Have fun Mas di Kuching..

      Delete
  33. Hallo mba..slm kenal..kondisi jalan skrg sdh beraspal dan mulus...sewaktu mba lewat dulu memang kondisinya parah, msh dlm proses pembuatan jalan tembus ptk kuching utk jarak lbh dekat yakni lewat tayan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Margaret...
      Wah senang sekali aku mendengarnya, serius udah bagus jalannya? Semoga bs kesana lagi aku untuk lihat perbedaan dulu dan sekarang hehe..

      Delete
  34. Kuching merupakan salah satu tempat liburan paling dekat dengan Pontinak dengan nuansa luar negeri. Menyenangkan bisa ngabison waktu disana

    ReplyDelete
  35. Ah baru liat artikel ini, padahal saya sendiri tinggalnya hanya berjarak 1jam dari perbatasan. dan memang tiap tahun selalu beli barang malay karna murah dan lebih byk :D salam kenal ya mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah, salam kenal ya...
      Apa betul sekarang jalannya sudah bagus?

      Delete
  36. Mantap nih jalan-jalannya. Saya ada rencana mau traveling ke Kuching. Mau tanya mbak, kalo bus yang dari Kuching ke Pontianak tuh berangkatnya jam berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, salam kenal..
      Dari Kuching ke Pontianak bisa diliat disini ya: http://www.easybook.com/bus-kuching-pontianak

      Delete
  37. pingin juga tuh jalan ke kekuching

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mas, asik kotanya, selow hehe..

      Delete
  38. Salam kenal mbak tesya. Nice blog n nice share!
    Flight dari kuching ke pontianak kok sudah gak ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, salam kenal juga ya. Wah saya enggak tau kalau flight-nya udah ga ada sekarang. Berarti harus PP naik bus ya?

      Delete
  39. halooo mbk bermanfaat skali tulisannya :) mau tanya kl kesana kemari di kuching naik apa? kl naek taxi bayarnya brp mbk? trus satu lagi aman g mbk kl jalan2 disana sendiri?makasih bk :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello..dulu saya naik taksi, tarif taksinya kurang lebih sama dengan di Jakarta. Menurut saya sih aman ya Mba, kota kecil, asal tetap waspada aja:)

      Delete
  40. Itu mb tesya bru liat yg k kucing aja,ke tempat lain kyk sintang.ptussibau.sanggau.sekadau lebih menyedihkan lagi hikss...sedih y mb pembangunannya gak merata gini,merasa seperti di anak titirikan�� btw saya seneng deh baca blog nya mb,kmrn sebelum travelling k KL baca2 blogny mb jg��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal, makasih udah mampir ke blog kami yah..
      Iya saya belum sempat ke tempat yang lainnya, mudah2an infrastruktur Indonesia akan semakin jauh lebih baik ya. Aamiin.

      Delete
  41. Sayang sekali jalan yang jelek gak difoto, jadi kurang komplit report nya...

    ReplyDelete
  42. Mulai bulan juni 2017 Air Asia Malaysia (AK) buka rute Kuching-Pontianak mulai harga Rp 250 ribu. Kompetitor bus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah..tapi pengalaman naik bus tidak sebanding dengan naik pesawat Mas hehe..

      Delete
  43. Salam...saya pernah ke pontianak 2 tahun yang lalu dan mendapat pengalaman yang sama .. perjalanan yang agak scary. Tapi saya menaiki bas dari Kuching pada waktu siang. So saya boleh lihat pemandangan yang indah sepanjang perjalanan sehingga ke Pontianak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for sharing. Wah ternyata bagus ya kalau jalannya siang?

      Delete
  44. Nice info!!! Btw, sekarang jalannya sudah bagus...dari Ponti-sosok-entikong cukup mulus. Perbatasan pun sudah megah, bangga rasanya liat pos lintas batas Indonesia skg ini. Tp sy belum sempat nyeberang perbatasan sih, will be planned soon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Alhamdulillah kalau udah bagus, thanks for sharing the info. Saya jadi pengin kesana nyobain lagi hehe..

      Delete