Menu Natal

(kiri ke kanan: laksa pake kuah celimpungan, pempek, celimpungan, laksa, burgo, pempek lagi)
As rene’s family celebrate Christmas, jadi kita kebagian acara makan-makan nya. Tamu pertama yang dateng pastinya Tante Yan and family sebagai tetangga sebelah. Terus dateng deh tetangga yang lain, murid-murid papa, banyak banget deh tamunya, ga tau lagi sih siapa aja yang dateng, soalnya jam satu siang udah kekenyangan dan take a nap deh.

Menu natal yang di sediain mama papa; ada tekwan (my fave!), pempek (pastinya ada donk), laksa dan burgo pake kuah celimpungan. Mmmm..yummy...
Baca Selanjutnya...

Mie Celor

Beneran, ga salah nulis kok, namanya emang mie celor (bukan telor). Mie ini pake kuah santen yang warnanya peach, terus ada tauge, ebi, dan ada telur nya. Rasanya enaaak banget, mantep deh. Cuman kalo buat saya yang notabene orang bandung, enak nya cuman sampe 5 suap aja, selanjutnya piring diserahkan ke Rene untuk jadi Satgas (satuan gasak sisa) as always.

Saya nyoba Mie Celor ini pertama kali taun 2001 waktu lagi tugas audit ke Palembang. Kita biasa makan yang di daerah 26 ilir. Kmaren kita ke tempat yang sama, dan rasanya sih belum berbeda kondisinya ama 5 taun yang lalu. Di jalan ini juga penuh ama orang yang jual karpet kasur yang kaya kasur tipis itu looh. Kalo di Palembang namanya Lihab (maap kalo salah) Kmaren sempet nanya-nanya harga, gila murah banget. Setengah harga dari di Jakarta pokoknya! Cuman pas mau beli (biasa deh tergoda karena ada yang warna ungu), udah ga tau gimana bawanya. Soalnya pesenan pempek banyak banget. Jadi diputuskan belinya next time aja kalo ke Palembang lagi.

Untuk yang penasaran pengen nyoba kaya apa sih mie celor ini, bisa beli Indomie rasa Mie Celor karena rasanya lumayan mirip. Tapi sayangnya Indomie nya cuman kita temuin di Palembang., ga tau kalo ada yang pernah nemuin di kota lain juga.
Baca Selanjutnya...

Martabak Telor Palembang


Di Palembang ini, martabak telor yang lumayan ngetop namanya “Martabak Har” , cuman karena kata rene yang Martabak Har ini isinya telor doank, jadilah kita pergi ke Martabak Malabar yang ada di Jalan Veteran Palembang, soalnya isinya ada daging dan sayur juga, jadi mirip martabak asin di Bandung. Harga satuannya sekitar Rp 12-15 ribu. Yang beda dengan di Bandung, kalo beli martabak kan biasanya kita makan rame-rame, nah kalo di Palembang ini satu martabak ditaro di atas piring, terus di kasih ke orang-orang, jadi satu orang satu martabak. Terus dikasih kuah kuning gitu, kaya kuah kari.

Pas makan pertama kali, kuahnya dipisah, jadi makannya di cocol gitu ke kuah kari, nah kalo yang kaya gini saya masih bisa makan. Suatu kali mama beli martabak dari pasar, dan saya tuang aja kuahnya semua ke piringnya (soalnya ngeliat yang lain makannya kaya gitu semua). Ternyata dengan keadaan martabak basah kaya gini, saya cuman bisa masuk 3 potong aja, selebihnya rene aja deh yang ngabisin. Ternyata masih ga bisa ngikutin cara orang palembang makan hee hee..
Baca Selanjutnya...

Happy Birthday Blacky

Blacky udah nemenin kita selama dua taun ini. Psst blacky ini bukan anjing, melainkan mobil kita yang warnanya item, jadi aja namanya blacky. Pokoknya Blacky adalah saksi kita dalam merintis kehidupan pernikahan kita hee hee…Walopun cuman 1000 cc, blacky cukup tangguh untuk dibawa jarak jauh; rumah ke kantor ataupun ke Bandung. Biaya perpanjangan STNK nya murah, bensin nya juga irit 1-13 (even until now), perawatannya murah, pokoknya hati tenang deh bawa si Blacky.

Tahun 2006 ini merupakan a tough year untuk blacky. Ditabrak di puteran plumpang, dan yang nabraknya kabur, terus pernah juga di cibubur angkot depan kita ngerem mendadak jadi kita nabrak besi yang nangkring manis di belakang angkot itu. Tapi untungnya ada si don’t worry be happy.. jadi tinggal di claim aja (walopun belun sempet, dan akhirnya insurance udah musti renewal).
Thanks Blacky yang udah setia ama kita, dan thanks selama ini blacky ga pernah rewel. Please please keep up the good work!

Baca Selanjutnya...

Sushi Tei


Kami berdua enggak suka-suka amat ama sushi, selama ada makanan mateng, ngapain makan yang mentah, iya kan? Cuman karena ngeliat antrean yang selalu panjang di Sushi Tei Plaza Indonesia, kita pun nyobain dan ketagihan deh ampe sekarang.




Sebenernya kami tertarik nyoba sushi train-nya. Itu looh sushi yang jalan di atas rel. Lucu aja kaya di film-film. Pas pertama ke sana bingung, milih yang mana, kok terus ada berwarna warni piringnya? Ternyata masing-masing warna piring reflect harganya. Yang kita inget, kita tulis di sini. Piring kuning 35 ribu, merah 26 ribu, item 19 ribu, pink 13 ribu, biru muda Rp 8.500 dan piring putih yang paling murah Rp 5.500. 

Tapi jangan salah piring putih ini jarang sekali keluarnya. Dan sekali kita dapet isinya cuman nasi pake telur dadar (di rumah aja kali ya bikin telur dadar mah heehee…) Jadi nih kalo kita makan di sushi bar, tinggal sesuaikan budget dengan warna piring yang kita pilih.


Teh khas jepang yang namanya Ocha bisa kita dapetkan gratis, jadi enggak perlu mesen minum lagi. Selama ini kita selalu makan yg Sushi Tei yang di Bandung, soalnya restorannya gede dan bagus banget. Ada kolamnya gitu di dalem restoran, dan kalo kita jalan ke toilet, kita akan jalan di atas kolam itu dengan lantai kaca. Keren deh pokoknya.

Ada beberapa juga di Jkt, di Plaza Indonesia, PS dan Senayan City. Sekali waktu kita makan yang di Senayan City (di restoran yang ini ada beberapa private room gitu, ditutupi ama tirai) dan nyoba pesen yang dari menu. 

Setelah bingung milih-milih akhirnya rene makan beefkatsu zaru soba, mie dingin warna ijo, aneh banget deh. Sedangkan saya setia dengan menu salmon aja, jadi pesen salmon teriyaki jyu. Rasanya enak sih, tapi untuk kantong kita sih harganya yg 50 ribu satu porsi agak kemahalan, makanya kita putuskan the next time makan di sushi tei, makan sushi bar aja deh.




written on December 17, 2006 by @tesyasblog

Baca Selanjutnya...

Surat Cinta untuk Teteh

Assalamualaikum Teteh,

Semoga Alloh senantiasa melimpahkan kekuatan dan kesabaran untuk Teteh...Amin.

Teh, saya adalah satu dari sekian juta penggemar suami Teteh. Udah sejak kuliah saya menjadi pengagum Aa, jauh sebelum Aa muncul di TV. Bangga donk ada orang Sunda yang begitu di idolakan masyarakat. Tausyiahnya sederhana, tapi sangat menyentuh aspek kehidupan sehari-hari. Setiap pagi, ceramah Aa dan Teteh di radio yang menemani perjalanan saya dan suami ke kantor. Pas bulan ramadhan kalo lagi di rumah, sebelum adzan magrib, cari stasiun TV yang munculin ceramah singkat Aa. Kalo ada rezeki untuk Haji dan Umrah, saya pengen banget ikutan MQ tour & travel, biar bisa pergi ama Aa dan Teteh. Kalo mau beli mineral water dalam gelas, seneng banget rasanya kalo nemu MQ jernih. Bahkan waktu suami saya convert to Islam pun tempat yang kami pilih adalah Daurat Tauhid cabang Jakarta.

Sekarang setelah Aa memutuskan untuk memadu Teteh, kekaguman saya pada suami Teteh sirna. Tidak sudi lagi saya mendengar ceramah Aa baik di radio maupun di TV. Rasanya kecewa dan sakit sekali, walopun saya yakin ga akan ada 1% dari rasa sakit dan kecewa yang Teteh rasakan.

Saya ga habis pikir Teh, kenapa Aa mengambil keputusan itu, walopun saya tau dalam Al Quran diperbolehkan, di sunnah-kan, tapi bukan di wajib kan, ya kan Teh? Kenapa sih Teh setelah Teteh meregang nyawa 7 kali untuk melahirkan anak-anak, Aa malah memilih untuk memadu Teteh? Apalagi yang Aa cari? Saya ga bisa ngebayangin juga gimana anak-anak Teteh di sekolah? Apa enggak stress di sekitarnya mencaci ayahnya?

Dalam konferensi pers, dengan wajah sendu walopun ditutupi dengan senyum manis, Teteh bilang kadang sakit hati jika madu nya lebih manis, istri kedua Aa memang cantik Teh, tapi Teteh jauh lebih cantik luar dalam. Teteh adalah seorang wanita yang luar biasa untuk saya dan saya yakin untuk jutaan orang di luar sana.

Teteh, saya doakan Teteh tabah menjalani semua ini. Saya ga bisa melukiskan perasaan Teteh ketika Aa bersama dengan istri keduanya. Saya yakin Teteh kuat, tapi jika suatu saat kesedihan melanda, yakinlah jutaan orang mendoakan Teteh, termasuk saya. Teh, nanti kalo Teteh ceramah, Aa ga usah ikut-ikutan ya, Teteh ceramah sendiri aja. Saya pengen menimba ilmu dari Teteh, tapi kalo ada Aa pasti saya ganti channel radio atau tv nya. Janji ya Teh…

Wassalamualaikum,

~dari saya yang sangat terluka~

AA GYM WAS MY HERO, NOW HE’S NOTHING BUT ZERO!

Baca Selanjutnya...

Soto Gebraak


Pertama kali nyoba Soto Gebraak ini di pusatnya yang di depan SMA 3 Setiabudi, dan sekarang udah buka cabang juga di Cibubur, ga jauh dari gerbang Kota Wisata. Di sebut Soto Gebraak karena setiap kali pelayan siap nganterin ke meja tamu, ‘di gebrak lah’ dulu meja dengan botol khusus yang walau udah di gebrak ke meja ribuan kali, tetep ga pecah. Walopun udah aware bahwa itu botol bakalan sering banget di gebrak, tetep aja kaget pas ngedenger suara ‘Gebraak!’ Kayanya penderita sakit jantung harus berpikir dua kali untuk nyoba Soto Gebraak ini.


 
Rasanya sih standard, seperti kebanyakan soto jawa timur yang lain, ga ‘se-gebrak’ namanya. Tapi idenya boleh juga, menawarkan suatu hal yang unik untuk membedakan soto ini dengan ratusan soto yang bersaing di pasaran.

written on 9 December 2006 
Baca Selanjutnya...

Warung Nasi Ampera

Siapapun yang merasa orang Sunda khususnya orang Bandung, pasti tau deh warung nasi Ampera dengan sambal khasnya yang puedes banget. Di Bandung aja cabangnya ada kali 10, yang paling kita sering datengin adalah Ampera di Jl. Pelajar Pejuang, yup satu jalan dengan hotel Horisson Bandung, di daerah sekitar Buahbatu. Selain tempatnya yang deket dari rumah dan cukup representative (bangunannya bagus, meja kursinya juga bagus), kita sering ke Ampera yang di Pelajar Pejuang karena kebetulan punya temennya Papap (pan lumayan pas ada ownernya suka ga boleh bayar hehe).
Now about the food, kalo dateng ke Ampera jangan langsung duduk, kita harus pilih makanan di satu meja panjang, terus baru deh duduk nunggu makanan yang kita pilih tadi digoreng. Jenis makananya ada gepuk (basa sunda untuk empal), ayam, cumi, ikan, tempe, tahu, jeroan, berbagai macam pepes, perkedel udang, wah pokoknya banyak banget deh ragamnya. Terus nanti pelayannya nganterin nasi timbel, piring, minuman, lalab dan sambel ke tamu yang baru aja duduk. Dan kalo makanannya udah selesai digoreng, dianterin deh ke meja para tamu berdasarkan nomor. Yang paling menonjol seperti yang udah dibilang tadi adalah sambelnya. Dijamin rasanya membakar lidah!
Kelebihan Ampera di banding restoran serupa adalah harganya yang murah. Ada juga restoran namanya Bumbu Desa di daerah jalan Laswi Bdg (terusan Jl. Riau), yang mengusung konsep sama dengan Ampera. Tapi harganya jadi dua kali lipat lebih mahal. Emang sih restorannya lebih bagus, cuman karena kita orang Bdg yang price sensitive:p kayanya kita ga recommend temans untuk ke Bumbu Desa. Rasanya pun ga lebih enak dari Ampera (yah relatif pan soal rasa mah ya?). Pokoknya mah kalo ke Bdg beneran deh musti makan di Ampera.
Kalo ga sempet ke Bdg tapi pengen nyobain, Ampera sekarang udah buka cabang juga di Jkt, Bogor, Cibubur, dan mungkin di kota lainnya yang kita belum tau. Khusus untuk yang di Cibubur, kita udah nyobain. Pengen bandingin aja rasanya di Bandung ama di Cibubur. Ternyata jauh enak yang di Bdg. Sambelnya sama sekali ga pedes, jadinya ga khas Ampera lagi. Tapi ya lumayan sih kalo kangen the real sundanese food ga jauh lagi dari rumah.
Baca Selanjutnya...