Menu Natal

(kiri ke kanan: laksa pake kuah celimpungan, pempek, celimpungan, laksa, burgo, pempek lagi)
As rene’s family celebrate Christmas, jadi kita kebagian acara makan-makan nya. Tamu pertama yang dateng pastinya Tante Yan and family sebagai tetangga sebelah. Terus dateng deh tetangga yang lain, murid-murid papa, banyak banget deh tamunya, ga tau lagi sih siapa aja yang dateng, soalnya jam satu siang udah kekenyangan dan take a nap deh.

Menu natal yang di sediain mama papa; ada tekwan (my fave!), pempek (pastinya ada donk), laksa dan burgo pake kuah celimpungan. Mmmm..yummy...
Baca Selanjutnya...

Mie Celor

Beneran, ga salah nulis kok, namanya emang mie celor (bukan telor). Mie ini pake kuah santen yang warnanya peach, terus ada tauge, ebi, dan ada telur nya. Rasanya enaaak banget, mantep deh. Cuman kalo buat saya yang notabene orang bandung, enak nya cuman sampe 5 suap aja, selanjutnya piring diserahkan ke Rene untuk jadi Satgas (satuan gasak sisa) as always.

Saya nyoba Mie Celor ini pertama kali taun 2001 waktu lagi tugas audit ke Palembang. Kita biasa makan yang di daerah 26 ilir. Kmaren kita ke tempat yang sama, dan rasanya sih belum berbeda kondisinya ama 5 taun yang lalu. Di jalan ini juga penuh ama orang yang jual karpet kasur yang kaya kasur tipis itu looh. Kalo di Palembang namanya Lihab (maap kalo salah) Kmaren sempet nanya-nanya harga, gila murah banget. Setengah harga dari di Jakarta pokoknya! Cuman pas mau beli (biasa deh tergoda karena ada yang warna ungu), udah ga tau gimana bawanya. Soalnya pesenan pempek banyak banget. Jadi diputuskan belinya next time aja kalo ke Palembang lagi.

Untuk yang penasaran pengen nyoba kaya apa sih mie celor ini, bisa beli Indomie rasa Mie Celor karena rasanya lumayan mirip. Tapi sayangnya Indomie nya cuman kita temuin di Palembang., ga tau kalo ada yang pernah nemuin di kota lain juga.
Baca Selanjutnya...

Martabak Telor Palembang


Di Palembang ini, martabak telor yang lumayan ngetop namanya “Martabak Har” , cuman karena kata rene yang Martabak Har ini isinya telor doank, jadilah kita pergi ke Martabak Malabar yang ada di Jalan Veteran Palembang, soalnya isinya ada daging dan sayur juga, jadi mirip martabak asin di Bandung. Harga satuannya sekitar Rp 12-15 ribu. Yang beda dengan di Bandung, kalo beli martabak kan biasanya kita makan rame-rame, nah kalo di Palembang ini satu martabak ditaro di atas piring, terus di kasih ke orang-orang, jadi satu orang satu martabak. Terus dikasih kuah kuning gitu, kaya kuah kari.

Pas makan pertama kali, kuahnya dipisah, jadi makannya di cocol gitu ke kuah kari, nah kalo yang kaya gini saya masih bisa makan. Suatu kali mama beli martabak dari pasar, dan saya tuang aja kuahnya semua ke piringnya (soalnya ngeliat yang lain makannya kaya gitu semua). Ternyata dengan keadaan martabak basah kaya gini, saya cuman bisa masuk 3 potong aja, selebihnya rene aja deh yang ngabisin. Ternyata masih ga bisa ngikutin cara orang palembang makan hee hee..
Baca Selanjutnya...

Happy Birthday Blacky

Blacky udah nemenin kita selama dua taun ini. Psst blacky ini bukan anjing, melainkan mobil kita yang warnanya item, jadi aja namanya blacky. Pokoknya Blacky adalah saksi kita dalam merintis kehidupan pernikahan kita hee hee…Walopun cuman 1000 cc, blacky cukup tangguh untuk dibawa jarak jauh; rumah ke kantor ataupun ke Bandung. Biaya perpanjangan STNK nya murah, bensin nya juga irit 1-13 (even until now), perawatannya murah, pokoknya hati tenang deh bawa si Blacky.

Tahun 2006 ini merupakan a tough year untuk blacky. Ditabrak di puteran plumpang, dan yang nabraknya kabur, terus pernah juga di cibubur angkot depan kita ngerem mendadak jadi kita nabrak besi yang nangkring manis di belakang angkot itu. Tapi untungnya ada si don’t worry be happy.. jadi tinggal di claim aja (walopun belun sempet, dan akhirnya insurance udah musti renewal).
Thanks Blacky yang udah setia ama kita, dan thanks selama ini blacky ga pernah rewel. Please please keep up the good work!

Baca Selanjutnya...

Sushi Tei


Kami berdua enggak suka-suka amat ama sushi, selama ada makanan mateng, ngapain makan yang mentah, iya kan? Cuman karena ngeliat antrean yang selalu panjang di Sushi Tei Plaza Indonesia, kita pun nyobain dan ketagihan deh ampe sekarang.




Sebenernya kami tertarik nyoba sushi train-nya. Itu looh sushi yang jalan di atas rel. Lucu aja kaya di film-film. Pas pertama ke sana bingung, milih yang mana, kok terus ada berwarna warni piringnya? Ternyata masing-masing warna piring reflect harganya. Yang kita inget, kita tulis di sini. Piring kuning 35 ribu, merah 26 ribu, item 19 ribu, pink 13 ribu, biru muda Rp 8.500 dan piring putih yang paling murah Rp 5.500. 

Tapi jangan salah piring putih ini jarang sekali keluarnya. Dan sekali kita dapet isinya cuman nasi pake telur dadar (di rumah aja kali ya bikin telur dadar mah heehee…) Jadi nih kalo kita makan di sushi bar, tinggal sesuaikan budget dengan warna piring yang kita pilih.


Teh khas jepang yang namanya Ocha bisa kita dapetkan gratis, jadi enggak perlu mesen minum lagi. Selama ini kita selalu makan yg Sushi Tei yang di Bandung, soalnya restorannya gede dan bagus banget. Ada kolamnya gitu di dalem restoran, dan kalo kita jalan ke toilet, kita akan jalan di atas kolam itu dengan lantai kaca. Keren deh pokoknya.

Ada beberapa juga di Jkt, di Plaza Indonesia, PS dan Senayan City. Sekali waktu kita makan yang di Senayan City (di restoran yang ini ada beberapa private room gitu, ditutupi ama tirai) dan nyoba pesen yang dari menu. 

Setelah bingung milih-milih akhirnya rene makan beefkatsu zaru soba, mie dingin warna ijo, aneh banget deh. Sedangkan saya setia dengan menu salmon aja, jadi pesen salmon teriyaki jyu. Rasanya enak sih, tapi untuk kantong kita sih harganya yg 50 ribu satu porsi agak kemahalan, makanya kita putuskan the next time makan di sushi tei, makan sushi bar aja deh.




written on December 17, 2006 by @tesyasblog

Baca Selanjutnya...

Surat Cinta untuk Teteh

Assalamualaikum Teteh,

Semoga Alloh senantiasa melimpahkan kekuatan dan kesabaran untuk Teteh...Amin.

Teh, saya adalah satu dari sekian juta penggemar suami Teteh. Udah sejak kuliah saya menjadi pengagum Aa, jauh sebelum Aa muncul di TV. Bangga donk ada orang Sunda yang begitu di idolakan masyarakat. Tausyiahnya sederhana, tapi sangat menyentuh aspek kehidupan sehari-hari. Setiap pagi, ceramah Aa dan Teteh di radio yang menemani perjalanan saya dan suami ke kantor. Pas bulan ramadhan kalo lagi di rumah, sebelum adzan magrib, cari stasiun TV yang munculin ceramah singkat Aa. Kalo ada rezeki untuk Haji dan Umrah, saya pengen banget ikutan MQ tour & travel, biar bisa pergi ama Aa dan Teteh. Kalo mau beli mineral water dalam gelas, seneng banget rasanya kalo nemu MQ jernih. Bahkan waktu suami saya convert to Islam pun tempat yang kami pilih adalah Daurat Tauhid cabang Jakarta.

Sekarang setelah Aa memutuskan untuk memadu Teteh, kekaguman saya pada suami Teteh sirna. Tidak sudi lagi saya mendengar ceramah Aa baik di radio maupun di TV. Rasanya kecewa dan sakit sekali, walopun saya yakin ga akan ada 1% dari rasa sakit dan kecewa yang Teteh rasakan.

Saya ga habis pikir Teh, kenapa Aa mengambil keputusan itu, walopun saya tau dalam Al Quran diperbolehkan, di sunnah-kan, tapi bukan di wajib kan, ya kan Teh? Kenapa sih Teh setelah Teteh meregang nyawa 7 kali untuk melahirkan anak-anak, Aa malah memilih untuk memadu Teteh? Apalagi yang Aa cari? Saya ga bisa ngebayangin juga gimana anak-anak Teteh di sekolah? Apa enggak stress di sekitarnya mencaci ayahnya?

Dalam konferensi pers, dengan wajah sendu walopun ditutupi dengan senyum manis, Teteh bilang kadang sakit hati jika madu nya lebih manis, istri kedua Aa memang cantik Teh, tapi Teteh jauh lebih cantik luar dalam. Teteh adalah seorang wanita yang luar biasa untuk saya dan saya yakin untuk jutaan orang di luar sana.

Teteh, saya doakan Teteh tabah menjalani semua ini. Saya ga bisa melukiskan perasaan Teteh ketika Aa bersama dengan istri keduanya. Saya yakin Teteh kuat, tapi jika suatu saat kesedihan melanda, yakinlah jutaan orang mendoakan Teteh, termasuk saya. Teh, nanti kalo Teteh ceramah, Aa ga usah ikut-ikutan ya, Teteh ceramah sendiri aja. Saya pengen menimba ilmu dari Teteh, tapi kalo ada Aa pasti saya ganti channel radio atau tv nya. Janji ya Teh…

Wassalamualaikum,

~dari saya yang sangat terluka~

AA GYM WAS MY HERO, NOW HE’S NOTHING BUT ZERO!

Baca Selanjutnya...

Soto Gebraak


Pertama kali nyoba Soto Gebraak ini di pusatnya yang di depan SMA 3 Setiabudi, dan sekarang udah buka cabang juga di Cibubur, ga jauh dari gerbang Kota Wisata. Di sebut Soto Gebraak karena setiap kali pelayan siap nganterin ke meja tamu, ‘di gebrak lah’ dulu meja dengan botol khusus yang walau udah di gebrak ke meja ribuan kali, tetep ga pecah. Walopun udah aware bahwa itu botol bakalan sering banget di gebrak, tetep aja kaget pas ngedenger suara ‘Gebraak!’ Kayanya penderita sakit jantung harus berpikir dua kali untuk nyoba Soto Gebraak ini.


 
Rasanya sih standard, seperti kebanyakan soto jawa timur yang lain, ga ‘se-gebrak’ namanya. Tapi idenya boleh juga, menawarkan suatu hal yang unik untuk membedakan soto ini dengan ratusan soto yang bersaing di pasaran.

written on 9 December 2006 
Baca Selanjutnya...

Warung Nasi Ampera

Siapapun yang merasa orang Sunda khususnya orang Bandung, pasti tau deh warung nasi Ampera dengan sambal khasnya yang puedes banget. Di Bandung aja cabangnya ada kali 10, yang paling kita sering datengin adalah Ampera di Jl. Pelajar Pejuang, yup satu jalan dengan hotel Horisson Bandung, di daerah sekitar Buahbatu. Selain tempatnya yang deket dari rumah dan cukup representative (bangunannya bagus, meja kursinya juga bagus), kita sering ke Ampera yang di Pelajar Pejuang karena kebetulan punya temennya Papap (pan lumayan pas ada ownernya suka ga boleh bayar hehe).
Now about the food, kalo dateng ke Ampera jangan langsung duduk, kita harus pilih makanan di satu meja panjang, terus baru deh duduk nunggu makanan yang kita pilih tadi digoreng. Jenis makananya ada gepuk (basa sunda untuk empal), ayam, cumi, ikan, tempe, tahu, jeroan, berbagai macam pepes, perkedel udang, wah pokoknya banyak banget deh ragamnya. Terus nanti pelayannya nganterin nasi timbel, piring, minuman, lalab dan sambel ke tamu yang baru aja duduk. Dan kalo makanannya udah selesai digoreng, dianterin deh ke meja para tamu berdasarkan nomor. Yang paling menonjol seperti yang udah dibilang tadi adalah sambelnya. Dijamin rasanya membakar lidah!
Kelebihan Ampera di banding restoran serupa adalah harganya yang murah. Ada juga restoran namanya Bumbu Desa di daerah jalan Laswi Bdg (terusan Jl. Riau), yang mengusung konsep sama dengan Ampera. Tapi harganya jadi dua kali lipat lebih mahal. Emang sih restorannya lebih bagus, cuman karena kita orang Bdg yang price sensitive:p kayanya kita ga recommend temans untuk ke Bumbu Desa. Rasanya pun ga lebih enak dari Ampera (yah relatif pan soal rasa mah ya?). Pokoknya mah kalo ke Bdg beneran deh musti makan di Ampera.
Kalo ga sempet ke Bdg tapi pengen nyobain, Ampera sekarang udah buka cabang juga di Jkt, Bogor, Cibubur, dan mungkin di kota lainnya yang kita belum tau. Khusus untuk yang di Cibubur, kita udah nyobain. Pengen bandingin aja rasanya di Bandung ama di Cibubur. Ternyata jauh enak yang di Bdg. Sambelnya sama sekali ga pedes, jadinya ga khas Ampera lagi. Tapi ya lumayan sih kalo kangen the real sundanese food ga jauh lagi dari rumah.
Baca Selanjutnya...

Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Salah satu makanan fave saya adalah ayam, makanya sama keluarga suka dipanggil “si ayam” Suatu hari ngeliat plank ‘ayam goreng hayam wuruk’ di sarinah, sebelahnya bakmi GM. Terus akhirnya kita yang asalnya mau makan bakmi GM, belok deh ke hayam wuruk. Nyoba makan ayam goren tulang lunak sama bandeng yang dilapisi kaya sangkar burung. Sebenernya ada menu andalah mereka yaitu ‘plecing kangkung’ kita pernah nyoba sekali, tapi it was too hot for us, jadi ga pernah mesen lagi.

Untuk ayam dan bandengnya, rasanya top abis! Wah nikmat banget deh, terus jangan lupa juga mesen tempe penyet, sambelnya seger deh.
Restonya (yang kita tau) selain di Sarinah ini ada juga di Bintaro, terus di blok S, dan asiknya sekarang udah buka juga di cibubur junction, jadi enak nih makin deket ke rumah.

Baca Selanjutnya...

Sate Padang Kubang Jakarta

Jangan nambahin akhiran “an” untuk judul di atas, karena artinya bakal jadi lain..hehe.. Di Kubang ini ada berbagai macam makanan khas padang (atau melayu). Mulai sate padang, martabak, roti canai, martabak mesir. Plank di restorannya emang tertulis “martabak kubang”. Tapi kita ga terlalu suka sama martabak nya, karena menurut kita sih masih enak martabak asin di bandung aja. Salah satu yang kita suka selain sate padang nya yaitu mie rebus. Ga yakin sih apa mie rebus ini juga makanan khas padang.


Nah yang paling kita sering makan di sini, apalagi kalo bukan sate padang dan mie rebus. Rasa keduanya, mmm enak banget, harganya pun lumayan satu porsinya Rp 15.ooo an.Kita sering makan di cabangnya yang di Tebet, sesekali juga ke Kalimalang. Untuk penggemar sate padang dan belum nyoba kubang, then it’s a must.

Baca Selanjutnya...

Sate Mbok Dikem Batununggal Bandung

Nah ini, the most recommended sate mbok yang kita temukan di Batununggal Bdg. Jualannya cuman hari Sabtu dan Minggu aja, karena emang di lapangan batununggal ini setiap weekend ada yang pada jualan makanan, emang jadi tempat orang-orang olahraga sih. Nah sate ini termasuk salah satu yang paling favorit, terlihat dari tempatnya yang rame, walopun cuman tenda darurat. Ada tiga macam sate, ayam, sapi dan susu sapi. Yang terakhir ini berkadar kolesterol tinggi, tapi kalo cuman sekali-kali dan sedikit aja gpp kali ya hehe. Satu porsinya Rp 12.ooo, dapet sate 10 tusuk dan lontongnya satu, dibungkus ama daun pisang, kita pun bisa makan sambil lesehan di sana.

Batununggal adalah suatu kompleks perumahan yang letaknya deket jalan soekarno hatta dan buah batu, ga jauh dari pintu tol buah batu. Tempat ini bisa jadi salah satu alternatif untuk olahraga sambil nyari makan pagi pas lagi weekend di Bdg.
Baca Selanjutnya...

Bakso Malang Mandeep Bandung

Siapa pun yang penah kuliah atau sekolah di Bdg, pasti tau donk Bakso Malang Mandeep yang terletak di depan Masjid Istiqomah Bdg, di deket Gedung Sate. Walopun warungnya sederhana, tapi emang jadi tempat nongkrong dulu pas kuliah, untuk makan siang ataupun makan sore. Udara Bandung sore-sore yang agak-agak dinging emang sesuai banget kalo kita makan baso malang yang anget dan pedes.



Salah satu alasannya, apalagi kalo bukan faktor harga yang cukup miring, ditambah lagi emang rasanya mandeep (baca: manteb pake b!). Udah sekitar 5 taun ga ke sana, pas kmaren ke mandeep lagi, wah jadi terkenang memory pas lagi kuliah, rame-rame ama anak-anak ke sini. Walopun udah 5 taun berlalu, kayanya harganya masih tetep miring kok. Sekarang tempatnya jadi agak lebih besar, walopun warungnya tetep sederhana dan terbuat dari bilik.




written on December 18, 2006
Baca Selanjutnya...

Pistales Setiabudi Jkt

Pertama pas anak-anak kantor pesen Pistales by phone, sempet bingung apa itu pistales. Tapi pas dateng ternyata gorengan. Pistales sendiri singkatan dari Pisang, Tahu Lapis dan Risoles. Berhubung penasaran, suatu hari sabtu pagi, kita jalan-jalan ke setiabudi, ke sebuah warung kecil tepat di depan SMU 3, yang bernama Pistales ini.
Sebagainya orang Bandung, menurut kita sih Pistales ini kemahalan. Tahu lapis nya bentuknya datar, dilapisi yang kaya filling ikan-nya baso tahu gitu, jadi sebenernya ini kaya batagor cuman bentuknya aja mendatar, disajikan dengan bumbu kacang. Harganya satu Rp 3.500. definetly kemahalan. Pisang aromanya enak, cukup besar, harganya satu Rp 2000. Nah kalo yang pisang ini cukup recommended deh. Makan satu pisang pun udah kenyang. Risoles nya juga menurut rene enak, harganya satu Rp 2.500.

Di tokonya ada meja kecil dan kursi , jadi kalo mau makan Pistales di sana juga bisa, dan kalo kepedesan makan bumbunya, tenang aja tersedia berbagai jenis minuman juga. Pas kita lagi makan beberapa potong di sana, banyak sekali yang beli, dan semua rata-rata emang bawa mobil gitu, dan kebanyakan sih pada dibungkus. Yang paling keren dari toko ini adalah ide-nya. Bagaimana dari hanya fokus di jualan Pistales dengan harga mahal, bisa begitu laku.
Baca Selanjutnya...

Sroto Eling Eling Cibubur


Makanan yang aslinya dari Banyumas ini, namanya Sroto, ga tau kenapa kok orang sana kreatif banget nambahin abjad ke-18 di awal kata “soto”, mereka ga mikirin nasib kita-kita yang ga bisa mengucapkan abjad 18 dengan sempurna ya..heehee..

Berawal di Tebet, Sroto sekarang ada juga di jalan transyogi cibubur, ga jauh dari McD cibubur, di sebelah kiri jalan. Di dalem satu mangkok Sroto ini, kita dapet ayam, kerupuk (yg emang sengaja direndam), tauge dan bawang daun. Terus sebagai temenya Sroto, paling pas kalo disantap dengan tempe mendoan, yang juga mereka sediakan.


Saya sebagai orang yang ga gitu suka soto bening, cukup doyan dengan Sroto ini. Abisnya rasanya seger kalo udah menyantap Sroto, apalagi ditambah sambel nya..hmm.. Terus mengingat harganya yang cukup murah sekitar Rp 10.000 per porsi, Sroto pun menjadi makanan favorit kita deh.




written on November 18, 2006 by @tesyasblog

Baca Selanjutnya...

Ichiban Sushi Cibubur Junction


Pasti sering liat counter Ichiban Sushi di mall-mall kan, nah yang jadi tempat langganan kita adalah restoran Ichiban Sushi yang ada di Cibubur Junction. Biasanya pulang belanja mingguan kita mampir ke Ichiban Sushi untuk makan beneran atau sekedar mesen sushi. Rasanya juga jauh lebih enak daripada makan Ichiban Sushi di counter food court gitu. Tapi konsekuensinya harga di restoran emang sedikit lebih mahal daripada di counter food court.



Sushi nya harganya macem-macem, tapi yang sering kita pesen adalah chicken teriyaki roll, isinya chicken teriyaki dan wortel terdiri dari 8 potong, terus sushi nya juga cooked. Harganya satu porsi very reasonable, Rp 16.000. Walau waktu ngajak mamah ke sini, dibilangin bahwa chicken teriyaki roll nya lebih mirip kroket daripada sushi hee hee..

Untuk main dish nya, rene paling suka makan udon (kalo saya paling ga suka udon), yang kali ini rene pesen adalah kari udon. My fave food di sini mah standard aja, chicken katsu. Harganya untuk udon sekitar Rp 16.000, kalo untuk paket chicken katsu sekitar Rp 20.000. Yah lumayan deh kalo lagi pengen makan sushi, tapi kejauhan ke tempat yang laen, dari rumah cukup mampir ke Cibubur Junction ini aja.





written on October 18, 2006

Baca Selanjutnya...

While we’re trying to conceive…

Dulu sebelum menikah, saya pikir punya anak adalah suatu hal yang mudah. Kayanya temen, tetangga, sodara, kalo nikah berapa bulan aja, langsung deh hamil. Tapi ternyata garis hidup orang berbeda, dan ternyata banyak sekali orang yang susah mendapatkan keturunan.

Kami baru (dengan optimis saya selalu menggunakan kata “baru” instead of “sudah”) menikah 1,5 tahun, namun kami belum juga diberikan karunia berupa keturunan. Kesel? Sedih? Bingung? Kecewa? Cape? Yah pasti. Apalagi saya memang sudah berobat 1 bulan sejak pernikahan, karena ketauan punya kista. Berbagai dokter pun sudah saya temui, salah satunya dr Enud yang praktek di MMC dan RSCM. Dokter Enud ini beken banget, hampir semua yang belum dikaruniai keturunan tau dokter ini. No wonder kalo ngantri pun, kita perlu waktu 1 bulan untuk nunggu. Kemudian dokter Djumhana, seorang ahli hematologi yang harus saya temui karena darah saya cenderung kental, atau yang suka dibilang virus ACA yang positif. Kemudian dokter Wachyu di RS Bunda yang melakukan operasi kista bulan Jan lalu.

Tapi Alloh yang Maha Penyayang, tidak membuat saya terlena dalam kesedihan. Di dalam perjalanan saya dan rene berobat, begitu banyak kejadian yang menyadarkan kami betapa kami harus lebih banyak bersyukur. Betapa banyak orang di luar sana yang diberi ujian jauh lebih berat daripada saya.

Suatu hari saya minta ijin kantor untuk mengambil darah di RSCM. Sekitar jam 11 pagi saya pergi sendiri ke RSCM, dan siang hari itu matahari sangat terasa membakar kulit. Sesampainya di sana, cari parkir susah sekali, setelah parkir, jalan jauh ke kliniknya. Hati ini mulai menjerit “Ya Alloh, saya cape” Tapi saat itu juga Alloh memberi peringatan kepada saya. Ketika saya jalan di lorong rumah sakit menuju klinik, banyak sekali orang tergeletak di sepanjang lorong, agaknya mereka memang orang yang kurang mampu untuk mendapatkan perawatan secara layak. Dan kembali saya bersyukur “Ya Alloh terimakasih keadaan kami lebih baik dari mereka” Ketika saya ngantri, ada seorang Ibu di sebelah saya. Dia bertanya mengenai penyakit saya, dan saya pun balas bertanya. Dan dengan senyum ibu itu bilang “anak saya mengidap cancer, padahal baru 20 tahun” Ya memang saya melihat di beberapa kursi depan ada seorang anak muda, dengan keadaan kepala plontos yang duduk dengan lemah. Subhanalloh, saya kagum sekali mendengar Ibu itu bercerita bagaimana dia berjuang untuk membuat anaknya bisa berobat. Dan dia menceritakannya dengan sangat tegar, dengan muka yang selalu menyungging senyum. Tidak terasa air mata saya mengalir, bukan mengasihani Ibu tadi, tapi saya berpikir dalam hati, Ibu ini saja kok kuat betul, kenapa saya yang berobat pun dengan biaya yang Alhamdulillah ditanggung kantor, kadang males dan bahkan suka bertanya kepada Alloh “kenapa ya Alloh engkau berikan saya ujian seperti ini?” Padahal compare ke ibu tadi, masalah saya tidak ada artinya.

Kemudian saya ingin bercerita mengenai Aa, my eldest brother. Dari sejak usia 18 tahun, Aa di uji Alloh dengan penyakit diabetes. Perlahan penyakit ini menggerogoti tubuhnya, dari mulai fungsi ginjal, hingga yang sekarang ia perlahan kehilangan fungsi penglihatannya. Matanya kabur dan sakit terkena sinar matahari. Tetapi melihat bagaimana dia selalu yakin bahwa dia akan bisa melihat normal kembali, dan selalu tersenyum ketika menceritakan keadannya..Subhanalloh, saya malu dengan diri saya yang rasanya kurang mensyukuri apa yang saya miliki. Alloh kembali menunjukan kasih sayang-Nya kepada kami, ketika Aa hendak di operasi mata dengan cara menambah lapisan kornea nya, ada seorang donor mata yang kebetulan menyumbang pada saat Aa di operasi, sehingga dokter langsung menyarankan untuk cangkok mata saja. Padahal kalo kita mau cangkok mata, kita harus masuk ke waiting list yang panjang sekali, tetapi karena waktu itu sangat pas, maka dokter memberikan donor tsb kepada my brother.
Aa is really the light of my family! Melihat keadaan Aa, kembali bukan saya mengasihani Aa, tapi keadannya menyadarkan kami semua untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan Alloh. Mungkin saya tidak akan sanggup jika mata ini tiba-tiba kabur dan tidak bisa melihat. Saya tidak bisa membayangkan hidup ini akan seperti apa. Sekarang setelah di cangkok mata, penglihatannya mulai pulih, dan dia sudah bisa menitikan air mata, padahal sebelumnya tidak bisa sama sekali, matanya kering.

Melalui tulisan ini temans, saya ingin mengajak diri saya sendiri dan kita semua untuk lebih bersyukur kepada Allloh. Ingatlah selalu akan apa yang telah Alloh berikan, dan jangan hanya ingat kepada yang Alloh belum berikan.

Seperti disebutkan dalam Al Quran, dan diulang berkali-kali dalam surat Ar-Rahmaan:
Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
Baca Selanjutnya...

Bitter Ballen

Makanan cemilan yang paling saya suka di antaranya Bitter Ballen, kudapan yang pas untuk minum teh sore dan kalo ga salah sih asalnya dari Belanda (kalo diliat dari bahasa sih ‘bitter’ itu pait, dan ballen itu ‘bola’ tapi kayanya ga mungkin ya, masa bola pait? Mungkin karena makannya pake mustard yg rada pait ya? Tar deh cari lagi di kamusnya).
Nah, cuman untuk beli bitter ballen, selain harga dan ukurannya ga sesuai (kecil tapi mahal), juga susah di dapet. Last weekend kita nyoba deh bikin sendiri di rumah, ini juga berhubung rene pernah nyoba makan yang buatan my aunty dan dia doyan banget.

Searching resep di keluarga nugraha , dapet nih resep bitter ballen, dan kita langsung belanja bahan-bahan. Kita lumayan banyak belanjanya karena terus terang aja nih, di rumah mana ada tepung terigu, tepung panir, pala, mustard, wah ga mungkin banget deh. Kita juga ga punya parutan keju, jadi sekalian beli. Emang nih modal untuk bikinnya lumayan juga. Tapi gpp demi pengalaman, kita berkorban.

Mulai deh kita masak, pertama tumis bawang putih ama bawang bombay, terus dimasukin bahan-bahan lain, rene bantuin ngaduk, sampai adonan jadi, terus kita bentuk bulat-bulat kecil seperti ballen. Dapetnya banyak banget! Lebih kali dari 50 bola (tapi emang tergantung ukurannya sih ya). Ga masalah, tinggal simpen aja di kulkas, dan suatu saat pengen, tinggal kasih tepung panir lagi dan digoreng deh.

Wah akhirnya ada makanan home made juga nih yang masuk ke tesyas blog. Sebenernya secara hobby sih kita suka banget masak. Kayanya amazing aja dari bahan mentah bisa jadi makanan enak gitu. Masak sehari-hari di rumah mah yg gampang aja, dan itu juga biasanya pas weekend (untungnya suamiku ga protes walau menu dari minggu ke minggu seringkali berulang:p)Tapi kalo bikin kue-kue gini mah terus terang aja jarang (baca: hampir ga pernah). Kalo kue nya kita ga suka-suka banget, pasti males deh bikinnya. Tapi ternyata resep ini gampang banget, ayo cobain…dan rasain enaknya makan bitter balen dicolek mustard!


Baca Selanjutnya...

Godaan KFC

Ga kok, saya ga akan ngebahas rasa KFC di tulisan ini, pasti semuanya pada tau. Yang pengen diceritain adalah cerita di balik senyum penuh kemenangan saya yang bisa terlihat di foto.
Januari 2006, saya di operasi kista. Dan sejak itu dokter melarang saya makan fried chicken (dari berbagai merk tentunya) termasuk juga makanan olahan seperti chicken nugget, sosis, padahal ini semua emang makanan saya banget dari dulu. Dokter juga bilang bahwa kista itu sangat mungkin muncul lagi, terutama kalo kita makan yang ga sehat. Ya walopun biaya operasi diganti ama kantor, tapi amit-amit deh di operasi lagi. Cukup sekali aja seumur hidup.

Jadilah mulai bulan Januari 2006 saya cuman bisa menatap orang makan fried chicken. Ga cuman fried chicken sih, pokoknya jadinya kita jarang banget makan junk food dan temen-temennya. Kayanya dulu kalo udah bingung makan apa, pergi ke salah satu gerai junk food, sekarang mah udah ga lagi. Kalo udah pengen banget makan ayam, paling minta rene beli KFC dan kita makan kulitnya sedikiiit aja. Nah setelah 6 bulan berlalu, I thought I deserve one time break, jadilah kita makan. Rene tentunya melarang abis, tapi berhubung kita janji “ayamnya cuman satu kok” jadilah dibolehin, dan that’s why senyum penuh kemenangan inipun diabadikan:)
Baca Selanjutnya...

Platinum

Platinum tampil khas dengan restoran yang warna-warni (sewarna ama gelas), dan lampu putih yang bentuknya khas. Di cabang manapun, tampilannya konsisten kaya gini. Dulu kita paling sering makan di cabang mereka di Kelapa Gading, tapi sekarang kita suka nyoba juga di MTA, PIM dan Ciwalk Bandung.

Paling enak ngajakin makan-makan di Platinum, soalnya makanannya ada segala macem dari mulai dim sum, makanan indonesia, steak, steamboat, wah pokoknya lengkap deh, dan tentunya dengan harga terjangkau. Sama minum kira-kira seorangnya Rp 30.ooo an. Yang kurang asik, mereka ga nerima kartu kredit, jadi buat siapa aja yang mau traktir makan di sini, jangan lupa untuk nyediain cash.


Our fave food adalah udang goreng mayonaise sebagai starter. Satu porsi isinya tiga, jadi cocok deh untuk starter karena ga bikin kenyang.


Kalo main coursenya paling sering ke sini makan beef kangkung hot plate dan ayam goreng saus asam manis.

Baca Selanjutnya...

Bakmi Toko Tiga

Waktu itu kita jalan pagi dari Bandung dan nyampe Jakarta jam 9 an, mau nganterin mama papa ke bandara, jadi di jalan mikir makan apa ya, yang bisa keluar tol bentar dan masuk tol lagi. Akhirnya kita milih makan di TIS Tebet, yang letaknya emang pingiir tol. Dan karena masih pagi, dari sederetan restoran yang ada, kita pilih Bakmi Toko Tiga ini.

Makanan yang ada di menu nya standard makanan bakmi deh, kita milih ifu mie dan bakmi pangsit gorengnya. Ifu mie nya enak, kalo bakmi nya ya standard deh. Pangsit goreng nya juga biasa, masih enak punya bakmi GM. Tapi suasana restorannya enak dan bersih, jadi ga berasa makan di restoran bakmi.


Baca Selanjutnya...

Sate Kumis Tegal

Untuk para penggemar sate kambing dan yang kebetulan lewat Pantura, pastinya lewat kota Tegal kan? Nah di jalan Dr. Ciptomangunkusumo sebalah kiri (dari arah Jakarta), sebelum hotel Bahari Inn Tegal, ada warung sate yang cukup sederhana, tapi rasanya dashyat banget! Namanya RM. Sate Kambing “Kumis”.

Kita nyobain Sate Kumis ini pas kita jalan pulang dari Semarang ke Jakarta. As recommended by Felix, pas masuk kota Tegal mata ini awas liat kiri-kanan cari Sate Kumis. Ternyata lokasinya di jalan raya cukup besar, dan mustinya sih kelewatan. Satenya empuk deh (padahal kambing), enak banget, kadang kan makan sate kambing suka tercium bau khas ya, kalo yang ini enggak. Pantesan aja ya sate tegal itu beken di mana-mana, dan ternyata emang terbukti enak banget makan “sate tegal pak kumis” ini langsung di kota Tegal. Kalo lewat pantura, jangan lupa mampir di Sate Kumis ini ya!


Baca Selanjutnya...

Udang Galah Mang Engking Jogjakarta

“Kalo ke Yogya cobain makan di Mang Engking, enak banget pokoknya” itu pesen Pak Heri (HPU) sebelum kita berangkat liburan ke Yogya akhir Des 2005. Terus pas ditanya tempatnya dimana, Pak Heri bilang waktu itu diajakin orang cabang, jadi kita disuruh tanya Pak Indra (IWI) aja yang asli orang Yogya.
Kepergian kita ke Mang Engking ini emang niat banget. Soalnya sesama orang sunda (dari namanya Mang Engking udah ga mungkin aja orang padang kan?), jadi pengen liat kesuksesan orang sunda buka restoran di yogya..ciee..hidup sunda deh. Kita berangkat dari bandung jam 5 subuh, sampe Yogya jam 2 siang, langsung ke hotel dan terus tidur. Jam 5 an kita jalan dari hotel untuk makan siang sekaligus makan malem di Mang Engking. Kebayang kan udah laper banget tuh. Berbekal sms dari Pak Indra “Ketemu cabang Daihatsu, belok kiri lurus aja. Dari sana tanya aja tar juga orang pada tau”, kita beneran belok kiri dan tanya orang sana. Jawabannya “Wah..masih jauh banget dari sini” mulai deh hati kita cemas. Singkat cerita nih sesudah nanya ke lima kali, kita nyampe juga di Mang Engking jam 7 an malem! Dua jam cari Mang Engking kalo dihitung dari hotel.

Padahal kalo kita ambil jalan yang bener, ternyata gampang. Dari Yogya jalan (baca: naik mobil) ke arah Godean (liat peta aja please), sesampe di daerah Godean tanya aja udang Minggir- Godean, orang udah pada tau. Tempatnya sebetulnya adalah tambak udang, jalannya kecil, pas deh untuk dua mobil. Tapi jangan salah, penuuh banget. Restorannya juga sederhana, saung dari bilik aja. O ya di sekitarnya banyak juga tambak lain yang buka restoran kaya Mang Engking, bisa jadi pilihan kalo Mang Engking lagi penuh. Begitu masuk dan mendengar para pelayan nya ngomong basa sunda..wah jadi berasa di Bandung neeh.Now about the food… Emang ga salah deh, Mang Engking ini enak banget, terutama udang galah nya. Waktu itu kita minta udangnya dibakar, dan it was top abis. Selain itu kita pesen juga gurame goreng kesukaan rene. Mereka nyediain sambel yang rasanya sunda banget deh. Soal harga, terjangkau banget. Dengan menu yang kita pesen (as you may see in the picture) kita cuman bayar 70.ooo an. Dan perut udah bener-bener kenyang.
Baca Selanjutnya...

Rumah Mertua - Yogya

“Tes, nginep dimana tar di Yogya?” tanya seorang teman sebelum kita berangkat ke Yogya akhir Des 2005 yang lalu. “Di Rumah Mertua jawab kita nyantei. Temen tsb kebingungan karena dia tau betul kalo mertua kita adanya di Palembang. Terus buru-buru kita nambahin penjelasan, “Mba, Rumah Mertua itu nama boutique hotel alias guest house di Yogya” “Ooooow” timpal temen kita tadi.

Kita dikenalin ama Rumah Mertua ini ama Army (ga sia-sia deh Army kuliah S2 di Yogya). Emang waktu itu kita minta tolong Army cariin hotel yang murah tapi enak di Yogya. Army recommend hotel ini karena katanya hotel ini hommy banget. Terus kita browsing deh di internet, dan emang iya dari foto-foto nya juga keren. Letaknya agak jauh dari Malioboro (ya jauhnya Yogya yg dimaksud di sini adalah sekitar 6 km), tapi suasananya asri dan masih cukup adem karena terletak di Sleman. Lokasinya agak masuk ke dalam kompleks, tepat di belakang hotel Hyatt Yogya (yang deket monumen Monjali itu). Yang pasti kalo nginep di sini musti ada mobil, tapi kalopun ga ada mereka nyewain sepeda motor untuk para tamu. Kamarnya juga lucu, tempat tidurnya dari bambu. Sempet ngeri roboh sih, tapi ternyata cukup kuat juga hee hee.


Walopun kecil, ada kolam renangnya bo. Terus pas breakfast juga kita disediain makan pagi for free, waktu itu kita makan bihun goreng, dan ternyata rasanya enak. Seperti biasa rene mesen makanan fave nya yaitu nasi goreng.
Untuk yang mau nyoba Rumah Mertua, tips dari kami, booking jauh-jauh hari, karena kamarnya kan emang cuman dikit, dan tingkat huniannya juga cukup tinggi. Jangan kaget kalo mereka minta kita bayar at least 1 malem on reservation, mau gimana lagi itu emang prosedur mereka.
Kita juga nyempetin ke Borobudur, jalan dari hotel jam 6 pagi..sayangnya berkabut waktu itu

Baca Selanjutnya...

Buka puasa @ Poke Sushi

Acara buka puasa yang kita udah set dari mulai minggu kedua Ramadhan, berhasil juga dilaksanakan, dan akhirnya kita milih Poke Sushi . Special thx untuk Rona yang menjadi ketua panitia, dan untuk Deasy yang udah jadi bendahara.

Setelah diputuskan mau ke poke sushi, rene email ke poke sushi tanya kehalalan makanan mereka, yang di reply oleh mereka dan bilang kalo makanannya halal. Terus mulai deh diatur strategi menembus 3 in 1, soalnya lokasi yg kita pilih adalah di hotel Crowne, yup yang sebelahnya Plaza Semanggi itu. Ada lagi satu cabang mereka di Dharmawangsa, tapi menurut Tony sih lebih bagus yang di Crown tempatnya. 

Kita ambil paket all you can eat, pake manhattan card buy one get one free. Jadi sama Ocha yang free refill ampe mabok, seorang bayar Rp 82.000. Mahal? Kalo dibanding dengan makanan yang udah kita order; sashimi, sushi, main course, mana semuanya makanan jepang, harganya considered worth it. Apalagi rasanya juga enak.. Ga rugi deh.

Kita pada nyampe pas magrib, langsung deh solat dulu di musholla nya (catet: musholla nya bagus, Alhamdulillah), terus kita langsung ke Poke Sushi, dan mulai mesen-mesen. First order dibatesin 2 makanan per person. Dan setelah 20 menit kemudian, baru deh dateng ordernya. 

Prosesnya agak lama karena waktu itu restorannya penuh ama orang yg lagi buka puasa, jadi kita kalap deh mesen aja terus..dan terus.. Awalnya kalo ada pelayan yg nganterin makanan, kita sumringah banget..lama-lama mulai panik karena makanan tambah banyak dan kita udah kekenyangan. Sampe kita manggil pelayan dan minta di cut semua order kita. Abis kita semua lupa siapa aja yang udah order dan apa yang udah di order *gubrak*




1. Volcano yang Deasy pesen, ternyata enak banget!
2. “Ton, yg enak apa untuk makanan pembuka?” Tony jawab dengan pastinya “Dynamite”.
3. Tempuranya enak, so crunchy
4. Seafood salad yang dipesen Rene, semuanya mentah! Duuh really not my food deh

Dan masih ada main course dan sushi:



Thx guys udah pada mau buka bareng, bener ya tar bulan Desember kita makan-makan lagi setelah kalian dapet bonus. Cihuy...




written on October 21, 2006

Baca Selanjutnya...

Gokana Tepan

Gokana Tepan adalah tempat fave kita untuk makan jepang ala hokben yang murah meriah (kita ga lagi ke hokben, soalnya banyak yg meragukan hokben itu halal apa enggak). Lokasinya yg kita suka pergi adalah di Mall Kelapa Gading 3, sebenermya ada juga di Mall Kelapa Gading 1. Pokoknya kalo lagi jam makan apalagi weekend, wuiih penuh banget deh ini resto.

Makanan yang kita sering pesen yakimeshi udon, juga fried set menu nya. Fried set menu nya ini macem-macem, ada chicken, beef, yg mereka sajikan dengan sayur, nasi dan beberapa fry nugget gitu. Sebenernya bukan nugget ya, tapi ga tau deh nama jepangnya apa. Yg pasti ada chicken roll nya gitu.

Rasanya jangan tanya, top banget! Untuk harganya juga kira-kira seorang 25 ribu ampe 30.ooo an deh. Mereka juga selalu punya food dan drink yang di discount. Jadi kalo mau mesen jangan lupa tanya yg lagi discount apa ya (‘modis’ banget ga sih = ‘modal discount’! Hee hee).

Baca Selanjutnya...