HEMA dutch restaurant Jkt

Untuk yang lagi kangen heel erg ama Nederlandse eten, coba deh dateng ke Hema Dutch Restaurant. Kita suka pergi ke cabang di Kemang Pratama Bekasi atau di TIS tebet (total cabangnya di Jkt ada 4). Harganya zo goedkoop, walaupun rasanya beda sih ama di walanda, tapi at least atmosphere yang coba dibangun oleh Hema bisa membangkitkan kenangan akan negeri kincir angin ini.
Ngebayangin lagi winter di Nederland, in a small city called Waalre, kemana-mana musti naik sepeda..dingin banget. Dan hiburan satu-satunya adalah fries met mayonaise. Wat lekker zeg...

Dan Hema punya juga fries met mayo, walopun namanya Belgische Fries met mayonaise. Jadi ga diakui dari walanda melainkan dari negara tetangganya. Asik juga sekedar makan kentang dengan saus khasnya sepulang kerja, sambil ngebayangin kapan ya bisa ke belanda ama rene?



Baca Selanjutnya...

Nasi Timbel Bawean Bandung


Pernah beli oleh2 di toko kue bawean bdg yg asli di Jl. Bawean? Nah di depan toko kue ini ada the famous nasi timbel bawean. Warungnya sederhana aja, tapi ini kemajuan karena dulunya cuman gerobak.
Rasanya so so sebenernya, cuman nasi timbel ini terkenal karena harganya murah banget. Begitu dateng kita bisa langsung milih makanan, trus kalo mau panas bisa minta digoreng lagi ke mereka. Selesai itu baru deh cari tempat duduk.
Tadi kita makan nasi pake ikan, ayam, ati ampela, tahu, tempe, ulukuteuk leunca, total cuman Rp 20.ooo. Harga mahasiswa banget deh! Buat yang mau nyoba ke sini, letaknya di deket Stadion Siliwangi Bandung. Deket the famous jalan Riau, gampang kok, tanya aja ama orang bandung yang ramah-ramah dan cantik-cantik. Hee hee..
Baca Selanjutnya...

Daeng Tata - Tebet Jakarta

Waktu kita nengokin Mia-nya mukhlis di Tebet, anak-anak pada makan di Daeng Tata, restoran khas Makassar. Tapi kita ga ke sana, soalnya kita ditraktir uchis di cwi mie GP (thx ya chis!). Jadi aja penasaran pengen makan di Daeng.

Tadi kita ke sana secara ga sengaja. Ceritanya pulang dari YPK lewat tebet, taunya Saharjo macet banget. Terus kita terpaksa belok ke Jalan Lap. Ros,langsung deh keliatan Daeng Tata di kiri jalan. A simple restaurant made of wood, but it was crowded.
Di sana kita bisa nyoba Makassar food such as coto dan konro, tapi ada juga ribs, sate, nasi goreng bahkan ifu mi.

Kita pesen their famous ribs (sempet lirik kanan kiri, emang kebanyakan mesen ribs). Porsinya gede banget (daging plus fat nya ukuran jumbo ), rasanya enak, dagingnya pun empuk. Terus ada juga kuah item, katanya sih kuah konro, rasanya aneh banget! (Hee hee maaf ya untuk orang makassar). Satu porsi Rp 26.ooo, belum termasuk nasi.

Rene pesen sate sapi, rasa bumbunya juga khas, beda dengan yang lain. Tapi agak mahal ya, 5 tusuk untuk Rp 17.5oo.


For you ribs lover, boleh deh nyoba ribs di sini, cuman from my point of view sih 'after taste'nya agak ga enak. Atau mungkin karena terlalu banyak ya porsinya?
Baca Selanjutnya...

Train Kuala Lumpur to Singapore

Akhirnya tiba waktunya kita pulang lagi ke Spore setelah 2 hari jalan-jalan di KL. Kita udah pegang ticket KA dari KL ke Spore dengan kereta milik KTMB, yang namanya Kereta Senandung Malam. Kita milih gerbong dengan tempat tidur (they call it ’berth’) supaya bisa meluruskan badan. Harga per orang RM 43 untuk lower birth dan RM 38 untuk upper birth. Tapi jangan salah, ada juga executive rooms, dimana terdiri dari kamar-kamar gitu, dan masing-masing kamar terdiri dari satu ranjang susun dan wastafel, jadi kamar ini emang di design untuk mereka yang memiliki kelebihan uang dan butuh privacy. Harganya pun dua kali lipat dari gerbong yang kita pilih.

Jadwal KA kita jam 10 p.m. dari KL dan sampe di Spore lagi jam 8 pagi. Tempat nunggu KA adalah di KL Sentral Station di bagian ”KTM Antar Bandar”, atau tepatnya tempat tunggunya itu ada di depan Bookshop. Yang nunggu di situ lumayan banyak karena penumpangnya ga cuman ke Spore, tapi ada juga KA ke Thailand. Sebelum naik ke KA, jangan lupa untuk minta immigration card Spore yang musti kita isi dan serahkan di tempat imigrasi Spore nanti. Mintanya bisa di loket tempat penjualan ticket KTM Antar Bandar.

Lumayan lama juga kita nunggu, tapi kan KL Sentral segala ada. Musholla nya bagus, terus ada juga shower facilities yang bisa kita manfaatkan dengan membayar RM 5 untuk mandi, dan kalo pake minjem handuk kalo ga salah tambah lagi RM 5 (kmaren kita emang ga sempet mandi di KL Sentral). Mengenai makanan, jangan khawatir, di KL Sentral ada segala jenis makanan. Dari mulai traditional food sampe junk food. Kita juga sempet makan malem di sana, jadi kan di KA nanti tinggal tidur aja.
Tepat jam 9.30 p.m ada panggilan untuk penumpang KA Senandung Malam. Kita turun satu lantai pake elevator, dan KA nya udah nungguin kita, dan gerbong kita pas banget di depan elevator.

Masih seperti dua tahun yang lalu pas kita naik KA ini untuk pertama kalinya, KA nya bersih, nyaman untuk tidur. Kita kebagian di upper birth (while my parents di bawah kita tidurnya), dan kayanya kita salah milih tempat deh, karena ternyata untuk naik dan turun ke ranjangnya susah, padahal kita kan sering banget ke toilet. Tapi ya sudahlah, setelah beberapa kali naik turun, akhirnya udah cukup mahir kok. Tapi gak akan lagi ah milih upper birth, kapok ceritanya.


Jam 10 p.m KA nya jalan (ga pake acara telat nih), dan 30 menit kemudian diumumkan kalo bakal ada pengecekan karcis oleh petugas KA. Setelah karcis diperiksa, it’s sleeping time..setelah 2 hari jalan-jalan di KL kayanya pilihan naik KA malem dengan tempat tidur ini tepat banget, karena kita lelap tidur ampe jam 6 pagi, itu juga karena ada pengumuman kalo petugas imigrasi Malaysia bakal melakukan pemeriksaan passport di atas KA. Ga lama petugasnya dateng, ngambil ”Departure Card” dari dalem passport kita. Satu jam berselang, ada pengumuman lagi, kali ini bilang kalo sebentar lagi kita akan masuk Spore, dan di perbatasannya yaitu daerah Woodlands, kita harus turun dari KA with all of our lugage untuk menemui petugas imigrasi. Jadilah kita turun dulu, antri di line ”All Passports” minta cap ke petugas imigrasi Spore, terus liatin barang bawaan kita (itu pun kalo diminta, kalo ga diminta kita bisa jalan aja setelah masukin barang ke x-ray). Ngantrinya ga lama, paling sekitar 10 menit. Sementara kita ngantri, Polis spore bersama doggie nya beraksi menyisir KA kalo-kalo ada penumpang yang belum turun. Setelah pemeriksaan selesai, kita pun naik ke KA kembali, ke tempat kita semula.

Alhamdulillah sesuai schedule yaitu jam 8 pagi, kita sampe di Malaysian Railway Station di Keppel Road – daerah Tanjong Pagar. Langsung deh antri taksi untuk kembali ke NSS hotel di Rochor Road.
It has been a nice journey traveling dengan KA dari KL. Awalnya takut juga kalo my parents ga enjoy di KA, tapi ternyata mereka seneng-seneng aja pake Kereta, malah katanya enak bisa tidur. Walau memang waktu tempuhnya lebih lama 2 jam dari bis (kalo bis kan cuman 6 jam, kalo KA 8 jam), tapi dengan adanya tempat tidur, istirahat kita jadi lebih maksimal.
Sekedar tip, jangan lupa bawa bekal makanan & minuman, karena ga seperti kereta di Indonesia, ga ad atuh yang jual makanan & minuman keliling. Kalo pun kita mau beli, mesti ke restorja yang berada beberapa gerbong



updated:
You may download our ebook travel on Singapore for FREE (written in Bahasa Indonesia) here
Baca Selanjutnya...

Two Days in Kuala Lumpur

Day one: 17 Agustus ’06

Karena kita baru sampe dari Spore jam 2 siang di KL, kita istirahat dulu ampe jam 4 sore di hotel, dan baru kita jalan ke KL Sentral dari monorail station di dareah Bukit Bintang namely Coca Cola Monorail Station. Memang di setiap monorail station ini ada sponsornya, dan every station named after sponsornya masing-masing.
Setelah membeli ticket seharga RM 1.20, kita tunggu monorailnya dateng dan langsung naik ke KL Sentral Station, stasiun kereta di KL yang jadi hub semua jenis Kereta yang ada di KL dan juga kereta Antar Bandar.

Transportasi di KL memang jauh lebih baik dari di Jkt, tapi unlike MRT di Spore, masing-masing jenis kereta (Monorail, LRT Putra, KTM Komuter, KLIA) punya station sendiri-sendiri. Jadi kalo kita mau melanjutkan perjalanan Monorail ke LRT Putra, kita harus keluar dari station monorail, dan masuk ke station LRT nya. Agak ribet memang, tapi kalo dibandingkan Busway, ya mendingan yang ada di KL ini sih.
Perjalanan kita dari Bukit Bintang ke KL Sentral ini contohnya, terminal kedatangan monorail station di KL Sentral ga pas ada di dalam KL Sentral. Jadi kita musti nyebrang jalan dulu, dan jalan sekitar 5 menit, baru nyampe di KL Sentral. Atau kita juga bisa pake shuttle bus dari monorail station ke KL Sentral. Secara waktu lebih cepet kalo kita jalan, tapi kalo lagi ujan, ya mendingan kita pake shuttel bus nya aja.


Tujuan pertama kita di KL Sentral ada untuk exchange e-tickets KA yang salah tanggal. Setelah agak diomelin dikit oleh petugas KTM Antar Bandar dengan bilang ”Next time can not Miss!” akhirnya kita udah exchange ticket, dan dapet tanggal yang betul. Beres tuker ticket, kita makan sore dulu di KL Sentral. Emang sejak nyampe dari Spore itu kita belum makan siang, jadi rasanya udah laper banget. Kita makan di Food Court nya, lumayan lengkap, kita nyoba laksa, nasi ayam hainan, dan juga nyoba Yong Tau Fu. Nah jenis makanan yang terakhir ini ada bakso, otak-otak, kakap, segala macem deh, terus kita pilih mau yang mana aja, satunya RM 0.70. Di spore kita banyak banget ketemu Yong Tau Fu, cuman kita a berani makan takut ga halal. Nah kalo di KL ini jelas-jelas ada tulisan halalnya, jadi hampir setiap makan kita milih Yong Tau Fu. They serve it dengan mie, bihun, sayur (sesuai permintaan) juga dengan kuah. Hmm seger banget rasanya.

Udah ngisi bensin, kita lanjut lagi pake LRT Putra ke KLCC, mall yang berada di Petronas Tower. Tempat berhetin LRT nya ada di mall ini, jadi kita jalan sedikit dan langsung masuk mall nya. Toko pertama yang kita kunjungi Vincci, kebetulan juga lagi sale. Penuh banget ama orang Indo. Hehhe.. Smua sibuk milih sepatu, kalo kita mah dibeliin mom kaca mata aja, karena emang kebeneran ga punya kaca mata buat jalan-jalan. Sepatu-sepatunya modelnya rada-rada terlalu feminin sih untuk kita. Tapi banyaknya ibu-ibu dan mba-mba yang bicara dalam bahasa di Vincci still amazed me. Emang Vincci ini a must visit place bagi para wanita Indonesa.

Karena udah sore, kita putuskan untuk foto-foto dulu di depan Petronas. Sebetulnya kita bisa naik ke petronas tower ini, tapi berhubung kita belum pernah naik, jadi ga mau cerita dulu ah. Tar ga first hand experience donk...

Selesai foto-foto, kita kembali ke mall nya untuk belanja dan makan malem di food courtnya, terus acara kita lanjutkan di Petalling Street. Dari KLCC kita naik LRT Putra dan turun di Pasar Seni. Petalling Street ini kalo di Jakarta kaya Sogo Jongkok nya Tanah Abang yang ada setiap minggu. Jadi bentuknya kaya pasar malem, yang emang baru buka sore-sore, dan yang mereka jual macem macem. Mulai dari souvenirs, tas-tas bermerk yang non-genuine (kalo dibilang ’fake’ mereka marah, maunya dibilang non-genuine), baju, sepatu, boneka, parfum, semua ada deh. Tapi namanya juga pasar malem, jadi emang desek-desekan di dalemnya. Di sini juga kita musti jago nawar, kalo enggak nanti ketipu lagi. Jadi untuk yang nyari belanja nyaman, jelas bukan di Petalling deh.

Sesudah dari Petalling, kita kembali ke hotel my parents di Bintang Warisan daerah Bukit Bintang dengan menggunakan taxi. Harga taxi nya dari Petalling RM 10 aja, karena emang ga jauh. Waktu udah menunjukkan jam 11 malem, pantesan aja kok rasanya cape banget.

Day two: 18 Agustus ’06

Pagi-pagi kita sengaja jalan agak siang dari hotel, supaya badan ini bisa di re-charge agak lama. Berhubung makan pagi nya kurang kenyang di Pondok Lodge, jadi kita mampir dulu ke McD Bukit Bintang untuk breakfast sebelum jemput my parents.

Terus sekitar jam 10 an, kita mulai deh jalan-jalan di mall yang ada di Bukit Bintang. Pertama kita ke MetroJaya, mall yang paling deket dengan hotel Bintang Warisan. Di Metro Jaya ini juga ada Old Chang Kee, hargnya satu tusuk RM 2, jadi hampir sama dengan yang di Spore ya. Dimana-mana lagi sale, was asyik banget. Terus kita lanjut ke mall Lot 10 yang ada Isetan nya. Di sini lebih parah lagi, Isetan lagi sale khusus tas dan dompet. Setelah diliat-liat harganya jadi sama ama di Petalling Street. Wah..ketipu deh. Hehe...
Udah puas jalan-jalan di Bukit Bintang tiba-tiba ujan gede buanget, jadi kita naik monorail ke Mid Valley mall supaya ga kena ujan (they say it is the biggest mall in KL). Nyampe monorail station di KL Sentral masih ujan gede, untungnya ada shuttle bus yang keep us dry sampe ke KL Sentral, walopun jalanan nya agak macet. Dari sana kita melanjutkan our journey dengan KTM Komuter ke Mid Valley. Nunggu KTM Komuter nya lama banget, ada kali 20 menit. Padahal dari KL Sentral ke mid valley cuman one stop aja. Sesampenya di sana kita udah kecapean, cuman ke Jusco supermarket nya beli coklat dan makanan lainnya, terus naik ke lantai atas di mana ketemu another Esprit counter. Bener aja mall ini gede banget, sayangnya kita ga sempet explore semuanya karena harus kembali ke KL Sentral untuk ngejer KA kembali ke spore. Next time we’ll come back deh.
Udah jam 7 malem, kita pulang lagi ke KL sentral, this time we take taxi, soalnya pas nanya-nanya ke information di mall, dia bilang mendingan pake taxi kalo cuman ke KL Sentral. Bener aja ongkos taxi nya juga cuman RM 5 aja.
Kita kembali ke KL sentral, solat dan makan malem di sana, terus kita nunggu KA jam 10 malem.
Pengalaman naik taxi di KL emang ga senyaman taxi di Spore, selain mobilnya yang ga begitu bagus, mereka juga ga mau pasang argo, jadi kita musti tawar menawar dulu. Terus juga di KL jalanan sering macet, jadi kalo pake taxi dan kena macet, bisa lebih lama nyampe ke tempat yang kita inginkan dibandingkan dengan naik kereta.

So, this is mijn verhaal tentang 2 hari di KL..masih banyak banget yang masih pengen kita kunjungin; Putrajaya (udah ke sana sih 2 taun lalu), belanja di Jalan Masjid India dan Jalan Tuanku Abdul Rahman, Ikea, Mines World, Mesjid Negara, Orchid Garden, etc deh... pokoknya masih banyak. Cuman kmaren emang hanya kunjungan singkat jadi kita pilih yang deket-deket aja dulu. Mudah-mudahan kalo ada rejekinya lagi kita bisa kembali ke KL...
Baca Selanjutnya...

Dua hari di Singapore

16-08-06
Hari pertama sampe sebetulnya kita udah ada jadwal ketemu dokter obgyn di Thomson Medical Center jam 2 siang. Tapi karena belum sepenuhnya yakin mau berobat di sana, jadinya we postponed our plan (jadi lain kali ke spore lagi masih punya one good reason yaitu untuk berobat hehe).

Dari Harbourfront with our luggage, we had lunch di Seiyu food court Bugis Junction, sesaat sebelum nyampe hotel. Soalnya udah jam 1 siang dan my parents udah laper. Kita makan mee siram, enak banget deh! Ga terlalu banyak pilihan untuk kita di Bugis food court ini, mereka cuman punya 1 counter Malay food.


Setelah itu check in di hotel NSS, dan istirahat bentar sekedar meluruskan badan. Udah solat Ashar, kita pake MRT ke Orchard, as my father has a meeting there. Udah dropping him off di Swensens nya Crown Prince hotel, kita bertiga jalan ke Takashimaya, Paragon, dan makan gorengan ala Spore, Old Chang Kee. Ini jajanan yang paling aman, karena ada sertifikasi halal dari Muis (MUI nya Spore). Our fave is the ”fish ball” harganya S$ 1.10 (Untuk yang suka Old Chang Kee, sekarang udah masuk Jkt juga, yang kita temuin di E-x building thamrin. Harga dan rasanya sama dengan di Spore! Tapi kalo beli di Jakarta berasa mahal, satu tusuknya Rp 6.500).

Malemnya we planned untuk pergi ke Lau Pa Sat, tempat makan segala ada with reasonable price di Robertson Road (kalo di Bandung mirip food court San Fransisco yang di jalan burangrang itu). Sebenernya ada bus yang direct dari Orchard ke Lau Pa Sat, kita udah tunggu di bus stop nya. Udah sekitar 15 menit, baru baca kalo last bus nya udah kelewat... ya..gagal deh. Diputuskan untuk cari makan di daerah Bugis aja. Sekalian liat-liat Bugis Village, tempat belanja murah meriah yang buka mulai sore ampe sekitar jam 10 malem. Di sana jual semuanya deh; sepatu, tas, kaos, souvenirs, jam tangan, dan all the street food nya Spore. Kalo mau beli oleh-oleh murah meriah, Bugis Village ini tempatnya. Letaknya deket banget dari Bugis MRT station, cukup ambil exit ke Victoria Street, nyebrang sekali aja, dan kita akan langsung sampe di Bugis Village.



Baca Selanjutnya...

New Seventh Storey Hotel Singapore

Ini kali ketiga kita nginep di NSS hotel . Dan tentu aja kita milih double standard room for S$49 (harganya naik S$1 each year). Kali ini kita dapet kamar di lantai 4, sebenernya paling top tuh di lantai 3, soalnya ada kitchen-nya. Dapur bersih sih, ada microwave, water heater, kulkas, dan ada juga bread toaster. Jadi berhubung hotelnya ga kasih breakfast, kita bisa bikin breakfast sendiri, kita juga boleh simpen makanan di kulkas, dan dijamin aman ga akan ada yang ambil.

Kali ini kita demen banget nongkrong di rooftop nya, dari dulu juga kita tau ada rooftop, cuman ga pernah kita datengin. Nah pas di lantai 4 ini ada rooftopnya, letaknya di ujung lorong, deket kamar mandi. Asik juga makan pagi bikin mie terus nongkrong di rooftop.


O ya untuk yang standard double ini emang dapetnya shared bathroom, tapi as I mentioned before, hotelnya ini bersih banget. Staff nya juga ramah-ramah, bikin betah deh. Kalo mau lebih murah lagi, bisa ambil yang backpackers room. Harganya per orang S$ 17. Satu kamar terdiri dari dua ranjang susun jadi total bisa menampung 4 orang, berikut locker untuk nyimpen barang. Kalo pergi rame-rame ber-empat, pas banget tuh bisa ambil satu kamar backpackers. Kan enak kalo satu kamar ama orang-orang yang kita kenal ya..
Untuk yang mau tinggal agak lama dan butuh laundry, NSS hotel juga menyedianak laundry pake coin. Untuk pakaian s.d. 4 kg, sekai nyuci musti masukin koin S$4, dan untuk dry clean juga seharga S$4.


The best thing about this hotel was the location! Dan unlike budget hotel yang lain, NSS ini located di tengah taman kota. Jadi bukan kaya hotel yang sumpek gimana gitu. Memang hotelnya udah tua, lift nya aja masih manual dan dioperasikan ama bapak-bapak yang udah pada tua (Ini emang cara pemerintah singapura menghargai orang tua. Jadi biarpun udah tua masih tetep dikasih kerjaan).

Lokasinya bener-bener in the middle of Spore deh..Kalo dari Changi airport bisa pake taxi sekitar S$ 15-20 (termasuk charge dari airport sebesar S$ 3, dan kalo pake taxi nya di atas jam 5 p.m. kena charge lagi S$5), atau just take MRT from Changi, terus turun di MRT Bugis. Dari MRT ini paling jalan 5 menit aja ke arah Rochor Road, atau kalau bingung tanya aja ke loket MRT mengenai lokasi NSS ini. They will assist you. Dari hotel mall terdekat adalah Seiyu Parco Bugis Junction. Dan ada beberapa mall yang bisa jalan kaki dari hotel seperti Suntec City atau Raffles City Shopping Center (persis seberangnya the famous Raffles Hotel).

Pas kita pergi ke KL, kita boleh simpen our luggage di NSS hotel free of charge. Dan pas kita nyampe dari KL pagi-pagi pun, kita boleh istirahat di lobby lantai 3 yang ada dapurnya itu sambil nungguin kamarnya ready.

Yang agak kurang menyenangkan, pas kita pulang dari KL, my parents tetep dapet kamar di lantai 4, sedangkan kita dapetnya di lantai 6. Dan we just found out kalo di lantai 6 ga ada toilet..wah repot deh musti turun naik tangga hanya untuk ke toilet.
Pokoknya pelajaran deh kalo reservasi NSS hotel’s room via internet, musti di state bahwa kita ga mau ditempatin di lantai 6.

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, NSS hotel punya tingkat hunian yang tinggi. Jadi yang mau maen ke singapore dan mau nyoba hotel ini, musti booking jauh-jauh hari ya. Minimal 3 bulan sebelumnya untuk musim liburan. Just visit them at their website!

update: sayang sekali hotel ini sudah dibongkar karene terkena pembangunan MRT


Baca Selanjutnya...