Cara Naik Kereta JR Haruka Dari Bandara Kansai Osaka ke Kyoto


Semakin lama, saya sebetulnya semakin malas membuat rencana perjalanan atau itinerary yang detail. Apalagi kalau hanya pergi berdua dengan mr.husband. Kadang, pergi tanpa itinerary menawarkan lots of surprises: the bad ones and good ones.

Begitu juga ketika merencanakan liburan ke Jepang. Baru dua minggu sebelum berangkat, saya dibantu mr.husband membuat itinerary. "Membantu" dalam arti mr.husband mengantar saya ke kantor, sehingga sepanjang perjalanan saya bisa membuat itinerary *halah.

"Kalau aku yang buat, nanti kamu aku ajak hiking terus" begitu alasan mr.husband yang ketika saya tagih, tidak juga membuat itinerary. Akhirnya saya menyerah dan memulai riset bagaimana cara naik kereta dari Bandara Kansai di Osaka ke Kyoto.

Dari berbagai pilihan yang mengharuskan kami transfer (ganti kereta), akhirnya saya yang malas ribet ini (baca: princess wanna be), memilih naik JR Haruka. Kereta yang dalam waktu 75 menit akan mengantarkan kami dari Bandara Kansai di Osaka ke Kyoto, tanpa berganti kereta. Saya akan tulis cara naik JR Haruka dari bandara Kansai ke Kyoto, step by step ya.

Suasana stasiun kereta di Terminal 1 Kansai Airport





1. Tiba di Kansai Airport, Ikuti Petunjuk "Railways"

Saya sarankan teman-teman mempelajari peta Kansai Airport sebelum hari keberangkatan. Supaya kebayang aja lokasi stasiun kereta dimana. Atau jika tidak sempat, jangan khawatir, ada Information Counter yang terletak tidak jauh dari pintu kedatangan.

The Information Counter


Atau kalau mau ikut cara saya, silahkan melihat petunjuk dengan tulisan "Railways" lalu naik ke lantai dua. Tiba di ujung eskalator, jalan ke arah kiri menuju stasiun kereta yang berada di Kansai Airport.

Ikuti gambar kereta dengan tulisan di bawahnya "Railways"
Naik ke lantai 2, berdirilah di sebelah kanan eskalator


Station kereta di Kansai Airport, pemandangannya seperti ini. Bisa membuat bingung jika teman-teman belum tau mau naik apa untuk ke kota dari bandara Kansai.


Jalanlah lurus menuju stasiun kereta
Tempat pembelian kereta Nankai

Tempat pembelian tiket kereta JR




2. Membeli Tiket JR Haruka di JR Ticket Office

Mendekati stasiun kereta, saya melihat tulisan "JR Ticket Office". Sesungguhnya saya ragu dimana harus membeli tiket JR Haruka, namun karena melihat tulisan "Icoca & Haruka" di bawah tulisan JR Ticket Office, dengan percaya diri saya masuk ke dalam. Santai aja, kalau salah ya tinggal keluar lagi aja bukan?

Saya pun masuk sendiri, mr.husband menunggu di luar


Saya masuk antrean dan tegang... karena berdasarkan riset yang saya lakukan, JR Haruka berangkat pukul 09.46, sementara itu saya masih antre pada pukul 09.30. Saya pasrah saja kalaupun harus menunggu kereta selanjutnya.

Di akhir antrean, ada seorang petugas yang mendata keperluan kita apa, rutenya kemana, berapa tiket yang akan dibeli, dsb. Sehingga ketika sudah berada di depan counter, saya tinggal menyerahkan satu lembar kertas yang sudah ditulis oleh petugas di jalur antrean. Efisien ya cara kerja mereka.

Ohya, siapkan paspor untuk seluruh nama yang akan membeli tiket.


Saya sibuk dengan tab di tangan, memastikan tidak salah membeli tiket.


3. Tiket JR Haruka Diskon Jika Membeli Dengan Kartu Icoca

Harga tiket JR Haruka normal dari Bandara Kansai ke Kyoto adalah JPY2.850. Namun jika memiliki Icoca Card, kita bisa membeli discounted ticket JR Haruka dengan harga JPY1.600. Nah, permasalahannya saya belum mempunyai Icoca Card.

By the way, Icoca Card adalah kartu seperti Ez-Link di Singapura, atau kartu Octopus di Hong Kong, atau Opal Card di Sydney. Kartu yang berisi saldo yang bisa digunakan untuk membayar kereta dan bus. Jika saldo habis, kita tinggal isi ulang dengan minimal amount JPY1.000.


Perbandingan tiket tanpa diskon dan diskon dengan Icoca adalah seperti ini:
1. Saya membayar JPY2.850 tiket JR Haruka Kansai ke Kyoto one way.
atau
2. Saya membayar JPY3.600 tiket JR Haruka Kansai ke Kyoto one way, dan mendapatkan Icoca Card berisi JPY1.500 dengan deposit JPY500, yang bisa dikembalikan jika kartu diserahkan ke JR ticket office sebelum kita kembali ke Indonesia.

Dengan perbandingan nomor 1 atau 2, saya memilih nomor 2.

Sampai sini udah bingung? 

Hmmm... pokoknya intinya begini, kalau memang mau naik JR Haruka, paling murah adalah membeli combined ticket JR Haruka dan Icoca. Ketika saya riset, saya menggunakan referensi dari link ini. Silahkan dibaca juga ya.

Kalau mau murah, teman-teman pinjam aja Icoca Card kepada teman yang sudah punya. That way, hanya tinggal membeli discounted JR Haruka ticket seharga JPY1.600. Murah banget kan dibandingkan harga tiket normal yang JPY2.850?


4. Masuklah ke JR Station di Seberang JR Ticket Office

Pukul 09.45, hanya 1 menit lagi menuju jam keberangkatan kereta kami. Saya dan mr.husband setengah berlari masuk ke dalam JR Station. Tiket JR Haruka tinggal dimasukan ke dalam mesin, jangan lupa untuk diambil dari mesin, dan disimpan dengan baik. Ada pemeriksaan tiket di dalam kereta. 

Kami lalu turun ke spoor nomor 3 (itu juga setelah kami bertanya kepada petugas lajur kereta untuk JR Haruka), dan melihat ada satu kereta sedang parkir.

Stasiun kereta JR berwarna biru


Sambil mengatur nafas, kami bertanya kepada petugas sebelum masuk ke kereta, "Is this JR Haruka?" Dijawab bahwa bukan. Dan kami pun melihat di layar pengumuman, JR Haruka berangkat pukul 10.16. Horeee, kami belum terlambat!





Setelah rasa panik hilang, baru deh lihat.. iya ya itu kan kereta (foto di atas) tulisannya "Kansai". Tet tot banget sih! Hahaha.. ya gitu deh, siapa suruh itinerary baru buat 2 minggu sebelum berangkat ya *jangan ditiru!

Saya minta ijin mr.husband untuk ganti baju, mengenakan Long John karena suhu pagi itu hanya 3 derajat. Waktu menunjukan 09.50 ketika saya naik lagi ke lantai atas menuju toilet. Dan ketika kembali, kereta JR Haruka sudah siap menanti di lajur 3.


JR Haruka, dari Kansai ke Kyoto


Pastikan teman-teman tiba 15 menit sebelum jadwal kereta ya. Dan pastikan teman-teman mengecek jadwal ulang yang paling update. Kami hanya berpatokan pada jadwal ketika kami riset, dan tidak memeriksa the updated schedule.

Seharusnya kami memeriksa jadwal kereta JR Haruka melalui website Hyperdia saat antre di JR Ticket Office. Jadi bisa tau jadwal JR Haruka jam berapa. Ah, ya sudahlah, kan kami memang suka surprises:D


5. Turun di Kyoto Station

Perjalanan satu jam lebih tidak terasa, kami menikmati pemandangan sepanjang jalan. Perkotaan, daerah perumahan, didominasi warna putih dan abu-abu. Pokoknya "Jepang banget"

JR Haruka berhenti dua kali di Tennoji Station dan di Osaka Station. Kami duduk manis saja tidak perlu keluar masuk kereta, dan 75 menit kemudian kami sudah tiba di Kyoto Station lajur 30.

Arriving in Kyoto Station


Keluar dari stasiun, kita harus memasukan tiket ke dalam mesin, lalu mesin "menelan" tiket tersebut, jadi jangan sampai hilang ya!


Tiketnya difoto dulu di Kyoto Station sebelum ditelan mesin


***

Untuk teman-teman yang berencana pergi dari Bandara Kansai ke Kyoto, saya sangat merekomendasikan JR Haruka. Alasan pertama karena tidak perlu transit dan berganti kereta, alasan kedua karena di dalamnya terdapat tempat khusus untuk koper. 

Selamat jalan-jalan ke Kyoto, kota favorit kami di Jepang :)


written on February 4, 2017
Follow our Twitter & IG account: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti





Previous Post:

10 comments:

  1. Waah... detail banget penjelasannya... makasih ya teh.. :)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih untuk infonya sangat membantu sekali mbak, kalau boleh tau untuk tempat duduk di JR Harukanya bagaimana? Apakah tertera dalam tiket yg kita beli, atau asal naik saja selama ada tempat duduk kosong bisa kita isi? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba,
      Karena bukan peak season, kami membeli ticket non-reserved seat. Sehingga kami antre di gerbong non-reserved seat, dan duduk saja di bangku yang kosong.

      Kalau Mba bepergian di peak period, sebaiknya membeli tiket jenis reserve seat. Lalu Mba antre di gerbong sesuai nomor yang ada di tiket.

      Delete
    2. sangat membantu sekali blognya mba,saya ingin bertanya. apakah satu2 nya cara beli tiket JR haruka harus lewat office?apakah tidak bisa beli di vending machine ticketnya?

      Delete
    3. Hai... bisa seharusnya, tapi kan saya mau beli paket dengan Icoca, karena itu saya membeli di office.

      Delete
  3. info yang sangat bermanfaat mba,saya ingin menanyakan, berati kalau kita membeli paket ICOCA & HARUKA, kita akan mendapat 2 kartu yaitu kartu ICOCA dan tiket HARUKA nya?betul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, iya betul akan mendapatkan satu kartu Icoca dan 1 tiket kereta JR Haruka.

      Delete
  4. Halo mba Tesya, mau tanya, Jr ticket office n Jr station di kansai airport berlokasi di terminal 1 ya? Atau di terminal 2 jg ada? Krn sy naik AA, turun di terminal 2. Trimksh, maria

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, cuman ada satu deh setau saya. Jadi Mba ke T1 dulu ya.

      Delete